Senator Amaliah Sobli Kembali Sosialisasi Empat Pilar Pada Pemuda Palembang

VIRALSUMSEL.COM, PALEMBANG – Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia (RI) sekaligus Anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI, Amaliah Sobli S.KG MBA kembali gelar sosialisasi Empat Pilar dalam Berbangsa dan Bernegara.

Dalam kesempatan kali ini Lia, sapaan Amaliah Sobli S.KG MBA, sosialisasi Empat Pilar dalam Berbangsa dan Bernegara pada para pemuda di Palembang,  Kamis (8/4/2021). Sama seperti kegiatan sebelumnya juga menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Masih seperti sebelumnya, Amaliah Sobli mensosialisasikan Empat Pilar dalam Berbangsa dan Bernegara dengan lebih sederhana, disampaikan secara praktis melalui sebuah video animasi.

“Kenapa kita buat sosialisasi dalam bentuk video animasi. Agar bisa lebih cepat dimengerti, dan mudah dipahami oleh teman-teman dari kalangan komunitas ini,” kata Senator (sebutan Anggota DPD RI) Amaliah Sobli.

Lebih lanjut Amaliah Sobli menambahkan sosialisasi dilakukan agar generasi muda atau milenial bisa memahami lebih dalam Empat Pilar. Usai kegiatan mereka juga diberikan buku Empat Pilar dalam Berbangsa dan Bernegara.

Baca Juga :   Merasa Dekat, Heri Amalindo Calon Bupati Pertama Kembalikan Formulir Demokrat PALI

“Bagaimana masyarakat agar bisa hidup tenteram, nyaman di tengah keberagaman. Aman, nyaman dan sejahtera,” terang Alumni Sarjana Dokter Gigi ini.

Masih kata Amaliah Sobli, Empat Pilar dalam Berbangsa dan Bernegara terdiri dari Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) serta Bhineka Tunggal Ika.

“Pancasila sebagai landasan pilar pertama falsafah hidup dasar negara. Prinsip utama dari Pancasila adalah gotong-royong. Pancasila memiliki lima sila. Kelima sila memiliki prinsip ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, demokrasi dan kesejahteraan,” sambung keponakan Wakil Gubernur Sumsel H Mawardi Yahya.

Lebih lanjut Amaliah Sobli menambahkan nilai luhur Pancasila tertuang dalam UUD 1945. “Merupakan payung hukum kehidupan bernegara. Pembukaan UUD yang sering dibaca dalam upacara bendera adalah jiwa dari pada tubuhnya.  UUD mengikuti perkembangan dan ikuti kebutuhan masyarakat Indonesia,” terang dia.

Baca Juga :   Resmi Demokrat Dukung Syarif HD-Surian di Pilkada Muratara, Lanjutkan!

Sambung Amaliah Sobli, Indonesia merupakan sebuah negara kepulauan. NKRI memiliki perjalanan panjang sebelum resmi merdeka 17 Agustus 1945. “Pendiri bangsa mempunyai banyak pertimbangan untuk mendirikan bangsa. Dengan NKRI Indonesia lebih kokoh dan tak mudah terpecah belah,” jelas dia.

Amaliah Sobli melanjutkan Bhineka Tunggal Ika merupakan solusi dari keberagaman di Indonesia. “Bhineka Tunggal Ika jadi solusi keberagaman yang untuk mencegah gesekan antar suku, ras, agama, dan antar golongan,” terang dia.

Empat Pilar dalam Berbangsa dan Bernegara diakui Amaliah Sobli bisa dijalankan dalam kehidupan sehari hari. “Contoh dalam kehidupan sehari-hari saling tolong menolong dan menghargai satu sama lain,” tukas dia. (ion)

About Edi Triono

Avatar

Check Also

Suasana kunjungan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), Ir.H. Ishak Mekki, MM ke Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sumsel. FOTO : VIRALSUMSEL.COM

Ishak Mekki Prihatin, Balai Prasarana Permukiman Sumsel Hanya Miliki 35 Orang PNS

VIRALSUMSEL.COM, PALEMBANG – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), Ir.H. Ishak Mekki, MM …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *