Suasana kunjungan anggota Komisi V DPR RI, Ir.H. Ishak Mekki, MM ke Stasiun Meteorologi BMKG Palembang, Selasa (20/4-2021). FOTO :VIRALSUMSEL.COM
Suasana kunjungan anggota Komisi V DPR RI, Ir.H. Ishak Mekki, MM ke Stasiun Meteorologi BMKG Palembang, Selasa (20/4-2021). FOTO :VIRALSUMSEL.COM

Ishak Mekki : BMKG, Lembaga Penting yang Nyaris Tak Populer

VIRALSUMSEL.COM, PALEMBANG – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofiisika (BMKG) merupakan salah satu lembaga pemerintah yang perannya sangat penting, namun hampir tidak banyak masyarakat yang mengetahuinya alias tidak populer.

Demikian anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), Ir.H. Ishak Mekki, MM mengawali sambutannya ketika berkunjung ke Stasiun Meteorologi BMKG (SM-BMKG) Palembang, Selasa (20/4-2021).

Apa yang dikatakan anggota Komisi V DPR RI ini menyambut paparan yang disampaikan oleh Kepala SM BMKG Palembang, Desindra Dedi Kurniawan saat ia dan rombongan berkunjung ke stasiun tersebut.

“Terus terang mendengar paparan tentang tugas, pokok dan fungsi (Tupoksi) BMKG yang disampaikan oleh Kepala SM BMKG Palembang ini saya kagum dan ternyata betapa pentingnya peran lembaga ini bagi masyarakat. Namun sayang, lembaga sepenting ini nyaris tidak dikenal oleh sebagian masyarakat alias tidak populer,” seloroh Ishak Mekki yang mantan Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Selatan (Sumsel).

Baca Juga :   Muchendi Bantu Korban Kebakaran 10 Rumah di SP Padang OKI

Untuk itu pula, lanjut Ishak, agar lembaga ini lebih dikenal lagi peran dan fungsinya oleh masyarakat luas, ke depan kiranya lebih banyak lagi melakukan sosialisasi semisal bekerjasama dengan berbagai lembaga atau instansi lainnya baik pemerintah maupun swasta.

Kepala SM BMKG Palembang, Indra, panggilan Desindra Dedi Kurniawan, menyambut serius apa yang disampaikan oleh mantan Bupati aOKI dua periode ini.

“Kami menyadari bahwa apa yang disampaikan oleh bapak Ishak Mekki betul adanya. Betapa pentingnya peran dan fungsi BMKG namun nyaris tak dikenal di masyarakat alias tidak populer,” kata Indra.

Masyarakat, lanjut Indra, selama ini hanya mengenal BMKG sebatas berperan untuk menyampaikan kondisi cuaca semata, dan itu hanya peruntukkan kepentingan penerbangan. Sementara peran dan fungsi BMKG lebih dari itu, tak semata untuk kepentingan penerbangan, namun untuk menjaga keselamatan dan keamanan masyarakat.

Baca Juga :   Islah Taufik : Tommy Soeharto Juga Dukung Panca Wijaya Akbar di Pilkada Ogan Ilir

Indra mengatakan, sebagai tindaklanjut dari apa yang disampaikan oleh anggota Komisi V, Ishak Mekki, pihaknya juga telah banyak bekerjasama dengan berbagai pihak terutama media, baik media cetak/elektronik mainstream, media online maupun media sosial tentang ke-BMKG-an ini agar masyarakat luas lebih mengenal lagi tugas, peran dan fungsi dari BMKG.

“Dalam waktu dekat ini, BMKG melalui Stasiun Meteorologi Palembang akan menggelar sekolah lapang nelayan yang akan diikuti sebanyak 100 orang peserta. Rencana kegiatan sekolah tersebut dilaksanakan di kawasan Sungsang, Kabupaten Banyuasin,” pungkasnya. (her)

About Edi Triono

Avatar

Check Also

AHY – Anies Saling Apresiasi, Ishak Mekki: Membawa Semangat Baru

Viralsumsel.com, JAKARTA –  “Kami keluarga besar Partai Demokrat ingin terus juga bersinergi, berkolaborasi, dan mendukung …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *