Minggu , 25 Oktober 2020 - 20:03
Home / Tak Berkategori / Responsif, Gubernur Cepat Tanggap Banjir di Mura

Responsif, Gubernur Cepat Tanggap Banjir di Mura

*Perbaiki 5 Jembatan Gantung, Gelontorkan Bantuan Puluhan Milyar

VIRALSUMSEL.COM -Setelah melakukan peninjauan langsung ke lokasi bencana banjir sekaligus memberikan bantuan dan mendata berbagai fasilitas yang rusak akibat terdampak banjir, Bupati Musi Rawas H Hendra Gunawan Senin (17/2) melapor langsung ke Gubernur Sumsel H Herman Deru. Dan ternyata orang nomor satu di Sumsel tersebut sangat responsif, bukan hanya menerima laporan belaka namun langsung memberikan bantuan dengan jumlah yang luar biasa besar.

“Yang namanya kebutuhan rakyat apalagi musibah, kita harus cepat tanggap,” kata Gubernur Sumsel, H Herman Deru setelah menerima laporan langsung Bupati Mura H Hendra Gunawan di ruang kerja Gubernur Sumsel Senin (17/2).

Dan sebagai bentuk langkah cepat tanggap tersebut, Gubernur H Herman Deru memberikan bantuan khususnya untuk perbaikan berbagai fasilitas vital yang rusak akibat terdampak banjir. Gubernur juga mengingatkan agar realisasi dan penyelesaian bantuan dalam jumlah puluhan milyar itu secepatnya harus selesai di tahun ini juga.

“Alhamdulillah Pak Gubernur sangat responsive. Setelah hasil cek lapangan banjir di Musi Rawas kita laporkan, beliau (Gubernur) langsung menegaskan untuk membantu pasca banjir di Musi Rawas,” kata Bupati H Hendra Gunawan.

Dalam pertemuan selama satu jam tersebut menurut Bupati H Hendra Gunawan hasilnya sangat luar biasa dan pastinya benar-benar menjadi suatu kabar menggembirakan bagi masyarakat khususnya yang baru saja terdampak musibah bencana banjir.

Baca Juga :   Gubernur Dorong Siswa Islamic Centre OI Mampu Bersaing

“Pak Gubernur memberikan respon cepat untuk membantu perbaikan fasitas bencana banjir. Mulai dari perbaikan lima jembatan gantung, membantu alat berat untuk normalisasi sungai, bantuan bronjong, ada juga bantuan kapal atau perahu penyeberangan untuk anak-anak sekolah, peningkatan jalan dan lainnya,” ungkap Bupati.

Sementara itu Plt Kepala Dinas PU Bina Marga Kabupaten Mura, H Azhari yang mendampingi Bupati H Hendra Gunawan kemarin menyampaikan ada sekitar delapan item bantuan Gubernur Sumsel untuk Mura.

“Diantaranya yang sangat mendesak yakni perbaikan lima jembatan gantung yang rusak akibat terdampak banjir,” papar H Azhari.

Kelima jembatan tersebut yakni Jembatan Gantung Desa Semangus dibantu Rp 2.400.000.000,-, Jembatan Desa Bingin Jungut (Rp 2.000.000.000,-), Jembatan Gantung Desa Tanjung (Rp 800.000.000,-). Selanjutnya Jembatan Gantung Pulau Panggung (Rp 2.000.000.000,-) dan Jembatan Gantung Desa Suka Menang (Rp 800.000.000,-).
“Gubernur juga membantu peningkatan jalan di tiga titik sepanjang 5,50 KM dengan anggaran hampir senilai 13 Milyar,” ungkapnya.

Rinciannya, peningkatan jalan akses Jembatan Prabumulih – Desa Prabumulih sepanjang 1, 50 KM dengan anggaran Rp 3.500.000.000,-. Kemudian peningkatan Jalan Megang Sakti – Dangku sepanjang 2,30 KM senilai Rp 5.000.000.000,- serta peningkatan Jalan Sumberharta – Sumber Sari sepanjang 1,70 KM senilai Rp 4.437.000.000,-.

Baca Juga :   Bahan Alami, Thia Dodi Ajak PKK Muba Buat Hand Sanitizer

Sebagai bentuk upaya meminimalisir bencana banjir, Gubernur juga membantu dua unit alat berat untuk normalisasi sungai di Mura. Ada juga bantuan bronjong serta bantuan transfortasi air melalui Dinas Perhubungan berbentuk bantuan perahu untuk sarana penyeberangan anak sekolah.

“Satu lagi bantuan untuk pembangunan RS Muara Beliti senilai Rp 5.000.000.000 dimana Insha Allah akan dilakukan peletakan batu pertama pembangunannya oleh Gubernur Sumsel saat peringatan Hari Jadi Kabupaten Mura ke-77 pada 20 April nanti,” papar H Azhari.

Untuk realisasi semua bantuan menurut H Azhari dalam waktu dekat dimana saat ini masih dalam proses, tapi bisa dipastikan dalam tahun 2020 ini.
“Sesuai permintaan bapak gubernur semuanya harus selesai tahun ini (2020),” tegasnya.

Pertemuan Bupati Mura H Hendra Gunawan dengan Gubernur Sumsel H Herman Deru berlangsung kemarin (17/2) di ruang kerja Gubernur Sumsel. Ikut mendampingi Gubernur Sumsel diantaranya Asisten II Bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan Pemprov Sumsel Yohanes Taruan, Kepala Dinas Pekerjaan Umum BinaMarga dan Tata Ruang Sumsel H.Darma Budhi serta Kepala Dinas PU CK Sumsel Basyar. Sementara itu Bupati Mura H Hendra Gunawan didampingi Plt Kadis PU BM H Azhari. (nto)

About Edi Triono

Avatar

Check Also

Ilustrasi salah seorang sedang menjalani tes swab COVID-19. FOTO :VIRALSUMSEL.COM

Bertambah 10 Kasus Positif COVID-19, 3 Kecamatan Zona Merah di Muba

SEKAYU – Kasus baru konfirmasi positif COVID-19 di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) masih terus bertambah. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *