Home / Sumsel / Buang Sampah Sembarangan di Palembang Dihukum Tiga Bulan Kurungan

Buang Sampah Sembarangan di Palembang Dihukum Tiga Bulan Kurungan

Viralsumsel.com-Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang melalui Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) Kota Palembang, resmi teken MoU dengan Pengadilan Negeri (PN) Palembang, masalah hukum dan dalam rangka optimalisasi penegakkan Peraturan Daerah (Perda). Senin, (27/01/2020) kemarin.

“Kesadaran masyarakat masih cukup minim. Oleh sebab itu melalui Satpol PP Kofa Palembang nantinya akan membantu mengawasi sekaligus memberikan tindakan tegas jika masih ada yang membuang sampah sembarangan,”ucap Walikota Palembang ini

Untuk bisa mendukung programnya, Harnojoyo juga mengaku jika saat ini tengah digodok Perda No.52 tentang jam membuang sampah. Nantinya akan diatur waktu-waktu tertentu bagi masyarakat yang hendak membuang sampah agar bisa langsung dijemput oleh petugas Dinas LHK.

Baca Juga :   Harimau Sumatera Tertangkap dengan Umpan Seekor Kambing di Muara Enim

Menurut dia, sampah masih menjadi masalah serius di Kota Palembang, meski sudah menyediakan 200 tempat pembuangan sampah (TPS), namun tumpukan sampah kerap saja menggunung di ruas-ruas jalan utama kota sehingga sangat mengganggu kenyamanan.

“Akan tetapi fokusnya jangan ke hukuman, tetapi nanti juga akan ada sosialisasi larangan membuang sampah sembarangan,”jelas Harnojoyo saat dijumpai dirumah dinasnya

Ditempat yang sama Kepala Satpol PP Kota Palembang, Guruh Agung Putra Jaya, mengatakan siap menjalankan penegakan Perda maupun Peraturan Kepala Daerah (Perkada) Palembang terkait sampah.

“Nantinya setiap pelanggaran akan di sidang oleh pengadilan, bahkan pelanggar juga bisa disidang langsung ditempat karena Satpol PP sudah punya kekuatan hukum,” kata Guruh.

Baca Juga :   Tren Menurun, Begini Sebaran Kasus Positif Covid-19 Per Kecamatan di Kota Palembang

Pada Perda Kota Palembang Nomor 3 Tahun 2015 tentang Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan lain sebagainya disebutkan bahwa pelaku pembuang sampah sembarangan akan didenda Rp50.000.000 dan kurungan selama tiga bulan . (nto)

About Edi Triono

Avatar

Check Also

H Mawardi Yahya Wakil Gubernur Sumatera Selatan. FOTO : VIRALSUMSEL.COM

Peringati Sumpah Pemuda di SMK N 1 Inderalaya, Mawardi Yahya Ajak Pemuda Bersatu Majukan Daerah

VIRALSUMSEL.COM, INDERALAYA – Wakil Gubernur Sumsel H. Mawardi Yahya saat menghadiri langsung peringatan Sumpah Pemuda …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *