Senin , 26 Oktober 2020 - 14:45
Home / Sumsel / Muchendi Berharap Bantuan PKH Bisa Tepat Sasaran

Muchendi Berharap Bantuan PKH Bisa Tepat Sasaran

**Jaring Asmara Bersama Petugas PKH di Dinas Sosial OKI

VIRALSUMSEL.COM – H Muchendi Mahzarekki Wakil Ketua DPRD Provinsi Sumsel, berharap Program Keluarga Harapan (PKH) bisa tepat sasaran. Hal tersebut disampaikan Koordinator Komisi V DPRD Provinsi Sumsel ini saat menyambangi, Dinas Sosial Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) di Kayuagung, Jumat (24/1/2020) pagi.

“Saya kesini ingin menyerap aspirasi dari masyarakat, khususnya dari Dinas Sosial dalam rangka kunjungan kerja saya sebagai koordinator Komisi V, salah satunya membidangi Dinas Sosial,” kata Muchendi turut didampingi Anggota Komisi IV DPRD OKI, Bambang dan Akbar.

Dilanjutkan putra sulung H Ishak Mekki (mantan Bupati OKI dua periode) ini Komisi V hari ini dijadwalkan kunjungan kerja ke Muara Enim. Namun, dia lebih memilik menjaring asmara (aspirasi masyarakat) di OKI.

“Kami memang jadwal hari ini Komisi V berbagi tugas, saya lebih memilih ke OKI,” tambah ketua KPP Partai Demokrat Sumsel ini.

Lanjut pemuda yang juga legeslatif dari Fraksi Partai Demokrat ini, PKH merupakan program pusat. “Bagaimana supaya PKH tepat sasaran,” tambah mantan wakil manajer Sriwijaya FC ini.

Legeslatif muda dari Daerah Pemilihan OKI dan Ogan Ilir ini berharap kedepan tidak ada lagi kabar penerima PKH di OKI yang terkendala. “Laporan dari masyarakat dana transfer sempat ada yang terblokir. Makanya kita menanyakan hal itu. Apa yang menjadi masalah dengan pendataan, sehingga apa yang menjadi harapan kita PKH bisa diperbantukan dan tepat sasaran,” tambah mantan ketua KONI Kabupaten OKI ini.

Baca Juga :   Khatib Shalat Jumat Ini Meninggal Dunia Usai Ucap Salam Kedua

Muchendi berharap kedepan penerima bantuan PKH di OKI mengalami tren penurunan. Artinya masyarakat di OKI bisa lebih sejahtera.

Untuk itu Muchendi mendorong agar penerima PKH bisa juga memaksimalkan Usaha Ekonomi Kriatif (UEP). Kebetulah UEP juga dibawah Dinas Sosial. “Nilainya lebih kurang Rp962 Juta untuk 10.000 kepala keluarga (KK) se-Sumsel. Di OKI sendiri sekitar 350 KK. Kedepan harapan saya tentunya titik ini bisa ditambah. Mudah-mudahan dengan adanya UEP keluarga ini bisa keluar dari PKH kedepan,” tambah pemuda 31 tahun ini.

Muchendi yang juga putra daerah OKI ini menekankan bahwa verifikasi dan validasi data sangat penting untuk penerima PKH. “Bagaimana kedepan Dinas Sosial harus koordinasi dengan Kepala Desa agar tidak salah bantu. Tidak hanya itu Kepala Desa juga harus berkoordinasi dengan petugas PKH. Karena selama ini kerab ada masalah komunikasi di lapangan. Jangan bermain-main dengan pendataan. Jangan membuat kecemburuan dari masyarakat, jangan sampai tidak layak tapi dapat bantuan PKH,” pungkas dia.

Baca Juga :   Pasar Inpres Lubuklinggau Ramai, Walikota Turun Tangan Urai Kemacetan

Hanya memberitahu dari 18 kecamatan di OKI, total ada 31.824 penerima PKH. Paling banyak di Kota Kayuagung.

Sementara itu Abunawas Kabid Pemberdayaan Sosial, mewakili Kepala Dinas Sosial OKI mengaku senang dapat kunjungan wakil rakyat. “Kita dapat bersilaturahmi antara wakil rakyat, tentu kami mengucapkan terimakasih atas kunjungannya. Kami rasa dengan kehadiran ini menjadi suatu perhatian, meskipun dadakan,” kata dia.

Sementara itu Koordinator PKH Kabupaten OKI, Zulfikri mengaku jika sebelumnya sempat ada kendala dalam proses transfer ke penerima PKH. PKH di OKI sendiri bekerjasama dengan Bank Mandiri.

“Tapi alhamdulillah dapat kita selesaikan. Data PKH sifatnya dinamis, setiap pertiga bulan itu semua dilakukan pemutakhiran. Di dalam program PKH ada tiga komponen pokok penting, yaitu kesehatan, pendidikan dan kesejahteraan sosial,” kata dia.

Sebagaimana diketahui setiap keluarga penerima PKH mempunyai kebutuhan yang berbeda. “Bukan hanya memberikan bantuan kita juga memberikan pendidikan dan motivasi. Kita memberikan modul dari pusat, pendamping PKHharus bisa jadi guru, bidan dan guru agama,” terang dia. (nto)

About Edi Triono

Avatar

Check Also

Gubernur Sumsel, H Herman Deru bersama Syeikh Hussein Jaber (Imam Besar Masjid Nabawi Madinah) resmikan Masjid At-Thoriq Mardhotillah. FOTO : VIRALSUMSEL.COM

Gubernur Resmikan Masjid At-Thoriq Mardhotillah, Syeikh Ali Jaber Tausiah Secara Virtual 

VIRALSUMSEL.COM, PALEMBANG – Masjid At-Thoriq Mardhotillah yang berada di Jalan Noerdin Pandji Kecamatana Sukajaya Kecamatan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *