Minggu , 25 Oktober 2020 - 20:29
Home / Olahraga / Kompetisi Makin Semarak, Bupati Cari Juara Sejati di Piala Musi Rawas Sempurna

Kompetisi Makin Semarak, Bupati Cari Juara Sejati di Piala Musi Rawas Sempurna

VIRALSUMSEL.COM -Bupati Musi Rawas H Hendra Gunawan tak pernah berhenti berinovasi termasuk urusan menambah semarak dan semangat tensi kompetisi sepakbola lokal Musi Rawas. Setelah berbagai kompetisi lokal dilaksanakan, orang nomor satu di Musi Rawas yang juga mantan pesepakbola itu telah menyiapkan kompetisi puncak penutup tahun 2019.

Tepatnya Bupati H Hendra Gunawan telah menginstruksikan Askab PSSI Musi Rawas untuk mencari juara sejati dalam ajang bertajuk Piala Musi Rawas Sempurna 2019.
“Jadi tahun ini kompetisi sepakbola di Musi Rawas begitu padat dan begitu semarak dimana pesepakbola dari berbagai penjuru desa dan kelurahan muncul untuk menunjukkan kemampuan mereka. Luar biasa anak-anak desa kita mempunyai potensi luar biasa,” kata Bupati H Hendra Gunawan.

Mulai dari Liga Desa, Liga Kelurahan termasuk juga Piala Gubernur yang kesemuanya sukses dilaksanakan, ditambah kompetisi lain mulai dari kelompok umur antar SSB dan juga tidak ketinggalan sepakbola wanita dimana Tim Putri Musi Rawas adalah juara nasional Piala Pertiwi 2018 lalu.
“Makanya sebagai kompetisi penutup tahun di Musi Rawas kita akan tentukan juara sejati dalam ajang Piala Musi Rawas Sempurna 2019. Pesertanya adalah tim juara Liga Desa, Liga Kelurahan dan Piala Gubernur,” kata Bupati.

Sementara itu Ketua Askab PSSI Mura H Rudi Irawan menyatakan kesiapannya melaksanakan Piala Musi Rawas Sempurna 2019. Menurut kepala BKPSDM Mura itu, Piala Musi Rawas Sempurna renananya akan digulirkan pada awal Desember.
“Jadi pesertanya adalah juara Liga Desa, Liga Kelurahan dan Piala Gubernur. Jadi akan kita laksanakan pertandingan ala trofeo mempertemukan tiga tim juara tersebut,” kata H Rudi Irawan.

Namun pria yang mulai aktif di sepakbola Musi Rawas dengan menjadi manager Persimura sejak 2007 itu menegaskan Piala Musi Rawas Sempurna bukan kompetisi terakhir tahun ini. Sebab menurutnya di bulan Desember juga akan digulirkan Liga Sepakbola Putri Musi Rawas 2019.
“Liga Sepakbola Putri Musi Rawas 2019 pada Desember akan diikuti 14 tim sepakbola putri terbaik mewakili 14 kecamatan di Musi Rawas. Nah setelah itu, pada Februari 2020 kita akan menggelar kompetisi rutin lokal yakni Piala Bupati dan kemudian dilanjutkan kompetisi lainnya,” ungkapnya.

Baca Juga :   Beto Goncalves Siap-siap Gantung Sepatu

Yang pasti pada 2020 mendatang H Rudi Irawan memastikan Askab PSSI Mura bersama Pemkab Mura dalam hal ini Dispora dan KONI akan fokus pembinaan SSB atau sepakbola usia dini dan turnamen lokal.
“Kita cooling down, rasa kecewa kita terhadap induk sepakbola di Sumsel (Asprov) yang kita anggap kurang perhatian dan kurang mengapresisasi prestasi yang diraih tim binaan Askab akan kita lampiaskan dengan fokus pembinaan SSB dan memperbanyak kompetisi lokal,” tegas H Rudi Irawan.

Makanya di 2020 nanti diupayakan gairah kompetisi sepakbola lokal selalu membara dengan tidak adanya waktu vakum. Istilahnya tanpa ada istilah kosong turnamen.
“Selain kompetisi tahunan yang memang rutin digelar, kita juga akan menambah kompetisi lokal untuk setiap kelompok umur. Termasuk kecamatan juga rutin menggelar turnamen antar desa, sehingga sepakbola di Musi Rawas terus menggelora dan ini sejalan dengan predikat Musi Rawas yang telah ditetapkan oleh Pak Gubernur Sumsel H Herman Deru sebagai Kampung Bola di Sumsel,” imbuh Ketua IKA FISIP Unsri yang sudah sangat faham dunia sepakbola itu.

Selain pembinaan SSB dan fokus pada kompetisi lokal, Musi Rawas juga kini sedang menyiapkan infrastruktur atau prasarana pendukung olahraga sepakbola. Khususnya lapangan sepakbola atau stadion kini sedang dibangun di Musi Rawas.
“Selama ini kita mengandalkan lapangan sepakbola yang ada di desa-desa yang jauh dari standar dan alhamdulillah hasilnya sangat luar biasa. Tapi kami sadar tidak munvkin bettahan dengan kondisi ini, makanya kita sedang membangun lapangan atau stadion yang akan menjadi pusat sepakbola di Musi Rawas,” kata H Rudi Irawan yang kemarin (30/10) berkesempatan memberikan penyegaran kepada 18 wasit binaan Askab PSSI Mura bersama PP dan juga PW.

Baca Juga :   Fix, Liga 1 dan Liga 2 Kick Off Oktober 2020

Tdak tanggung-tanggung, kini sedang dibangun lapangan sepakbola bertaraf nasional bahkan internasional di kawasan sport center Muara Beliti sebagai ibukotanya Kabupaten Mura. Pengerjaan lapangan sepakbola itu dilakukan oleh ahlinya atau pihak yang memang telah berpengalaman membangun lapangan sepakbola dengan jaminan garansi dan nantinya lapangan sepakbola Musi Rawas yang juga dilengkapi dengan tribun mini itu akan menjadi lapangan sepakbola terbaik di Sumsel.
“Insha Allah lapangan sepakbola Musi Rawas ini khususnya untuk kualitas rumputnya lebih dari rumput di Stadion Jakabaring Palembang,” kata H Rudi Irawan penuh optimis.

Dengan telah tersedianya lapangan atau stadion sepakbola di Mura itu baru kemudian lanjut untuk kembali berkiprah di tingkat Sumsel dan bahkan nasional.
“Maka konsepnya kita bangun stadion dulu persiapan untuk kembali ke nasional sehingga Persimura ada home base yang memadai dan bisa menggelar pertandingan sekelas Liga 3, liga 2 atau bahkan Ligga 1 nantinya serta kompetisi kelompok.umur lainnya untuk level nasional,” pungkasnya.

Plt Kepala Dispora Mura, Dien Candra menyambut baik rencana besar Askab PSSI Mura itu.
“Pada prinsipnya Dispora akan selalu mendukung setiap program dari setiap cabang olahraga. Termasuk sepakbola Musi Rawas akan kita dukung hingga berkiprah di tingkat nasional,” tegas Dien. (nto)

About Edi Triono

Avatar

Check Also

Penyerang Sriwijaya FC Alberto Goncalves bersama Manajer Tim Sriwijaya FC Hendri Zainuddin. FOTO :VIRALSUMSEL.COM

Beto Goncalves Siap-siap Gantung Sepatu

VIRALSUMSEL.COM, PALEMBANG – Alberto “Beto” Goncalves penyerang Sriwijaya FC, siap-siap gantung sepatu alias pensiuan menjadi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *