Minggu , 1 November 2020 - 04:57
Home / Headline / Dampingi Menteri Pertanian, Senator Amaliah : Petani Banyuasin Serasi Sudah Berinovasi

Dampingi Menteri Pertanian, Senator Amaliah : Petani Banyuasin Serasi Sudah Berinovasi

VIRALSUMSEL.COM – Amaliah Sobli, S,KG, M.B.A Anggota DPD RI Daerah Pemilih (Dapil) Sumsel turut mendampingi Menteri Pertanian RI, M Syahrul Yasin Limpo dalam kunjungan kerja ke Kabupaten Banyuasin.

Tepatnya di Desa Karang Baru, Kecamatan Sumber Marga Telang, Kabupaten Banyuasun, Senin (23/12/2019). Lia ,sapaan akrab Amaliah Sobli bersama Gubernur Sumsel H Herman Deru, Bupati Banyuasin H Askolani dan beberapa anggota DPR RI, ikut menebar benih padi.

Amaliah Sobli juga ikut naik traktor pembajak sawah. Selain itu Anggota DPD RI milenial ini juga menyaksikan proses penanam padi dan pupuk menggunakan teknologi drone.

Amaliah mengaku senang bisa bersilaturahmi dengan masyarakat Karang Baru sembari bercocok tanam akhir tahun. “Luar biasa dengan program Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani (Serasi) dari Kementrian Pertanian, bisa meningkatkan indeks pertanaman (IP) dan produktifitas Pertanaman Padi di lahan rawa,” ujar dia di sela-sela mendampingi Menteri Pertanian.

Baca Juga :   Mayat Pengacara Wanita Ditemukan di Kamar Indekost Dwikora Palembang 

“Sekarang masyarakat bisa menanam dua kali dalam satu tahun. Kedepan target tiga kali tanam dalam satu tahu,” sambung putri H Sobli mantan Sekda Kabupaten Ogan Ilir ini.

Lanjut Keponakan Wakil Gubernur Sumsel H Mawardi Yahya ini mensejahterakan masyarakat menjadi prioritas utamanya. “Target 2020, 1,3 ton gabah kering setahun bisa lahir dari program Serasi di Banyuasin,” tambah ibu satu anak ini.

Program Serasi merupakan program unggulan pertanian. Di banyuasin ada sekitar 6.000 hektar lahan termasuk dalam program tersebut yang sudah jalan. Hari ini merupakan gerakan tutup tanam.

Petani sekarang sudah berinovasi, dan cukup modern. Itu ada amator yang didesain untuk dapat mengatasi kelemahan inovasi alat tanam sebelumnya atabela. Setengah jam satu hektar.

Baca Juga :   Kabar Baik, Satu Pasien Positif Corona di Sumsel Sembuh

Petani juga sudah melakukan percepatan olah lahan dengan traktor roda empat di lahan pasang surut tersebut. “Bahkan sudah menggunakan drone untuk tanam dan menyebar pupuk cair. Drone sekali bawa 20 kg,” pungkas dia. (nto)

About Edi Triono

Avatar

Check Also

Ilustrasi banjir bandang. FOTO : ISTIMEWA

102 KK Terdampak Banjir Bandang di Ujan Mas Muara Enim  

VIRALSUMSEL.COM, MUARA ENIM – Bencana alam banjir bandang terjadi di Sumatera Selatan. Tepatnya di Kabupaten …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *