Minggu , 25 Oktober 2020 - 18:30
Home / Global / Dampak Covid-19, UN 2020 Ditiadakan

Dampak Covid-19, UN 2020 Ditiadakan

VIRALSUMSEL.COM, JAKARTA – Ujian Nasional (UN) 2020 ditiadakan. UN ditiadakan untuk semua tingkatan pendidikan di dalam negeri.

UN tidak lagi dilakukan untuk tingkat SMA atau setingkat Madrasah Aliyah, SMP atau setingkat Madrasah Tsanawiyah, dan Sekolah Dasar (SD) atau setingkat Madrasah Ibtidaiyah.

UN sendiri untuk tingkat SMA sederajat seharusnya dilakukan mulai 30 Maret nanti. Sementara untuk tingkat SMP sederajat dijadwalkan mulai 20 April nanti.

Menurut Presiden RI Joko Widodo alasan ditiadakan UN karena wabah virus corona atau covid-19. “Pandemi Covid-19 ini telah sangat mengganggu proses pendidikan di Tanah Air,” ujar dia.

Untuk mencegah penyebaran virus ini, lanjut Jokowi pemerintah telah mengeluarkan kebijakan untuk belajar di rumah bagi para siswa.

Baca Juga :   Presiden Kumpulkan Seluruh Gubernur di Istana Bogor

“Di antara mereka, ada 8,3 juta siswa yang seharusnya mengikuti ujian nasional dari 106.000 satuan pendidikan di seluruh Tanah Air,” tutur dia.

Karena itulah, dalam rapat terbatas jarak jauh hari ini, pemerintah memutuskan untuk meniadakan ujian nasional (UN) tahun 2020. “Kebijakan ini diambil dengan prinsip tidak merugikan hak dari para siswa tersebut,” pungkas dia. (nto)

About Edi Triono

Avatar

Check Also

Ilustrasi Pilkada Serentak 2020 di Sumsel. FOTO : NET

Ingat, Ketua KPK Gunakan “Mata Raykat” Pantau Cakada Petahana di Pilkada 2020

VIRALSUMSEL.COM, JAKARTA – Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Republik Indonesia, Filri Bahuri kembali mengingatkan terutama …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *