Home / Sumsel / Polda Sumsel Gelar Operasi Zebra, Catat Ini Harus Dilengkapi Pengendara

Polda Sumsel Gelar Operasi Zebra, Catat Ini Harus Dilengkapi Pengendara

VIRALSUMSEL.COM – Guna meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat terhadap keamanan, keselamatan dan ketertiban berlalu lintas, Ditlantas Polda Sumsel dan Polrestabes Palembang, Rabu (23/10) mengelar pasukan, dalam rangka dimulainya Operasi Zebra Musi 2019. Dengan mengecek kekuatan personil dan kesiapan sarana dan prasarana, anggota akan turun ke jalan, untuk mengecek kelengkapan pengemudi kendaraan roda dua maupun roda empat.

“Operasi ini tujuannya untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat terhadap keamanan, keselamatan dan ketertiban berlalu lintas. Kenapa demikian, karena ini merupakan salah satu indikator, dimana kita termasuk bangsa yang bermartabat dan berbudaya. Sebagaimana kita lihat, jika suatu negara tertib dan bagus, pasti cerminan bangsa yang berbudaya,” ujar Kapolda Sumatera Selatan, Irjen Pol Drs Firli didampingi Dirlantas, Kombes Dwie Asmoro SIk SH dan Kasat Lantas Polrestabes Palembang, Kompol Arief Harsono SIk SH, Kamis (24/10).

Baca Juga :   Alhamdulillah, AW Noviadi Mawardi Bakal Calon Bupati Ogan Ilir Dapat Momongan

Selain itu, lanjut Firli, hendaknya pengendara saling menghormati hak dan kewajiban pengemudi di jalan.

“Disamping kita menggunakan jalan, ada orang lain juga. Kita harus menghormati mereka. Oleh karena itu, hendaknya kita membiasakan berprilaku santun, dengan sapa, salam, sehingga semua berjalan baik dan lancar, tidak hanya diterapkan kepolisinya saja, tapi ke pengemudi juga,” ujarnya.

Ditambahkan Kasat Lantas Polrestabes Palembang, Kompol Arief Harsono, Operasi Zebra Musi 2019 digelar bersamaan seluruh Indonesia.

“Jadi, operasi ini berlangsung selama 14 hari, dimulai dari tanggal 23 Oktober 2019 hingga 5 November 2019. Sasaran utamany untuk meningkatkan kesadaran masyarakat di jalan. Oleh karena itu, pengendara harus melengkapi dan menggunakan kendaraannya, dengan membawa SIM, STNK, TNKB, helm SNI, Safety bell, serta kelengkapan pendukung lainnya seperti kaca spion, lanpu sen dan rem,” terangnya.

Baca Juga :   Herman Deru Bantu 150 Set Alsintan untuk Petani Sayur Kota Pagaralam

Sasaran tertib lalu lintas sendiri, lanjut Arief, dapat dilakukan himbauan, edukasi pendidikan, siapkan surat penting, respect dijalan.

“Kesadaran berlalu lintas tidak hanya trampil di jalan, tapi respect dengan orang lain dan dijalan juga diperhatikan, tidak mendahului, tidak melawan arus dan tidak melanggar rambu lalu lintas,” tambahnya. (nto)

About Edi Triono

Avatar

Check Also

Ilustrasi guru. FOTO :ISTIMEWA

Hanya Begini Formasi Guru P3K di Prabumulih Tahun Ini

VIRALSUMSEL.COM, PRABUMULIH –Pemerintah pusat bakal kembali mengangkat guru sebagai Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak (P3K) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *