Banner Iklan Diskominfo OKI Ramadan 2024 Banner Iklan Pemkab Muba Karhutla 2024

Penerapan Media Kolase untuk Meningkatkan Kreativitas Pada Anak Sekolah Dasar N 8 Guci Ujan Mas 

ViralSumsel.com, Muara Enim – Mahasiswa KKN Universitas Serasan Angkatan II berikan Edukasi pada anak SDN 8 Desa Guci tentang penerapan Media Kolase untuk Meningkatkan Kreativitas.

Mendidik seorang anak adalah suatu proses yang membawa seorang anak menuju tahap perkembangan dan memastikan anak dapat melaluinya dengan baik. Mendidik merupakan proses yang mendorong anak untuk berkembang ke dalam tahap dewasa.

Faktor yang mempengaruhi perkembangan anak usia Sekolah Dasar adalah Lingkungan. Lingkungan tersebut meliputi lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat.

Keluarga merupakan tempat pembelajaran pertama yang diterima oleh anak. Pada lingkungan keluarga, peran orang tua menjadi sangat penting kemudian pada Lingkungan sekolah, peran guru diperlukan sebagai pembimbing dalam mengarahkan tumbuh kembang anak melalui Ilmu Pengetahuan

Selanjutnya lingkungan masyarakat dapat memberikan pengalaman kepada anak untuk berperilaku positif dan menghindari hal negatif. Peran orang tua dan guru sangat diperlukan dalam membimbing serta menjadi pengontrol dalam perkembangan anak.

Marini yang sedang melaksanakan KKN di Desa Guci Kecamatan UjanMas bermaksud untuk mengembangkan kreativitas proses tumbuh kembang anak dengan kegiatan yang bersifat eksperimen dan menggunakan ide gagasan barunya.

Baca Juga :   Jasa Raharja Sumsel Terima Penghargaan Atas Support Aplikasi Bravo Ditlantas Polda Sumsel

Sebelum program kegiatan terlaksana, marini anggota kelompok 5 juga berdiskusi dengan Dosen Pembimbing Lapanagan Bapak Zainul Marzadi, S.H., M.H. agar dalam pelaksanaan menghasilkan Nilai Positif dari para siswa SDN 8 desa Guci.

Pelaksanaan ini bertempat di Sekolah Dasar Negeri 8 Desa Guci Kecamatam Ujan Mas. Subjek yang menjadi sasaran pelaksaan penerapan media kolase ini adalah Anak anak mulai dari Kelas 3 sampai dengan kelas 6.

Kegiatan ini dimulai dengan mengumpulkan anak anak serta menjelaskan kepada mereka untuk menumbuhkan kesadaran dalam meningkatkan kreativitas dan potensi diri yang ada pada anak anak sekolah dasar melalui media pembuatan kolase.
Langkah- Langkah sebelum memulai Pembuatan Kolase yaitu :
– Menyiapkan bahan kolase
– Menyiapkan bahan pendukung lainnya seperti Pensil, Gunting, Lem dan Kertas
– Membuat gambar pola yang diinginkan untuk diisi dengan bahan kolase
– Merencanakan penempelan bahan kolase ke bagian gambar pola
– Menggunting bahan kolase
– Memberi lem pada pola bahan kolase
– Menempelkan bahan ke pola dengan rapi sampai dengan tebentuk kolase yang diinginkan.
Setelah mengerti, anak anak tersebut mulai mengerjakan sesuai dengan pola gambar yang mereka dapatkan. Perlu kematangan yang lebih dalam untuk menempelkan karna lem yang cepat kering dan sisa kertas yang tidak beraturan.

Baca Juga :   Terdiri Dari Enam Kecamatan, Herman Deru :  Pemprov Sumsel Siap Danai Pemekaran Kabupaten Gelumbang

Dengan adanya penerapan media kolase kreativitas anak dapat meningkat hal ini ditunjukan dengan adanya ide-ide dan imajinasi dari masing masing anak sehingga anak mampu membuat karya yang berbeda, anak mampu membuat karya tanpa bantuan, anak mampu menceritakan karya yanag dibuatnya, anak mampu mengenal bentuk, warna dan bahan dan anak dapat menempel sesuai dengan keinginannya sehingga anak bisa membuat karya yang kreatif sesuai dengan imajinasi anak dan anak mampu menciptakan suatu karya yang baru dan unik. (rosyid)

Penulis : Marini (Mahasiswa KKN Universitas Serasan Angk. II Prodi Manajemen)

Iklan OKI

Check Also

Mahasiswa KKN Universitas Serasan Kelompok 6 adakan Sosialisasi Sanitasi Pembuangan Air Limbah Rumah Tangga Desa Pinang Belarik

ViralSumsel.com, Muara Enim —  Mahasiswa Universitas Serasan Angkatan II Kelompok 6 Tahun 2024 Adakan Sosialisasi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *