Anggota DPRD Prabumulih Dapil 1, II dan III Gelar Reses

VIRALSUMSEL.COM, PRABUMULIH – Anggota DPRD Kota Prabumulih dari Daerah Pemilihan (Dapil) III Prabumulih Timur, Rabu (28/4/2021) melaksanakan reses, bertempat di aula Kantor Camat Prabumulih Timur, Kota Prabumulih.

Kegiatan reses yang dilaksanakan oleh Anggota DPRD Prabumulih bertujuan untuk menyerap aspirasi masyarakat Kecamatan Prabumulih Timur untuk dipertimbangkan dalam Musyawarah Rencana Pembangunan Daerah (Musrenbang) mendatang.

Reses tersebut dihadiri langsung oleh anggota DPRD Kota Prabumulih dari Dapil III yakni, Wellizar SE, Wahyu Sanjaya, Hartono Hamid SH, Sutarno SE, Mat Amin SAg, Evi Susanti SE, Beni SH, Aryono, Alfa sudjatmiko SE, Camat Prabumulih Timur, Joni Panhar dan seluruh Lurah di wilayah Kecamatan Prabumulih Timur.

 

Kesempatan pertama sesi tanya jawab disampaikan oleh Lurah Gunung Ibul Barat, disampaikan Lurah Gunung Ibul Barat, Joko Arif, menurutnya aspirasi masyarakat di wilayah Kelurahan yang dipimpinnya antara lain adalah permasalahan sejumlah titik lampu jalan dan kebutuhan pembuatan siring untuk pembuangan limbah rumah tangga.

“Selain itu, kami juga mengalami kesulitan pada pendataan sejumlah Bantuan sosial (Bansos) dari Pemerintah pusat yang mana data penerima tidak memiliki kesesuaian dengan kondisi di lapangan, kondisi demikian sangat menyulitkan kami saat menghadapi complain dari warga yang lebih membutuhkan,” ujarnya.

Penyampaian aspirasi selanjutnya disampaikan Lurah Karang Raja, Leliana Santika menyampaikan tentang kondisi bangunan gedung kantor Kelurahan Karang Raja yang saat ini sudah banyak mengalami kerusakan sehingga mengurangi rasa nyaman dalam pemberian pelayanan kepada masyarakat.

 

“Model bangunan kantor lurah karang Raja masih sangat jadul namun hal itu akan kami pertahankan, pada kesempatan ini kami mengusulkan untuk direnovasi dengan mempertahankan bangunan asli, selain itu wilayah Karang Raja tang berdekatan dengan bantaran sungai Kelekar setiap tahun mengalami musibah banjir yang mengakibatkan bantaran sungai banyak yang longsor, kami mohon untuk diperhatikan,” paparnya.

Baca Juga :   Warga Pangarayan Tanjung Lubuk OKI “Todong” Pemekaran Desa pada Anggota DPRD Sumsel

Menanggapi sejumlah aspirasi yang disampaikan Lurah tersebut, Pimpinan reses, Sutarno, SE mengungkapkan, sejumlah aspirasi masyarakat yang telah disampaikan oleh penjabat Lurah tadi sebagian sudah dimasukkan dalam perencanaan yang dianggarkan APBD 2022 mendatang.

“Untuk beberapa usulan dan aspirasi masyarakat yang belum terakomodir nantinya akan disampaikan para wakil rakyat di Komisi yang membiayai ke dinas terkait,” ungkapnya.

Meski masih harus menjalani kebiasaan baru memakai masker dan menjaga jarak di tahun 2021, nampaknya tak membuat 25 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Prabumulih menghentikan langkahnya dalam menyerap aspirasi masyarakat.

Pasalnya, di masa persidangan II tahun 2021, anggota DPRD Kota Prabumulih perdana menggelar kegiatan reses di tiga dapil, Rabu (28/04/2021).

Dapil I yang meliputi wilayah Prabumulih Barat, Rambang Kapak Tengah (RKT), dan Prabumulih Selatan tersebut diketuai Ir Dipe Anom dari PDIP, beranggotakan Hj Nurlisnah (PKS), Feri Alwi (PAN), Apriansyah (golkar), Hery Gustiawan (PPP), Ganjar Iman (Nasdem), Hendriansyah (PBB), Idham Tergun (Hanura) dan Riza Apriansyah (Gerindra) menggelar reses di aula kantor Camat Rambang Kapak Tengah (RKT).

Sedangkan, Dapil II yang diketuai oleh H Ahmad Palo SE (PPP) beranggotakan Deliani (PBB), Rofika Susanti (Hanura), Ade Irama (Gerindra), Zainuddin (Golkar), Hermali (PAN)  dan Purwaka (PDIP), melaksanakan reses di halaman kantor Camat Cambai. Sementara Dapil III yang diketuai Sutarno SE (Golkar) beranggotakan Welizar (golkar), Evi Susanti SE (PPP), Alfa Sujatmiko (PDIP), Aryono (Gerindra), Hartono Hamid (Hanura). Kemudian,  Beni SH (Demokrat), Wahyu Budi Pratama (PAN) H Mat Amin Sag (PKS) reses di aula kantor Camat Prabumulih Timur.

Baca Juga :   Rapat Paripurna XVII DPRD Sumsel dengan Agenda Tanggapan Jawaban Gubernur Sumsel Terhadap Pemandangan Umum Fraksi-Fraksi DPRD Sumsel Terhadap Raperda Perubahan APBD Sumsel Tahun Anggaran 2020

Ketua DPRD Prabumulih, H Sutarno dalam kesempatan itu menyampaikan, DPRD kota Prabumulih melaksanakan reses yang pertama di 2021 yang mana reses dibagi tiga dapil. “Alhamdulillah lancar, kita menerima aspirasi dari masyarakat melalui Lurah dan akan kita masukkan ke sistem untuk penganggarannya,” terangnya.

Untuk aspirasi yang masuk, nantinya ada skala prioritas mana-mana yang akan disinkronkan juga dari dapil lain. “kita kalkulasi nanti mana mana yang jadi prioritas utama,” imbuhnya.

Wakil Ketua DPRD Prabumulih, H Ahmad Palo di Dapil II menambahkan, kegiatan dilakukan dalam rangka reses anggota DPRD dapil II dan pihaknya fokuskan di Kecamatan Cambai karena sebelumnya sudah turun ke masyarakat dan mengundang RT/RW. “Kondisi sekarang kita perlu menerapkan protokol kesehatan dan pelaksanaan dibatasi dengan mengundang seluruh Lurah,” terangnya.

Sesuai dengan Peraturan Perundang-undangan, seluruh hasil reses I, II dan III akan ditampung dalam pembahasan Anggaran Biaya Tambahan (ABT) dan APBD 2022.

“Dalam kondisi sekarang, kita  juga menyampaikan kondisi pejabat pemerintah harus waspada dan memberikan edukasi kepada masyarakat akan pentingnya menjaga protokol kesehatan, apalagi kondisi bulan Ramadhan termasuk melaksanakan salat Ied berdasarkan Menteri Agama tahun ini dilaksanakan beebeda dengan tahun kemarin dan tetap patuh protokol kesehatan dan perlu disosialisasikan kepada masyarakat,” imbuhnya.

Di dapil I, Wakil Ketua DPRD Prabumulih Ir Dipe Anom mengatakan, pihaknya berinisiatip untuk melaksanakan reses dengan melibatkan kepala Desa dan lurah dan camat di 3 Dapil yang menyerap aspirasi dari masyarakat. “Hasil reses nanti akan dibawa ke paripurna  dan hasil dari penetapan di Paripurna menjadi keputusan lembaga yang akan disampaikan kepada pemerintah daerah dan akan ditampung dalam perencanaan pembangunan ke depannya,” tukas nya. (adv)

About Edi Triono

Avatar

Check Also

Ketua DPRD Kabupaten Banyuasin, H Irian Setiawan, SH, M.Si. gelar Safari Ramadhan 1442 H. FOTO : VIRALSUMSEL.COM

Safari Ramadhan, Ketua DPRD Banyuasin Perjuangkan Jalan Rusak di Kecamatan Rambutan

VIRALSUMSELM.COM, BANYUASIN – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Banyuasin, H Irian Setiawan, SH, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *