Kamis , 22 Oktober 2020 - 21:39
Home / Sumsel / Bentuk Satgas Mandiri Covid19, Perumahan Kencana Damai Palembang Cegah Penyebaran Corona

Bentuk Satgas Mandiri Covid19, Perumahan Kencana Damai Palembang Cegah Penyebaran Corona

VIRALSUMSEL.COM – Masyarakat mulai bergotong royong untuk mencegah penyebaran wabah virus corona atau covid-19. Diantaranya warga di perumahan Kecana Damai, Kelurahan Sukamaju, Kecamatan Sako, Kota Palembang.

Mereka secara swadaya menyediakan dua bilik disinfektan atau walking through disinfection. Masing masing bilik disinfektan berukuran sekitar 1×1,5 meter tersebut akan ditempatkan di akses masuk perumahan dan di masjid Al-Haidah.

Koordinator Tim Mandiri Pencegahan Covid-19 Kencana Damai, Zulfakar Nafasron mengatakan satu bilik yang berada di akses masuk perumahan akan digunakan untuk menstrelisasi tubuh warga dan tamu yang akan masuk ke dalam perumahan dengan jumlah sekitar 800 lebih KK tersebut. Sementara satu bilik lagi ditempatkan di masjid dipergunakan untuk mensterilisasi jemaah yang akan beribadah.

Baca Juga :   Curhat "Mantan" Tenaga Medis RSUD OI, Kenapa yang Dipecat Tidak 150 Orang

“SOPnya, warga perumahan keluar dari komplek, maka pulangnya masuk dahulu ke dalam bilik ini dengan harapan komplek kita dapat memutus mata rantai virus ini. Kita nantinya juga bersama ketua RW dan RT akan membuat protap bagaimana langkah-langkah menggunakan bilik ini,” kata dia, Minggu (29/3/2020).

Zulfakar menambahkan berbagai elemen masyarakat yang ada di perumahan Kencana Damai telah saling bekerjsama memberikan edukasi kepada warga lainnya terkait bagaimana melakukan pencegahan Covid-19. Selain menyediakan bilik sterilisasi, penyemprotan disinfektan di dalam area perumahan juga dilakukan secara rutin.

“Tadi telah kita lakukan, keseluruhan komplek kita semprot tadi pagi mulai jam 7 selesai jam 2 siang. Recananya per minggu akan kita lakukan penyemprotan rutin. Dananya juga dari swakelola masayrakat,” sambung
dia.
Ditanya terkait kesehatan warga perumahan sejauh ini, Zulfakar mengungkapkan sebelumnya sempat ada satu orang warga yang berstatus ODP, namun warga tersebut telah melewati masa karantina dan kini dalam keadaan sehat.

Baca Juga :   Kurir Ekstasi Divonis 11 Tahun Plus Denda Rp 1 M

Sebagaimana diketahui, pasien positif Covid-19 di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) saat ini berjumlah dua orang, sesuai rilis Gugus Tugas Nasional Covid-19 Sabtu kemarin. Dua pasien yang sebelumnya berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP) itu telah meninggal dunia, Senin (23/3/2020). Sementara itu, jumlah warga yang berstatus Orang Dalam Pengawasan (ODP) di Provinsi berjumlah 467 orang dan PDP sebanyak 22 orang. (nto)

About Edi Triono

Avatar

Check Also

H Herman Deru Gubernur Sumsel. FOTO : VIRALSUMSEL.COM

Pengajian Akbar di Tanjung Mulya OKU Timur, Herman Deru Disambut Ribuan Muslimat NU

VIRALSUMSEL.COM, OKU TIMUR – Pengajian akbar Muslimat NU di Desa Tanjung Mulya, Kecamatan Buay Madang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *