Gubernur Herman Deru Bantu Pembangunan Gedung Asrama Santri di Ponpes Dakwatul Quran Az-Dzaky Plaju. Foto : viralsumsel.com/win
Gubernur Herman Deru Bantu Pembangunan Gedung Asrama Santri di Ponpes Dakwatul Quran Az-Dzaky Plaju. Foto : viralsumsel.com/win

Gubernur Herman Deru Bantu Pembangunan Gedung Asrama Santri di Ponpes Dakwatul Quran Az-Dzaky Plaju 

viralsumsel.com, PALEMBANG – Gubernur Sumsel H. Herman Deru menghadiri kegiatan wisuda santriwan-santriwati Ponpes Dakwatul Quran Az-Dzaky di Aula SD/SMP IT Azizah di Kawasan Plaju Darat, Rabu (19/7/2023) siang.

Dalam kesempatan itu Gubernur Sumsel Herman Deru juga menyerahkan penghargaan kepada 5 santri yang telah berhasil  menghafal  Quran 30 juz. Iapun berharap metode menghafal Al Quran yang begitu cepat di Ponpes Dakwatul Quran Az-Dzaky dapat dikenalkan ke lembaga lainnya sehingga akan lahir banyak hafidz Al- Qur’an di Sumsel.

“Hari ini begitu istimewa ada 5 santri yang hadidz Quran 30 Juz. Ini tentu perjuangan istimewa bagi santrinya juga bagi ustad-ustadzah yang mengajarnya. Metodologi pengajaran Al-Qur’an memang beragam tapi ini berhasil dalam 1 tahun patut diapresiasi,” jelasnya.

Menurut Gubernur Herman Deru, sejak Ia menjabat 2018 lalu, Ia memang komitmen menyuburkan rumah tahfidz di Sumsel. Caranya dengan program Satu Desa Satu Rumah Tahfidz yang kini mencapai kurang lebih 5000 rumah tahfidz.

Baca Juga :   Mawardi Yahya : Ponpes Banyak Berkontribusi Cetak SDM Sumsel yang Berkarakter 

“Dulu tahun 2006 Sumsel masuk 10 besar MTQ. Tapi karena usia mereka tidak bisa lagi ikut, nah sejak 2018 dengan semakin banyak rumah tahfidz generasi hafidz Quran bertambah dan Sumsel kembali mencatat sejarah tahun 2022 bisa bisa rangking 8 MTQ, sama dengan Aceh,” jelasnya.

Untuk itu pula Ia menghimbau agar Ponpes Dakwatul Quran Az-Dzaky dapat menyebarkan para lulusannya untuk mengajar di rumah tahfidz- rumah tahfdz yang tersebar di Sumsel.  “Rumah tahfidz di Sumsel jumlahnya lebih kurang 5000. Tapi masih kurang tenaga pengajar. Alangkah eloknya para santri lulusan inj dapat disebar untuk bimbing anak-anak kita di desa dan perkotaan,” jelasnya.

Sementara Pembina Ponpes Dakwatul Quran Az-Dzaky ustad Abdurrahman mengatakan sangat berterimakasih atas dukungan yang diberikan Gubernur Herman Deru. Karena itupula mereka memberikan penghargaan kepada Gubernur Herman Deru sebagai tamu kehormatan.

Baca Juga :   Mawardi Yahya Ingin Pemuda Sumsel Kreatif Buka Lapangan Kerja Baru

Menurutnya saat ini jumlah santri di Ponpes ada 100 orang yang terdiri dari 70 laki-laki dan 30 perempuan. Adapun jumlah santri yang diwisuda kali inj sebanyak 29 otang santriwan dan santriwati.  Dalam kesempatan itu Gubernur Sumsel Herman Deru menyerahkan bantuan pembangunam asrama santri di Ponpes tersebut.

Hadir dalam kesempatan itu Pembina Ponpes Dakwatul Quran Az Dzaky Ustad Abdurrahman, Ketua Yayasan Az Dzaky Ustad M. Yamin, Mudir Az Dzaky, Ustad Dimas Al Hafidz, Penceramah Ustad Antonius Zuhdy LC. Alhafidz, Sultan Mahmud Badaruddin IV Jaya Wikrama, RM Fawwaz Diraja serta Direktur Utama PT. Ananta Tour and Travel Zahrini Mahdi Muhammad. (win)

Iklan OKI

Check Also

Ratu Dewa Bakal Ajukan Pensiun Dini dari PNS. Foto : viralsumsel.com/nto

Ratu Dewa Bakal Ajukan Pensiun Dini dari PNS

Viralsumsel.com, Palembang – Penjabat (Pj) Walikota Palembang, H Ratu Dewa bakal ajukan pensiun dini dari …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *