Selasa , 19 Januari 2021 - 15:57
Home / Politik / Hasil Survei Charta Politika, AW Noviadi-Ardhani Ungguli Ilyas Panji

Hasil Survei Charta Politika, AW Noviadi-Ardhani Ungguli Ilyas Panji

VIRALSUMSEL.COM – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Ogan Ilir (OI) termasuk yang paling seru dan banyak di sorot di banding enam daerah lain di Sumsel dalam Pilkada Serentak Oktober 2020. Berbagai Prediksi pun sudah mulai keluar.

Tidak terkecuali dari lembaga survei. Salah satunya lembaga survei nasional Charta Politika yang sudah merilis hasil survei Pilkada Kabupaten OI tersebut.

Lantas apa hasilnya? Hasil dari survei Charta Politika ternyata pasangan AW Noviadi-Ardhani diprediksi bakal melenggang menjadi Bupati dan Wakil Bupati.

Lembaga Survei Charta Politika telah merilis hasil survei elektabilitas pasangan Bakal Calon Bupati Ogan Ilir, kemarin (27/12/2019). Survei tersebut berlangsung pada tanggal 18-22 Desember 2019 lalu, yang melibatkan 400 responden, dengan Margin of Error 4.9% dan dengan tingkat kepercayaan 96%.

Hasil survei menunjukkan jika terjadi head to head antara AW Noviadi-Ardhani dan Ilyas Panji Alam yang dipasangkan dengan beberapa nama bakal calon wakil bupati, maka pasangan Bakal Calon Bupati AW Noviadi-Ardhani terlihat mengungguli elektabilitas Ilyas Panji Alam.

Baca Juga :   Ternyata PBB Sudah Resmi Dukung H2G di Pilkada Mura, Progam Sesuai Visi Partai

Seperti misalnya simulasi AW Noviadi-Ardhani jika bersaing dengan Ilyas Panji Alam-Musleh Qori, angka survei menunjukkan dalam simulasi 2 pasangan tersebut, dimana AW Noviadi-Ardhani mendapatkan elektabilitas 50.0 persen, sementara pasangan Ilyas-Musleh Qori mendapatkan elektabilitas 33.5 persen. Tidak menjawab 16.5 persen.

Sementara jika Ilyas berpasangan dengan M.Alki Ardiansyah, maka AW Noviadi-Ardhani mendapatkan 51.3 persen dan pasangan Ilyas-M.Alki Ardiansyah 31.3 persen. Tidak menjawab 17.5 persen.

Juga jika Ilyas dipasangkan dengan Endang PU Ishak, maka hasilnya AW Noviadi-Ardhani mendapatkan 48.8 persen, sementara pasangan Ilyas-Endang PU Ishak mendapatkan 40.0 persen. Tidak menjawab 11.3 persen.
Lembaga Survei Charta Politika juga merilis hasil elektabilitas jika Bakal Calon Bupati Ogan Ilir terdapat 3 pasang.

Hasilnya dalam simulasi 3 Pasangan, pasangan Bakal Calon Bupati, AW Noviadi-Ardhani mendapatkan elektabilitas 50.3 persen, kanovriyandi-Muslim mendapatkan elektabilitas 2.0 persen, sementara itu pasangan Ilyas-M Alki Ardiansyah mendapatkan elektabiltas 32.3 persen. Tidak menjawab 15.5 persen.

Dan dalam simulasi 3 pasangan ini juga didapatkan hasil yang tidak jauh berbeda ketika incumbent dipasangkan dengan Musleh Qori. Hasilnya AW Noviadi-Ardhani mendapatkan elektabiltas 49.3 persen, Kanovriyandi-Muslim mendapatkan elektabilitas 2.3 persen dan pasangan Ilyas-Musleh Qori mendapatkan 32.8 persen. Tidak menjawab 15.8 persen.
Tidak hanya berpasangan saja, dalam hasil survei Elektabilitas Tokoh yang dipilih seandainya Pilkada Kabupaten Ogan Ilir dilaksanakan hari ini, maka AW Noviadi tetap unggul dibanding Ilyas Panji Alam. Dari hasil survei elektabilitas top of mind (terbuka), elektabilitas AW Noviadi meraih angka 20.3 persen, Ilyas memperoleh 10.5 persen kemudian disusul Rusdi Tahar 4.8 persen, Panca W Akbar 3.5 persen, Kanovriyandi 2.3 persen, Musleh Qori 1,5 persen, Endang PU 1.0 persen, Ardhani 1.0 persen dilanjutkan nama-nama Ahmad Syafei, Ahmad Nahrowi, Iklim Cahaya, M Iqbal Romzi dan Aspar.

Baca Juga :   Terungkap Fakta, Anis Matta-Fahri Hamzah Dukung Panca-Ardani di Pilkada Ogan Ilir

Survei Charta Politika ini dilakukan dari tanggal 18-22 Desember 2019 dengan 400 responden dan menggunakan metode wawancara tatap muka, Metode sampling Acak bertingkat (Multistage random sampling). Margin of error 4.9 persen dengan sebaran responden 16 Kecamatan di Ogan Ilir. (nto)

About Edi Triono

Avatar

Check Also

Wakil Ketua Komisi VII DPR RI H Alex Noerdin. FOTO :VIRALSUMSEL.COM

Tahun Ini Pembangunan PJUTS Kembali Bergulir, Alex Noerdin Perbanyak Bantuan Ke Ponpes

VIRALSUMSEL.COM, PALEMBANG – Setelah terpasang lebih dari 600 titik di wilayah Sumatera Selatan (Sumsel) tahun …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *