Kamis , 22 Oktober 2020 - 21:22
Home / Politik / Ishak Mekki : Pancasila Sebagai Perekat Keberagaman NKRI

Ishak Mekki : Pancasila Sebagai Perekat Keberagaman NKRI

**Sosialisasi Empat Pilar MPR di Universitas Islam OKI

VIRALSUMSEL.COM – Anggota MPR RI Fraksi Demokrat, Ir.H. Ishak Mekki, MM mengatakan, seluruh rakyat Indonesia harus bangga memiliki Pancasila sebagai ideologi maupun dasar dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Mengapa kita sebagai bangsa Indonesia mesti bangga, sebab Pancasila mampu menjadi perekat yang kuat seluruh bangsa Indonesia yang sangat beragam ini. Pancasila mampu membawa seluruh bangsa Indonesia berbicara dan berbuat dengan tujuan persatuan dan kesatuan bersama dalam wadah NKRI,” kata Ishak Mekki saat menjadi narasumber Sosialisasi Empat Pilar MPR di hadapan civitas akademika Universitas Islam OKI (Uniski), Selasa (4/2-2020).

Acara yang dipandu moderator Tenaga Ahli Anggota, Heriyanto.ZA, S.Sos, M.Si, didampingi Tenaga Ahli lainnya, H. Zainuddin,ST, MM dan Agus Hasan, SH tersebut diikuti ratusan peserta yang terdiri dari para Ketua Lembaga, para dekan, para dosen dan mahasiswa dari berbagai fakultas dipandu langsung Rektor Uniski, Dr.M.Rasyid Ridho, berlangsung di aula Uniski, Kayuagung, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI).

Baca Juga :   Solid Dukung OSO, DPD dan DPC se-Sumsel Desak Munas Partai Hanura Dipercepat

Pancasila, lanjut Ishak Mekki yang mantan Wakil Gubernur (Wagub) Sumsel ini, menjadi begitu istimewa dan khas karena bangsa-bangsa di dunia hanya mengenal dua ideologi yang satu sama lain saling bertolak belakang yakni, negara-negara yang berpaham ‘kanan’ dengan agama sebagai ideologinya, dan negara berpaham ‘kiri’ atau sekuler yang tidak membawa nilai-nilai agama sama sekali dalam ideologinya.

“Sedangkan Indonesia memiliki Pancasila. Dengan Pancasila, Indonesia ada di tengahtengah, tidak kanan dan tidak pula kiri. Inilah yang membuat Pancasila begitu sangat unik dan khas. Di dalam Pancasila terdapat berbagai nilai seperti nilai-nilai agama. Bukan hanya satu agama tapi lebih dari satu agama dan banyak kepercayaan serta adat istiadat. Lalu ada nilai kemanusiaan, budaya yang semuanya sangat lengkap dan saling melengkapi,” terangnya.

Ishak menambahkan, begitu mulianya Pancasila karena memang merupakan karakter asli bangsa Indonesia. “Bung Karno sendiri mengatakan bahwa Pancasila itu lahir dari tanah air Indonesia, dari perut bumi Indonesia sendiri. Pancasila digali dari nilai-nilai agama dan adat budaya yang ada di Indonesia,” imbuhnya.

Baca Juga :   Partai Hanura Segera Putuskan Calon Bupati Ogan Ilir, Kapan?

Rektor Uniski, Dr.M. Rasyid Ridho mewakili civitas akademika dalam sambutannya menyatakan rasa terima kasihnya kepada anggota MPR RI, Ishak Mekki yang telah mau berbagi pengalaman dan pengetahuan terutama yang berkaitan dengan nilai-nilai kebangsaan sebagaimana terkandung dalam empat pilar tersebut.

Menurutnya, apa yang dipaparkan oleh mantan Bupati OKI ini, tentu saja akan menjadi modal bagi peserta terutama mahasiswa untuk disosialisasikan lagi kepada berbagai lapisan masyarakat lainnya.

“Ini penting untuk disosialisasikan terus menerus dan diterapkan, karena pemahaman ini akan menjadi pemersatu dan perekat dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” ungkapnya.

Acara sosialisasi empat pilar kebangsaan tersebut diakhiri dengan dialog dan tanya jawab peserta dengan narasumber terkait nilai-nilai empat pilar dan implementasinya dalam kehidupan sehari-hari baik sebagai masyarakat, bangsa dan bernegara. (ion)

About Edi Triono

Avatar

Check Also

Amaliah Sobli S,KG, MBA Anggota DPD RI Dapil Sumsel berikan bibit buah-buahan pada warga Tanah Abang Ulu. FOTO : VIRALSUMSEL.COM

Warga Tanah Abang Ogan Ilir Tak Menyangka Senator Amaliah Datang Bawa 1.000 Bibit Buah-buahan

VIRALSUMSEL.COM, OGAN ILIR – Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia (RI) Amaliah Sobli S.KG …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *