Home / Sumsel / Dua Kurir Narkoba Asal Palembang Dituntut 15 Tahun Penjara

Dua Kurir Narkoba Asal Palembang Dituntut 15 Tahun Penjara

VIRALSUMSEL.COM – Dua kurir narkoba jenis sabu dan inek Martin (31) dan Dedie  Achmadi (35) dituntut selama 15 tahun penjara. Kedua kurir tersebut sebelumnya menjadi pengantar sabu-sabu seberat 1 kilogram dan inek sebanyak 772 butir.

Adalah Jaksa Penuntut Umum (JPU) Anggara Suryanegara SH yang menuntut keduanya hukuman selama 12 tahun. Selain itu, masing-masing terdakwa juga dituntut membayar denda sebesar Rp.800 Juta subsider 6 bulan kurungan.

Tuntutan tersebut dijatuhkan sebab JPU menilai tindakan kedua terdakwa telah melanggar ketentuan sebagaimana diatur dan diancam pidana sesuai dengan Pasal 112 ayat (2) jo Pasal 132 ayat (1) UU RI No. 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

“Untuk itu kedua terdakwa dituntut masing-masing hukuman 15 tahun penjara,” ujar JPU Satrio Dwi Putra mewakili JPU Anggara Suryanagara dalam persidangan di Pengadilan Negeri (PN)  Palembang kelas 1 A Khusus Palembang, Kamis (9/1/2020).

Baca Juga :   Gelontorkan Rp 81 M Peningkatan Infrastruktur di OKU,  HD Pastikan 2020 Jalan di Sumsel Selesai 100 Persen

Usai mendengarkan tuntutan JPU, majelis hakim menunda jalanya persidangan hingga pekan depan dengan agenda mendengarkan pembelaan atau pledoi dari penasehat hukum terdakwa. Diketahui, pengembangan kasus Narkotika ini berawal dari tertangkapnya terdakwa  Dedie Achmadi oleh Satresnarkoba Polresta Palembang .

Dedie memberikan informasi bahwa ia bersama terdakwa Wahyu Martin dan Yayan (belum tertangkap) telah bermufakat untuk menyimpan narkotika. Sebab barang haram yang dimaksud, belum laku terjual.

Atas informasi tersebut, Satresnarkoba Polresta Palembang langsung melakukan pengembangan dan diketahui bahwa ketiganya menyimpan sabu di rumah terdakwa Wahyu Martin yang bertempat di Lorong PU RT. 018 RW. 006 Kelurahan 20 Ilir D IV Kecamatan IT I Palembang.

Tak butuh waktu lama, terdakwa Wahyu Martin kemudian diamankan dikediamannya.  Turut pula diamankan barang bukti 1 bungkus Shabu yang dikemas dalam kemasan teh bertuliskan abjad china dan Guanying Wang dengan berat netto 915,77 gram dan 772  butir pil extacy logo kura-kura warna abu-abu yang dibungkus plastik klip bening  di dalam lemari kamar rumahnya. (nto)

About Edi Triono

Avatar

Check Also

Gubernur Sumsel H Herman Deru. FOTO : VIRALSUMSEL.COM

Ini Susunan Pengurus Dewan Riset Daerah Sumsel Periode 2020-2022

VIRALSUMSEL.COM, PALEMBANG – Kepengurusan Dewan Riset Daerah (DRD) Sumsel periode 2020-2022 resmi dikukuhkan. Pelantikan DRD …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *