Minggu , 25 Oktober 2020 - 20:11
Home / Politik / Senator Amaliah Dorong Gula Merah Jadi Komoditi Ekspor dari OKI

Senator Amaliah Dorong Gula Merah Jadi Komoditi Ekspor dari OKI

VIRALSUMSEL.COM – Amaliah Sobli S,KG, M.B.A, melanjutkan perjuangan menyerap aspirasi masyarakat. Kali ini Anggota DPD RI Daerah pemilihan (Dapil) Sumsel ini memilih mengunjungi masyarakat Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI).

Dalam kunjungan pertama di OKI, Selasa (24/12/2019) pagi, senator (sebutan anggota DPD RI) asal Tanjung Raja, Ogan Ilir ini silaturahmi dengan Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) OKI.

Bertempat di Kediaman Lina Dobby (salah satu Anggota IWAPI OKI), Kelurahan Mangun Jaya, Kecamatan Kayuagung, OKI, Lia ,sapaan Amaliah Sobli, menjalin asmara (aspirasi mayarakat).
Dia mengaku senang bisa bersilaturahmi dengan IWAPI OKI.

“Pagi ini saya datang ke Kayuagung, OKI, melaksanakan tugas saya sebagai anggota DPD RI. Di bulan ini saya ke Palembang, OKI dan Prabumulih,” kata putri H Sobli mantan Sekda Kabupaten Ogan Ilir ini.

Dalam kesempatan tersebut emak-emak para pengusaha ini curhat. Mulai dari gula merah, klempang hingga calok.

Sebagaimana diketahui ternyata OKI memiliki produk gula merah yang cukup mumpuni. Gula merah dari OKI terutama desa Sukaraja, Kecamatan Padamaran, OKI.

Baca Juga :   Terungkap Dua Faktor Utama Presiden PKS Tetap Dukung Enos-Yudha di Pilkada OKU Timur

“Tugas saya menyampaikan aspirasi daerah ke pusat. Apapun program pemerintah sudah ada tapi belum berjalan dengan baik itu tugas kita yang menyampaikan. Misal program pembimbingan UMKM. Nah tadi ibu-ibu di sini tadi menceritakan bahwa dari OKI punya gula merah yang cukup mumpuni,” kata dia.

Menurut senator milinial ini, gula merah dari OKI sangat potensi. Punya ciri khas tersendiri, alami dan rasaya juga sangat enak. “Mereka ingin diberdayakan, dan ditingkatkan produksinya. Kalau bisa sampai ekspor atau jual ke luar negeri. Karena selama ini produksi terbatas hanya bisa memenuhi kebutuhan warga OKI,” tambah ibu satu anak ini.

Dalam kesempatan itu keponakan Wakil Gubernur H Mawardi Yajya ini juga mendengarkan curhat warga soal produksi calok OKI yang diklaim sebagai produk dari provinsi lain. Padahal calok dari wilayah pesisir OKI sangat mumpuni dan bahan bakunya sangat melimpah.

Baca Juga :   Kukuhkan Relawan Pemuda Pemudi Ogan Ilir Bangkit, Ini Harapan AW Noviadi Mawardi Pada Kaum Milenial

“Saya butuh masukan pada masyarakat khususnya ibu-ibu. Gula merah dan trasi, ini jadi hal yang perlu kami suarakan. Gula merah contoh bagus bagaimana nanti bisa mintakan program bimbingan dari pusat, bagaimana cara meningkatkan daya jual, kalau memang dibagusin sedikit hingga bisa ke ekspor,” tambah dia.

Sementara itu Ir Yuni Suryani ketua IWAPI OKI mengaku berterima kasih bisa menyampaikan aspirasi para pengusaha wanita pada Amaliah. “Alhamduliiah kami kedatangan orang penting di Indonesiam. Kami berterima kasih atas kesempatan karena kami juga tidak menyangka kalau kami dapat kunjungan,” ujar dia.

“Gayung bersambut, kami pun menanggapi dan berharap sekali bahwa IWAPI dapat berperan mengangkat ekonomi terutama di OKI. Kami melihat potensi gula merah di OKI sudah dikembangkan puluhan tahun tapi belum bisa dimaksimalkan. Mudah-mudahan kedepan bisa sampai ke pusat dan bisa lebih dioptimalkan lagi,” tukas dia. (nto)

About Edi Triono

Avatar

Check Also

Pjs Bupati Ogan Ilir menyerahkan usulan bantuan Gubernur kepada H Muchendi Mahzarekki Ishak Koordinator Komisi V DPRD Sumsel. FOTO :VIRALSUMSEL.COM

Gali Potensi Wisata Daerah, Pjs Bupati OI Terima Kunker Pimpinan Komisi V DPRD Sumsel

VIRALSUMSEL.COM, OGAN ILIR – Pejabat Sementara (Pjs) Bupati Kabupaten Ogan Ilir (OI), Aufa Syahriza Sarkoni …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *