Kamis , 29 Oktober 2020 - 21:21
Home / Headline / Perjuangkan Aspirasi, Ishak Mekki Bahas Kecelakaan Bus di Pagaralam Hingga Pelabuhan Samudera Tajung Api-Api
H Ishak Mekki anggota DPR RI bersama menteri PU PR. FOTO : VIRALSUMSEL.COM
H Ishak Mekki anggota DPR RI bersama menteri PU PR. FOTO : VIRALSUMSEL.COM

Perjuangkan Aspirasi, Ishak Mekki Bahas Kecelakaan Bus di Pagaralam Hingga Pelabuhan Samudera Tajung Api-Api

VIRALSUMSEL.COM – H Ishak Mekki Anggota DPR RI Daerah Pemilihan (Dapil) Sumsel sampaikan aspirasi pada mitra kementrian terkait. Diantaranya, Menteri PU PR, Basuki Hadimuljono dan Kemenhub Budi Karya Sumadi.

Hal tersebut disampaikan Ishak Mekki pada Rapat Dengar Pendapat, Komisi V DPR RI di Ruang Rapat DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (28/1/2020).

H Ishak Mekki yang merupakan Anggota DPR RI tergabung di Komisi V salah satu bidang bermintra dengan Kementrian PU PR. Usulan Aspirasi yang dihimpun dari reses masa sidang 1 tahun 2019-2020 disampaikan dalam RDP bersama Kemenhub, Kemenpupr, BMKG, Basarnas dan Lantas.

“Saya berkomitmen untuk memperjuangan aspirasi masyarakat, ini ladang pengabdian dan ibadah bagi saya” kata pria yang juga ketua DPD Partai Demokrat Provinsi Sumsel ini.

Sebelumnya di dalam rapat bersama Kemenhub, Kemenpupr, BMKG, Basarnas dan Lantas, mantan wakil Gubernur Sumsel ini juga menyampaikan evaluasi penanganan sarana dan prasarana transportasi terkait dalam perayaan natal 2019 dan tahun baru 2020.

Baca Juga :   Wow, Angota DPR Fraksi PKS Usulkan Ganja Jadi Komoditas Ekspor

Seperti perlu adanya kajian spesifik dari kemenhub mengenai jalan yang memiliki karakteristik tikungan, tanjakan dan turunan mengingat besarnya volume kecelakaan di jalan jalan tersebut.

“Seharunya ada sebuah kajian spesifik dari kemenhub mengenai hal ini (jalan tikungan/menanjak/menurun) yang kemudian hasil kajian tersebut segera direkomendasikan kepada kemenpupr untuk segera diberikan solusi agar kecelakaan serupa tidak terjadi, seperti pemindahan jalur jalannya,” terang mantan Bupati OKI dua periode ini.

Seperti kasus kecelakaan Bus PO Sriwijaya  di Pagaralam, Ishak  meminta untuk menjadi perhatian serius dari kementerian perhubungan dan PUPR agar tidak terulang kembali. Dan dia juga mendorong untuk percepatan pembangunan pelabuhan Samudera Tanjung Api Api.

“Karena pelabuhan Boom Baru sekarang ini sudah memprihatinkan kondisinya dan tidak layak lagi karena pelabuhan ini terus mendangkal sehingga kapal besar tidak bisa berlabuh. Kami meminta kepada saudara menteri perhubungan, untuk memperioritaskan percepatan pembangunan pelabuhan tanjung api-api” tandas dia.

Baca Juga :   Sangat Siap New Normal, Begini Hidup Berdamai dengan Covid-19 Dimata Gubernur Sumsel

Terkait kemacetan yang sering terjadi di sepanjang jalan letkol Nuramin Kawasan Boom Baru, ayah wakil ketua DPRD Sumsel H Muchendi Mahzarekki ini tegas mengatakan bahwa bagi perusahaan yang memiliki kendaraan truk/tronton diharuskan memiliki garasi atau tempat pool kendaraan. “Jangan diberikan izin bila garasi atau lahan parkir tidak ada,” sambung dia.

Selain itu juga bahas normalisasi Sungai Komering Sepanjang 15 KM yang menghubungkan Desa Anyar Kecamatan Kayuagung sampai ke Desa Sirah Pulau Padang, Kecamatan Sirah Pulau Padang Kabupaten OKI. Ada juga usulan normalisasi Danau, Usulan Pembangunan Jalan dan juga pembangunan Jembatan. Diantaranya usul pembangunan jembatan penghubung yang menghubungkan dua kabupaten di dua kecamatan di kabupaten OKI dan Banyuasin. Tepatnya di kawasan jalur 30 Air Sugihan, OKI dan Jalur 20, Air Sugihan, Banyuasin serta usulan pembangunan PDAM. (nto)

 

 

 

About Edi Triono

Avatar

Check Also

H Hendri Zainuddin Manajer Tim Sriwijaya FC. FOTO : VIRALSUMSEL.COM

Liga Resmi Ditunda Februari 2021, Manajer Sriwijaya FC : Senep, Rela tapi Pasrah 

VIRALSUMSEL.COM, PALEMBANG – Liga 2 2020 resmi ditunda sampai Februari 2021. Hal tersebut diungkapkan Manajer …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *