Iklan Pemprov Sumsel

Jadi Langganan Banjir, Pemdes Gunung Menang PALI Bangun Drainase

VIRALSUMSEL.COM, PALI, – Kerap kali menjadi langganan banjir saat musim penghujan karena aliran air tidak lancar, dan kerap menjadi keluhan masyarakat, Pemerintah Desa Gunung Menang kecamatan Penukal kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) membangun drainase yang menghubungkan tiga dusun.

Dengan epanjang 141 meter dan lebar 80 centimeter, poses pembangunan drainase saat ini masih dalam pengerjaan dan ditargetkan pada pertengahan bulan Oktober 2021 rampung dikerjakan dengan menggunakan Dana Desa.

“Jadi ketika datang penghujan aliran air lancar dan banjir bisa dihindari. Pembangunan drainase ini sesuai permintaan warga melalui musyawarah desa menggunakan dana desa tahun ini,” ujar Kades Gunung Menang Sayadi, Senin (27/9/21).

Disamping membangun drainase, lanjut Kades, Dana Desa tahun 2021 ini juga dipergunakan untuk membangun jalan ataupun jembatan yang menjadi akses masyarakat sehari-hari menuju kebun karet, dengan panjang 62 meter tepat diatas paye atau rawa.

Baca Juga :   Kabar Gembira, Muba Buka Penerimaan CPNS dan PPPK Formasi 2021

“Jalan titian (jembatan, red) itu akses vital masyarakat. Dimana lebih dari 100 Kepala Keluarga yang melintasi akses itu setiap harinya, untuk menyambung hidupnya menuju kebun untuk menyadap karet. Dimana sebelumnya, akses itu sulit ditempuh karena lokasi tersebut merupakan sungai atau paye yang setiap tahun warga harus bersusah payah membuat titian dari kayu yang tentunya harus setiap tahun diperbaiki dan menggunakan dana swadaya. Tapi dengan dibangunnya jalan titian itu, bisa menggeliatkan ekonomi warga desa kami,” harapnya.

Kades juga mengajak masyarakat agar merawat aset yang telah dibangun dapat digunakan dengan baik dan menjaganya bersama agar bisa bertahan lama.

“Drainase sudah dibangun jalan titian juga sudah bisa dipergunakan. Untuk itu rawat dan agar banjir tidak terjadi lagi, maka kami mengajak masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya serta jangan membuang sampah pada saluran air,” ajaknya.

Baca Juga :   Sunnah Muakad, Begini Tata Cara Shalat Id di Rumah

Sementara itu, Lupis salah satu warga setempat berharap Pemdes Gunung Menang agar meneruskan pembangunan drainase hingga di hilir menuju sungai besar.

“Kalau musim hujan tiba, daerah ini jadi langganan banjir, dan saat ini Pemdes membangun drainase cukup lebar sehingga kami yakin kedepan musibah banjir tidak lagi terjadi. Juga jalan titian yang telah dibangun sangat membantu masyarakat yang sebelumnya harus bersusah payah mengeluarkan hasil sadapannya. Kami sarankan kepada pemdes Gunung Menang agar terus melakukan pembangunan yang sifatnya untuk kepentingan bersama supaya masyarakat bisa sejahtera,” harapnya. (eko)

About Redaksi Viral Sumsel

Check Also

Ketua Kwarcab Lahat, Fitrizal Homizi, ST, M.Si didampingi Bupati Lahat H. Haryanto, SE, MM, MBA dalam pelepasan keberangkatan untuk mengikuti Jambore Daerah Sumsel 2021. Foto : viralsumsel.com/oki

Pramuka Kabupaten Lahat Ikuti Jambore Daerah Sumsel 2021

VIRALSUMSEL.COM, LAHAT – Sebanyak 64 Kontingen Pramuka penggalang tingkat SMP di Kabupaten Lahat ikuti Jambore …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *