Banner Iklan Pemkab Muba September
Pj Bupati Musi Banyuasin Apriyadi meninjau dan menyambangi langsung warga terdampak banjir. Foto : viralsumsel.com/dev
Pj Bupati Musi Banyuasin Apriyadi meninjau dan menyambangi langsung warga terdampak banjir. Foto : viralsumsel.com/dev

Darurat “Ayo Ndalam” Separuh Wilayah Muba Terendam

viralsumsel.com, MUBA – Ratusan KK di beberapa wilayah Kabupaten Muba terendam banjir. Rabu (17/1/2024) pagi Pj Bupati Apriyadi dan Pj Ketua TP PKK Asna Aini Apriyadi bersama beberapa Kepala OPD meninjau dan menyambangi langsung warga terdampak banjir yang saat ini sudah mengungsi di tempat pengungsian yang disiapkan Pemkab Muba

Lokasi banjir yang disambangi Pj Bupati Apriyadi tersebut diantaranya Desa Kemang, Air Balui, Ulak Embacang dan beberapa Desa di Kecamatan Sanga Desa yang merupakan daerah perbatasan antara Kabupaten Musi Rawas.

“Saat ini hampir separuh wilayah di Muba terendam banjir yang mencapai pinggang orang dewasa,” ungkap Apriyadi Mahmud.

Pantauan di lokasi tampak mantan Kadinsos Pemprov Sumsel itu menerjunkan bantuan berupa sembako dan obat-obatan termasuk Kebutuhan Ibu Hamil sebagaimana Usulan Kepala Desa yang diperuntukan untuk warga yang terdampak banjir dan saat ini telah ditempatkan di pengungsian terdekat. Bahkan, Pj Bupati Apriyadi Mahmud beserta Pj Ketua TP PKK Asna Aini menyempatkan diri makan siang bersama dengan warga di lokasi dapur umum dan tempat pengungsian.

Baca Juga :   Pj Bupati Tinjau Pembangunan Asrama Mako Brimob Muba

“Hari ini kita bersama Baznas membawa sekitar 350 paket sembako untuk warga terdampak banjir, semoga ini bisa sedikit mengurangi beban warga terdampak banjir di Desa Air Balui dan sekitarnya,” harapnya.

Kandidat Doktor Universitas Sriwijaya ini juga menginstruksikan kepada perangkat sekolah untuk meliburkan aktifitas belajar di sekolah yang terkena banjir.

“Sekolah yang banjir harus diliburkan, peserta didik diminta untuk belajar di rumah masing-masing dan diawasi orangtua,” kata Apriyadi.

Ia menambahkan, Pemkab Muba juga telah menyediakan dapur umum serta posko kesehatan yang menyiagakan 24 jam petugas medis dengan bekerjasama puskesmas desa setempat.

“Jadi posko kesehatan harus siaga 24 jam, petugas medis fasilitasi kebutuhan warga yang membutuhkan perawatan khususnya warga yang terdampak banjir,” ulasnya.

Mantan Kades Pematang Palas ini juga menegaskan, agar pihak perusahaan di wilayah Muba pro aktif untuk segera menyalurkan bantuan atau CSR di lokasi banjir. “Saya minta agar perusahaan-perusahaan di Muba untuk bergotong royong bersama salurkan bantuan untuk warga terdampak banjir,” tegasnya.

Baca Juga :   FORSESDASI Sumsel Usulkan Gaji PPPK Dibebankan ke APBN

Sementara itu, Kadinkes Muba dr Azmi Dariusmansyah MARS menyebutkan pihak Dinkes Muba selain menyiagakan posko kesehatan juga menyiapkan puskesmas keliling (Pusling) yang mobile menginventarisir masyarakat terdampak banjir.

“Obat-obatan juga disiapkan terutama obat batuk pilek dan penyakit kulit untuk dewasa dan anak-anak,” bebernya.

Kepala Dinas PUPR Muba Alfa Elan SST MPSDA mengatakan, pihaknya juga sesuai instruksi Bupati Apriyadi untuk siaga mengantisipasi kerusakan infrasruktur jalan dan jembatan yang terdampak luapan sungai Musi.

“Alat berat kita siagakan, kami juga menyebar petugas di lokasi terdampak banjir untuk meminimalisir kerusakan infrastruktur jalan dan jembatan,” tandasnya.

Turut mendampingi Pj Bupati Apriyadi dalam kesempatan meninjau beberapa lokasi banjir di Muba diantaranya Plt Kadis PMD Erdian Syahri SSos MSi, Kadin Kominfo Herryandi Sinulingga AP, Plt Kadis Perkim M Ridho ST MT, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Ali Badri ST MT, Direktur RSUD Sekayu dan Forkopimcam Kecamatan Sanga Desa. (dev)

Iklan OKI

Check Also

Gencarkan Gerakan Bedah Rumah Serentak se-Sumsel, Pemprov Benahi 8.391 Unit Rumah. Foto : viralsumsel.com/win

Gencarkan Gerakan Bedah Rumah Serentak se-Sumsel, Pemprov Benahi 8.391 Unit Rumah

viralsumsel.com, Palembang – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel) baru saja melaunching Gerakan Bedah Rumah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *