Iklan Pemprov Sumsel
Skuat PS Banyuasin musim 2009. FOTO :VIRALSUMSEL.COM
Skuat PS Banyuasin musim 2009. FOTO :VIRALSUMSEL.COM

Fakta Rimau Benyali, Tim “Balita” asal Banyuasin yang Mampu Promosi Divisi Utama 2009

VIRALSUMSEL.COM, Palembang – Selain PS Palembang, klub asal Sumatera Selatan (Sumsel), yang berhasil menembus Divisi Utama atau kasta kedua Liga Indonesia adalah PS Banyuasin. Tepatnya pada musim 2009.

Saat itu Rimau Benyali –julukan PS Banyuasin- sukses promosi ke Divisi Utama berjajuk Liga Joss Indonesia yang diambil dari nama sponsor utamanya Extra Joss. Namun sayang setelah susah payah menembus Liga Kasta Kedua musim 2009/2010, klub asal Banyuasin ini justru tidak ikut berkompetisi.

Karena itu pun PSSI pun menhukum  PS Banyuasin untuk dedragasi atau kembali ke Divisi II saat itu atau Liga 3 saat ini pada musim berikutnya. Hingga saat itu PS Banyuasin belum juga bangkit dan masih menjadi kontestan Liga 3 zona Sumsel.

“Sayang karena tidak boleh menggunakan dana APBD lagi makanya kita tidak ikut sama sekali liga Divisi Utama,” kata Andre Irani pemain PS Banyuasin cerita mengenang masa-masa kejayaan PS Banyuasin pada www.viralsumsel.com, Minggu (14/6/2020).

Baca Juga :   Fix, Liga 2 Kick Off Kembali 17 Oktober 2020

Meski demikian Andre mengaku tetap bangga pernah menjadi bagian dari pada PS Banyuasin. Apalagi ia sebagai talenta lokal. “Seingat saya hanya PS Banyuasin lah kabupaten baru pemekaran saat itu dari Muba tahun 2002 selang 2005 kita ikut Divisi III Nasional dan Alhamdulillah tahun ke dua 2006/2007 lolos ke Div  II Nasional. Selanjutnya lolos lagi ke Divivisi Nasional 2007/2008. Alhamdulillah lolos lagi ke Divivisi Utama 2008/2009,” terang dia.

Padahal pada musim tersbut sepak terjang Rimau Benyali  cukup mumpuni. “Sayang memang PS Banyuasin waktu itu tidak ikut meramaikan Liga Divisi Utama pada saat itu kendala dana. Hanya kami pada saat itu bisa merasakan Copa Dji Samsoe di Babak 32 Besar lawan Rengat,” terang anggota Exco PSSI Sumsel ini.

Baca Juga :   Budi Jo Sebut Tempat Latihan Baru Sriwijaya FC Seperti di Eropa

Lebih lanjut Anrde menjelaskan saat promosi ke Divisi Utama PS Banyuasin dilatih Agus Suparman mantan pelatih Persita Tanggerang. Klub tersebut dimanajeri H Hendri Zainuddin sekarang manajer Sriwijaya FC dan Rusdi Alam sebagai asisten manajer.

Selain Andri ada beberapa talenta lokal B anyuasin lain, seperti Suparno dari Serong dan Deni. “Inilah PS Banyuasin yang sesungguhnya. Klub yang masih “balita” saat itu mampu membuktikan kualitasnya. Walaupun masih “balita” dan dengan dana yang minim, klub ini mampu lolos ke divisi utama musim (2009),” pungkas dia.

Seandanya PS Palembang dan PS Banyuasin masih bisa bertahan di kompetisi kasta kedua pasti seru. Karena di Sumsel saat ini ada dua tim lagi yang berkompetisi di Liga 2. Yaitu Sriwijaya FC dan Muba Babel United. (ion)

 

About Redaksi Viral Sumsel

Check Also

Nil Maizar Pelatih Kepala Sriwijaya FC. Foto : SFC for viralsumsel.com

PSMS vs Sriwijaya FC : Habis-habisan Kejar Happy Ending

VIRALSUMSEL.COM, PALEMBANG – Sriwijaya FC tidak akan mengendorkan kekuatannya di laga terakhir Babak Penyisihan Grup …

One comment

  1. Ayo Banyuasin bangkit
    Tolong pak Bupati beri dukungan kepada talenta s pak bola Banyuasin yg saat ini banyak talenta Muda yg berbakat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *