Minggu , 25 Oktober 2020 - 20:21
Home / Headline / Shalat Jumat di Masjid Istana Kepresidenan dan Masjid Istiqlal Ditiadakan

Shalat Jumat di Masjid Istana Kepresidenan dan Masjid Istiqlal Ditiadakan

VIRALSUMSEL.COM – Antisipasi penyebaran virus corona shalat Jumat di sebagian masjid ditiadakan. Tidak terkecuali di Masjid Baiturrahim.

Sebagaimana diketahui Masjid Baiturrahim terletak di kompleks Istana Kepresidenan Jakarta. Selain di Masjid Istana, ternyata Shalat Jumat juga tidak dilakukan di Masjid Istiqlal.

Sebagaimana diketahui kedua masjid ini setiap Jumat selalu dipenuhi para jamaah. Bahkan masjid Istiqlal yang merupakan masjid terbesar di Asia Tenggara ini sebelum kasus corona hari hari biasa selalu ramai jamaah.

Keputusan ini ditetapkan menindaklanjuti Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Nomor 14/2020 tentang Penyelenggaraan Ibadah dalam Situasi Terjadi Wabah Covid-19 yang diterbitkan pada Senin (16/3/2020).

“Menindaklanjuti Fatwa MUI dan arahan Bapak Kasetpres, dengan hormat kami informasikan bahwa pelaksanaan ibadah Sholat Jumat pada tanggal 20 Maret 2020 di Masjid Baiturrahim Istana Kepresidenan Jakarta ditiadakan,” demikian keterangan resmi pengurus Masjid Baiturrahim, dilansir CNN, Jumat (20/3/2020).
Sebagai penggantinya, sesuai Fatwa MUI untuk semua pejabat dan pegawai yg bertugas bekerja di kantor, diharapkan dapat melaksanakan Sholat Dhuhur di Ruangan masing-masing,” bunyi pernyataan tersebut.

Baca Juga :   Giliran Sriwijaya FC Deal dengan Pemain PSMS Medan

Sebelumnya, Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta Prof KH Nasaruddin Umar menyatakan bahwa aktivitas ibadah Shalat Jumat berjamaah di masjid tersebut ditiadakan pada minggu ini hingga 2 minggu yang akan datang.

Keputusan ini tak hanya mempertimbangkan Fatwa MUI, melainkan juga imbauan Presiden Joko Widodo (Jokowi), yang kembali diperkuat dengan keputusan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan konsultasi dengan para imam besar masjid di negara Islam.

“Bagi kita umat beragama tidak ada cara lain kecuali mengikuti ulama dan umara [pemimpin] kita. Tidak mungkin ada fatwa yang tidak sejalan dengan kenyataan,” kata Nasaruddin.

“Maka kami tetapkan hari ini, dan 2 Jumat yang akan datang, Masjid Istiqlal untuk Shalat Jumat ditiadakan,” jelasnya.

Baca Juga :   Waspada Virus Corona , Bandara SMB II Pasang Thermal Scanner

“Kita serahkan kepada Allah. Kita ingin Shalat Jumat, tapi dalam kondisi seperti ini, Nabi SAW pun mengingatkan, hujan deras pun kita diminta Shalat di rumah. Kita sangat cinta agama kita, tapi kita ditegaskan dalam Al Quran, jangan menceburkan diri dalam kebinasaan kalau sudah tau ada kemudaratan di situ.” Tukas dia. (nto)

About Edi Triono

Avatar

Check Also

H Herman Deru Gubernur Sumsel mengunjungi keluarga korban kecelakaan tambang ilegal di Muara Enim. FOTO : VIRALSUMSEL.COM

11 Penambang Batu Bara Ilegal di Muara Enim Tewas, Begini Respon Cepat Gubernur

VIRALSUMSEL.COM, MUARA ENIM – Insiden tewasnya 11 penambang batu bara secara ilegal di Desa Tanjung …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *