Senin , 26 Oktober 2020 - 04:31
Home / Headline / Temui Nelayan OKI, Alex Noerdin Minta Kementerian ESDM Tambah Paket Konversi BBM ke Gas

Temui Nelayan OKI, Alex Noerdin Minta Kementerian ESDM Tambah Paket Konversi BBM ke Gas

VIRALSUMSEL.COM – Wakil ketua komisi VII DPR RI, Alex Noerdin bertatap muka secara langsung dengan puluhan nelayan tradisional dari berbagai desa dan kecamatan di kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan. Dalam kesempatan tersebut Alex juga didapuk untuk memberikan secara simbolis bantuan pemerintah pusat berupa tabung gas, mesin perahu nelayan dalam rangka konversi Bahan Bakar Minyak (BBM) ke Gas bagi Nelayan Sasaran sebanyak 950 paket. Kepada pemerintah pusat dalam hal ini kementerian ESDM, ia berharap tahun depan bantuan serupa bisa ditingkatkan hingga 3000 paket.

“Paket bantuan ini sangat aman bagi Nelayan dan tidak mencemari lingkungan sekitar,”kata Alex, Selasa, (12/11) di Ruang Rapat Bende Siguguk I perkantoran Bupati OKI.
Menurut mantan Gubernur Sumsel dua priode ini, selain aman dan ramah lingkungan, bantuan tersebut sangat bermanfaat bagi nelayan karena bisa menekan biaya produksi nelayan kecil hingga 60 persen. Untuk hal itulah dia menilai merupakan suatu barokah bagi nelayan di OKI bisa mendapatkan bantuan hibah tanpa harus mengeluarkan uang satu senpun.

Baca Juga :   Pembalap Inggris Jawara Muba Internasional Supermoto Cup 2019

Dia meminta para nelayan untuk dapat menjaga sebaik-baiknya bantuan tersebut. Dan hal yang lebih penting menurut politisi partai Golkar ini, bantuan ini jangan sampai diperjualbelikan.

“Ini patut kita syukuri telah dibantu oleh pemerintah pusat makanya jaga baik-baik dan jangan di jual,” ujar Alex ketika berbicara di sela-sela acara “Pemberian Paket Konversi BBM ke BBG Untuk Kapal Perikanan bagi Nelayan Sasaran” yang merupakan program kemitraan Kementerian ESDM dan Komisi VII di kota Kayuagung. Tahun ini nelayan OKI mendapatkan sebanyak 950 pekat sedangkan Nelayan Palembang hanya 235 paket.

Sementara itu Direktur Perencanaan dan Pembangunan Infrastruktur Migas, Kementerian ESD, Alimuddin Baso, ST, M.B.A memastikan paket bantuan yang diterima oleh Nalayan di OKI merupakan terbesar di Indonesia. Paket tersebut berisi 1 unit mesin kapal, 1 Set converter kit serta pemasangannya, 2 unit tabung LPG 3 Kg beserta isinya, 1 set as panjang dan baling-baling. Selain di Sumsel bantuan serupa kantanya juga diberikan untuk 38 kabupaten dan kota dengan jumlah total paket 13.305 unit. “Kami yakini ini akan berdampak posistif bagi keberlangsungan usaha para nelayan ini,” katanya.

Baca Juga :   Sempat Nihil Tiga Hari, Kini Pasien Positif Covid-19 Bertambah Satu Orang

Sedangkan Wakil Bupati Ogan Komering Ilir (OKI), HM Djakfar Shodiq menjelaskan didaerahnya terdapat sekitar 12 ribu nelayan kecil yang tinggal di berbagai desa dan kecamatan di daerah itu. Untuk meningkatkan taraf hidup rakyatnya selama ini Pemkab OKI telah memberikan bantuan sarana dan prasaran yang mendukung untuk menciptkan nalayan handal. Selain itu nelayan juga sudah dibekali oleh asuransi. Dengan memiliki garis pantai yang terpanjang di Sumatera dia berharap bantuan serupa dapat meningkat di tahun berikutnya. “Dengan penggunaan energy yang ramah lingkunagn ini kami berkeyakninan pula pendapatan nelayan akan bertambah”. (nto)

About Edi Triono

Avatar

Check Also

Pjs Bupati Ogan Ilir menyerahkan usulan bantuan Gubernur kepada H Muchendi Mahzarekki Ishak Koordinator Komisi V DPRD Sumsel. FOTO :VIRALSUMSEL.COM

Gali Potensi Wisata Daerah, Pjs Bupati OI Terima Kunker Pimpinan Komisi V DPRD Sumsel

VIRALSUMSEL.COM, OGAN ILIR – Pejabat Sementara (Pjs) Bupati Kabupaten Ogan Ilir (OI), Aufa Syahriza Sarkoni …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *