Kamis , 29 Oktober 2020 - 02:40
Home / Politik / Pilkada Muba Bisa Maju 2021?

Pilkada Muba Bisa Maju 2021?

VIRALSUMSEL.COM, PALEMBANG – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020 kemungkinan besar ditunda. Pemerintah Pusat bersama DPR RI dan Pelaksana Kegiatan KPU RI sudah menyetujui jika Pilkada Serentak tahun ini diundur.

Penundaan Pilkada Serentak 2020 dilatar belakangi atas pandemi virus corona atau covid-19. Dimana penyakit menular ini sedang mewabah di Indonesia. Belum tahu sampai kapan pemerintah mengumumkan Bumi Pertiwi benar-benar sudah bebas dari virus corona tersebut.

“Saya kira sekarang tinggal menunggu payung hukum saja. Baik dalam bentuk Peraturan Presiden (Perpres) maupun Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu),” ujar Bagindo Togar pengamat sosial politik Sumsel, Rabu (31/3/2020).

Lebih lanjut Bagindo mengatakan penundaan bisa jadi minimal enam bulan dan maksimal satu tahun. Pilkada Serentak tahun ini sejatinya digelar, 23 September mendatang.

Baca Juga :   Senator Cantik Asal Sumsel Ini Sambangi Sentral Bibit Buah di Ogan Ilir 

So, jika diundur enam bulan bisa jadi dilaksanakan Maret tahun depan. Sebaliknya jika ditunda satu tahun berarti tetap dilakukan pemungutan suara pada September tahun depan.

“Tidak menutup kemungkinan jumlah Peserta Pilkada Serentak juga bertambah. Bisa saja daerah yang periode Bupati dan Wakil Bupati 2020 juga diikutkan dalam Pilkada Serentak 2021,” terang dia.

Hanya memberi tahu Pilkada Serentak 2020 digelar di 270 daerah dengan rincian 9 provinsi, 224 kabupaten, dan 37 kota. Di Sumsel sendiri ada tujuh kabupaten.

Masing-masing Kabupaten Ogan Ilir, OKU, OKU Timur, OKU Selatan, PALI, Musi Rawas serta Musi Rawas Utara.
Nah untuk daerah di Sumsel yang bakal habis masa kepemimpinannya pada 2022 diantaranya Musi Banyuasin (Muba).

Baca Juga :   Hadiri HUT OKI, Senator Amaliah Janji Perjuangkan Pemekaran Kabupaten Pantai Timur

Dodi Reza Alex Noerdin dan Beni Hernedi dilantik sebagai Bupati dan Wakil Bupati Muba di Palembang Sport and Convention Center (PSCC), 23 Mei 2017 silam.

“Ya, bisa saja nanti Pilkada Serentak di Sumsel bertambah. Tidak lagi tujuh tapi ada delapan karena Muba bakal masuk,” pungkas dia. (dev)

About Edi Triono

Avatar

Check Also

Pjs Bupati Ogan Ilir menyerahkan usulan bantuan Gubernur kepada H Muchendi Mahzarekki Ishak Koordinator Komisi V DPRD Sumsel. FOTO :VIRALSUMSEL.COM

Gali Potensi Wisata Daerah, Pjs Bupati OI Terima Kunker Pimpinan Komisi V DPRD Sumsel

VIRALSUMSEL.COM, OGAN ILIR – Pejabat Sementara (Pjs) Bupati Kabupaten Ogan Ilir (OI), Aufa Syahriza Sarkoni …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *