Jumat , 23 Oktober 2020 - 01:50
Home / Headline / Mendikbud Ganti Program Ujian Nasional
Mendikbud Nadiem Makarim. FOTO : LIPUTAN6
Mendikbud Nadiem Makarim. FOTO : LIPUTAN6

Mendikbud Ganti Program Ujian Nasional

VIRALSUMSEL.COM – Ujian Nasional sepertinya bakal segera berakhir. Ya, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nadiem Makarim telah mengisyaratkan untuk meniadakan format ujian nasional.

Namun bukan untuk tahun depan atau 2020. Tapi ujian nasional tahun depan bisa jadi yang terakhir kalinya di dunia pendidikan di dalam negeri.

Itu setelah Mendikbud Nadiem Makarim telah membocorkan program pengganti ujian nasiona. Program kerja Mendikbud tersebut akan dimulai tahun depan.

“Ya, untuk 2020, ujian nasional akan dilaksanakan sesuai seperti tahun sebelumnya. Jadi 2020, bagi banyak orang tua yang sudah investasi buat anaknya belajar mendapat angka terbaik di UN itu silakan lanjut untuk 2020. Tapi itu hari terakhir UN seperti format sekarang diselenggarakan,” kata Nadiem dalam rapat koordinasi bersama Dinas Pendidikan Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Indonesia di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Rabu (11/12/2019).

Baca Juga :   Pasien Sembuh Corona di Sumsel Bertambah 8 Orang, 7 Pasien dari Palembang

Adapun program penggantinya, menurut Nadiem akan dimulai 2021. “Di tahun 2021, UN itu akan diganti menjadi asesmen kompetensi minimum dan survei karakter,” tambah dia.

Nadiem mengatakan ada beberapa masalah pada format ujian nasional saat ini. Ujian nasional juga menjadi beban bagi siswa, guru, dan orang tua.

“Ini sudah jadi beban stres bagi banyak sekali siswa guru dan orang tua. Karena sebenarnya ini berubah menjadi indikator keberhasilan siswa sebagai individu. Padahal maksudnya ujian berstandar nasional adalah untuk mengakses sistem pendidikan, yaitu sekolahnya maupun geografinya maupun sistem penduduknya secara nasional,” pungkas dia. (nto)

About Edi Triono

Avatar

Check Also

H Herman Deru Gubernur Sumsel. FOTO : VIRALSUMSEL.COM

Tol Kapal-Betung Beroperasi 2023, Lewati Tiga Jembatan

VIRALSUMSEL.COM, BANYUASIN – Pembangunan Jalan Tol Kayuagung–Palembang–Betung (Kapal Betung) kembali dilanjutkan. Pembangunan tol sepanjang 111,69 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *