Home / Sumsel / Semi Militer, Dua Pemuda Sumsel Lulus Taruna Akademi Demokrat

Semi Militer, Dua Pemuda Sumsel Lulus Taruna Akademi Demokrat

VIRALSUMSEL.COM – Dua pemuda asal Sumsel telah lulus Taruna Akademi Demokrat Angkatan Satu. Keduanya ialah Marhaili Sutomo dan Aknan Khairullah.

Keduanya telah di Wisuda bersama 43 Taruna Akademi Demokrat lain se-Indonesia di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, (11/12/2019) kemarin. Marhaili dan Aknan merupakan perwakilan Sumsel utusan Anggota DPR RI dari Fraksi Demokrat, H Ishak Mekki.

Keduanya merupakan kader muda terbaik Partai Demokrat Sumsel. Keduanya juga sama-sama masuk dalam kepengurusan Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Demokrat Sumsel.

Keduanya telah menjalankan rangkaian tahapan pendidikan Akademi Demokrat mulai dari Tahap Pertama yang diadakan satu tahun yang lalu di Ciburial Bogor.

“Saya merasakan Inilah sejatinya ”kelas politik” Indonesia. Ada perpaduan dari inteligensia sipil dan militer. Kita dituntut untuk bukan cuma untuk menjadi pejuang, tapi juga kalau boleh saya meminjam istilah yudi latif, yakni menjadi bangsawan pikiran. Ada keseimbangan antara individualitas dan sosialitas (kolektivitas) yang dibangun disini.” kata Aknan.

Baca Juga :   Setengah Abad “Ngapung” di Perairan Sungai Musi, Manusia Perahu Diselamatkan Wawako Palembang

Menurut Aknan, hanya 45 Taruna Akademi Demokrat yang lulus pendidikan terakhir. Meski awalnya diikuti lebih dari 300 peserta.

“Ada tiga tahapan. Pendidikan tingkat pertama diikuti 360 peserta. Dari 360 peserta tahap pertama kemudian dikerucutkan menjadi 240 tahap kedua atau madya dan hanya menyisakan 45 orang tahap utama untuk diwisuda ,” kata dia.

Hanya memberi tahu Akademi Demokrat itu merupakan sebuah pendidikan politik dari Partai Demokrat yang dikomandai oleh Wakil Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Bapak Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Awalnya adalah untuk melakukan kaderisasi bagi partai demokrat dan bertujuan untuk memenangkan calon anggota legislatif masing-masing. Jadi pada September 2018 yang menjadi peserta Akademi Demokrat adalah utusan para tim sukses masing-masing caleg tententu se-Indonesia.

Baca Juga :   Banjir Kepung Palembang, Mobil "Berenang" di Jalan Pipareja

Gaya pendidikan yang dipilih semi-militer, itu dilakukan tidak lain untuk betul – betul mempersiapkan kader yang bermental baja, solid dan memiliki komitmen dan jiwa korsa. “Akademi Demokrat mengedepankan pendidikan dengan pendekatan tripola dasar, pelatihan dengan melihat aspek fisik, metal dan intelektual. Kemudian tahap madya diterjunkan ke lapangan dampingi caleg selama masa kampanye. Jadi pendidikan jarak jauh (Distance Learning), selama kita di lapangan selalu konsultasi taktik dan strategi untuk kemenangan,” terang dia.

Kemudian 5-11 Desember lalu tahap utama di Hotel Atlet Century, Jakarta. Materi diisi oleh tokoh politik dan akademisi dengan tetap mengedapankan pendakatan tripola dasar fisik, mental dan intelektual. Satya Darma Nagara. (nto)

About Edi Triono

Avatar

Check Also

H Herman Deru Gubernur Sumsel. FOTO :VIRALSUMSEL.COM

Pemprov Sumsel Buka Lowongan 1.000 Petugas Penyuluh Lapangan, Ini Syaratnya

*Awal  November 2020 Pendaftaran Resmi Dibuka  VIRALSUMSEL.COM, PALEMBANG – Kabar baik bagi  masyarakat Provinsi Sumatera …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *