Anggota Komisi V DPR RI, Ir.H. Ishak Mekki, MM dan rombongan Kunjungan kerja ke BBWSS VIII, Selasa (20/4/2021). FOTO : VIRALSUMSEL.COM
Anggota Komisi V DPR RI, Ir.H. Ishak Mekki, MM dan rombongan Kunjungan kerja ke BBWSS VIII, Selasa (20/4/2021). FOTO : VIRALSUMSEL.COM

Normalisasi Danau Teloko OKI dan Sungai Sembawa Banyuasin Ditindaklanjuti

VIRALSUMSEL.COM, PALEMBANG – Normalisasi Danau Teloko yang terletak di Desa Teloko, Kecamatan Kota Kayuagung Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) dan normalisasi Sungai Sembawa, di Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan (Sumsel) akan dilaksanakan pada tahun  anggaran 2022 mendatang. Menurut Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Sumatera VIII (BBWSS VIII), Ir. Birendrajana, MT, dalam tahun ini kedua kegiatan tersebut dalam tahap desain engineering detail (DED).

Apa yang disampaikan Birendrajana ini mengemuka di saat menerima kunjungan kerja anggota Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), Ir.H. Ishak Mekki, MM dan rombongan ke BBWSS VIII yang terletak di Jalan Soekarno-Hatta Palembang, Selasa (20/4-2021).

Menurut Birendrajana, dua kegiatan ini menjadi fokus perhatian pihaknya mengingat kegiatan ini merupakan aspirasi masyarakat dari dua daerah di Sumsel yang didorong oleh anggota Komisi V dalam hal ini Ir.H. Ishak Mekki, MM.

“Dua kegiatan normalisasi danau dan sungai ini menjadi fokus perhatian kami pak, karena memang sangat dibutuhkan oleh masyarakat di dua daerah dalam wilayah Sumsel yakni Kabupaten OKI dan Banyuasin,” jelas Birendrajana.

Baca Juga :   Dua Srikandi Pimpin Musi Rawas, Gubernur : Kepala Daerah Bagaikan Suami dan Istri  

Anggota DPR RI, Ishak Mekki di kesempatan tersebut sangat mengapresiasi apa yang dipaparkan oleh Kepala BBWSS VIII tersebut. Menurutnya sebagai anggota dewan, dia telah menjembatani apa yang menjadi aspirasi masyarakat Sumsel di saat-saat kunjungan kerjanya ke daerah.

“Di antara aspirasi masyarakat yang mengemuka saat saya reses di tahun pertama menjadi legislator adalah normalisasi Danau Telokok di Kabupaten OKI dan normalisasi Sungai Sembawa di Kabupaten Banyuasin. Keduanya sangat dibutuhkan bagi kelangsungan kehidupan masyarakat petani di dua daerah itu,” kata Ishak Mekki.

Ishak Mekki yang juga Mantan Wakil Gubernur (Wagub) Sumsel ini menjelaskan jika normalisasi Danau Teloko terwujud bukan tidak mungkin ke depan keberadaannya tidak semata untuk kepentingan kehidupan para petani maupun sebagai kolam retensi, tapi juga dapat dikembangkan sebagai kawasan wisata, karena luas danau lebih dari 800 hektar.

Baca Juga :   Partai Gerindra Sumsel Donasi 100 Ton Beras

“Saya yakin jika nanti normalisasi Danau Teloko ini selesai, bukan tidak mungkin dapat dikembangkan menjadi kawasan wisata bagi Kabupaten OKI dengan mengundang investor untuk berinvestasi di kawasan tersebut guna membangun berbagai fasilitas kepariwisataan,” tambah Ishak optimis.

Di akhir sambutannya, mantan Bupati OKI dua periode ini mengharapkan agar pihak Kementerian PUPR terutama di lingkungan Dirjen Sumber Daya Air (SDA) melalui balai-balainya seperti juga BBWSS VIII, agar lebih memperbanyak kegiatan atau pun program yang bersifat padat karya yakni kegiatan yang melibatkan banyak masyarakat.

“Kegiatan padat karya ini penting, mengingat masyarakat butuh pekerjaan terutama dalam mengatasi kesulitan di musim pandemi covid 19 saat ini,” pungkas Ishak Mekki yang dalam kunungan tersebut didampingi Tenaga Ahli, Heriyanto.ZA, M.Si dan Aknan Khairullah, S.Sy. (her)

About Edi Triono

Avatar

Check Also

AHY – Anies Saling Apresiasi, Ishak Mekki: Membawa Semangat Baru

Viralsumsel.com, JAKARTA –  “Kami keluarga besar Partai Demokrat ingin terus juga bersinergi, berkolaborasi, dan mendukung …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *