Banner Iklan Pemkab Muba September
Diresmikan Pj Bupati Apriyadi Mahmud, Jadi Zmart BazNas Kabupaten Pertama di Sumsel. Foto : viralsumsel.com/dev
Diresmikan Pj Bupati Apriyadi Mahmud, Jadi Zmart BazNas Kabupaten Pertama di Sumsel. Foto : viralsumsel.com/dev

Diresmikan Pj Bupati Apriyadi Mahmud, Jadi Zmart BazNas Kabupaten Pertama di Sumsel

viralsumsel.com, SEKAYU – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Musi Banyuasin melaksanakan peresmian salah satu program kerjanya yakni Zmart, Selasa (19/12/2023) di Halaman Kantor Baznas Kabupaten Muba.

Diketahui, Baznas Kabupaten Muba merupakan Baznas Kabupaten yang pertama di Provinsi Sumatera Selatan yang melaksanakan program Zmart.
Program ini merupakan pemberdayaan ekonomi dalam bentuk pengembangan warung atau toko yang dimiliki mustahik dengan skala mikro sampai kecil untuk mengatasi kemiskinan di wilayah Kabupaten Muba.

Peresmian Zmart ini di hadiri langsung oleh Pj Bupati Muba H Apriyadi Mahmud, didampingi Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Muba H Yudi Herzandi, perwakilan Dandim 0401 Muba, perwakilan Kapolres Muba, Perwakilan Kajari dan Kepala Perangkat Daerah Muba.

Penjabat (Pj) Bupati Muba H Apriyadi mengatakan, kehadiran
Baznas di kabupaten Muba ini dapat berkontribusi untuk membantu program pemerintah hingga membantu mengentaskan kemiskinan ekstrem di wilayah Muba.

Baca Juga :   Herman Deru Bantu Satu Unit Ambulans untuk Warga Muara Telang Banyuasin

“Untuk itu, Pemkab Muba sangat berterima kasih karena Baznas telah mampu mengelolah keuangan zakat dari para ASN di Muba dengan baik dan dimanfaatkan sebagaimana mestinya,” kata Apriyadi.

Lanjutnya, inovasi yang tercantum dalam program kerja Baznas sungguh membuat bangga. Apalagi dengan telah di launching Zmart. Melalui program Zmart ini menunjukkan bahwa kegiatan zakat maupun amal tidak hanya berkaitan dengan sesuatu yang konsumtif saja akan tetapi dapat berupa kegiatan produktif.

“Semoga kegiatan Zmart ini akan semakin berkembang dan membantu banyak orang. Adapun beberapa bantuan yang telah diberikan agar bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Jangan sampai bantuan yang telah diberikan malah disalahgunakan. Kami akan sangat bangga jika bantuan dari kami ini benar memberikan manfaat bagi masyarakat Muba,” tutur Pj Bupati Muba.

Baca Juga :   TNI AU dan Pemkot Palembang Bersinergi Entaskan Stunting

Sementara itu, Ketua Baznas Muba Wardata menyampaikan, Dasar program Zmart adalah program kerja anggaran kegiatan Baznas Kabupaten Muba tahun 2023. Yang memiliki tujuan untuk membantu meningkatkan penghasilan para mustahik yang melakukan usaha ekonomi produktif atau UMKM pedagang kecil di Muba, sekaligus membantu Pemkab Muba dalam mengurangi angka kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Jumlah penerima bantuan Zmart Baznas Kabupaten Muba baru diberikan kepada 40 orang pedagang kecil yang terpilih setelah diadakan survei dari 160 orang yang mengajukan permohonan. Pada kesempatan ini juga diserahkan sebagian bantuan kepada mustahik antara lain, bantuan sembako, bantuan rumah layak huni, bantuan honor guru ngaji serta bantuan kursi roda untuk penderita lumpuh. Bantuan ini adalah sebagian dari bantuan rutin Baznas Kabupaten Muba yang penyalurannya dilaksanakan setiap bulan,”tandasnya. (dev)

Iklan OKI

Check Also

Cegah DBD, Pemkab Muba Luncurkan Gerakan Bersih Lingkungan. Foto : viralsumsel.com/dev

Cegah DBD, Pemkab Muba Luncurkan Gerakan Bersih Lingkungan

viralsumsel.com, MUBA – Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) menggelar Rapat Koordinasi percepatan penanggulangan terhadap peningkatan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *