Iklan Palembang Kota Iklan Pemkab Muba
Budi Wahyu Kurnia Pembimbing Haji Daerah Sumsel. Foto : viralsumsel.com/ril
Budi Wahyu Kurnia Pembimbing Haji Daerah Sumsel. Foto : viralsumsel.com/ril

Jemaah Haji Banyuasin Mulai Tinggalkan Maktab Menuju Arafah

viralsumsel.com, Mekah – Setelah menjalankan umroh wajib pada Minggu, 03/07/2022, Pukul 02.00 dini hari. jemaah haji Indonesia asal Kabupaten Banyuasin hari ini Kamis,07/07/2022 mulai bersiap-siap menjalani rangkaian puncak ibadah haji. Yaitu wukuf di Arafah, Mudzdalifah dan mabit di mina.

Mereka bergerak ke arafah – Mudzdalifah – Mina (Armuzna) untuk bermalam di sana hingga selesai Jumaroot dan tahallul.

Pantauan dilapangan, jemaah haji Indonesia asal Banyuasin mulai bersiap-sial di pemondokan masing-masing sejak pukul 06.00 waktu Saudi.

Usai itu, mereka kemudian bersiap memakai ihram dan melaksanakan salat sunnah ihram. Selepas salat, jamah mulai di angkut menggunakan bus yang sudah disediakan berdasarkan maktab, Kabupaten Banyuasin tergabung dalam maktab 25 kloter PLM 08.

Baca Juga :   Erick Thohir Dukung Pembangunan Pelabuhan Tanjung Carat

Walaupun busnya agak terlambat, mereka tetap semangat dan antusias menunggu kedatangan bus yang molor dari jadwal. Akibatnya jemaah haji pun menunggu bus terlalu lama di loby pemondokan.

“Waktu nunggu bus lama, sampai sekarang baru jalan,” ucap Lubis, jemaah asal pangkalan Panji (PLM08) di Mekah, Kamis (07/07/2022).

Kendati demikian, dia mengaku tidak masalah. Karena dirinya telah siap menjalani rangkaian ibadah haji . “Sudah, sudah siap,” ujar dia.

Pergerakan jemaah haji menuju Arafah dimulai dari Pukul 09.00 waktu saudi. Di arafah jemaah haji akan melaksanakan wukuf untuk melaksanakan puncak haji lalu bergerak ke mudzdalifah mengumpulkan batu kerikil yang akan digunakan untuk melontar jumrah.

Wukuf di Arafah adalah rukun dalam haji. Siapa saja yang meninggalkannya maka tidak sah hajinya.Namun bagi orang-orang yang lagi dirawat di rumah sakit, mereka akan dibawa untuk melakukan safari wukuf di arafah dengan menggun akan kendaraan. (bwk)

About Redaksi Viral Sumsel

Check Also

HUT IWO ke-10, Donor Darah Over Target

viralsumsel.com, KAYUAGUNG – Peringatan Hari Uang Tahun Ikatan Wartawan Online (IWO) ke 10 menggelar berbagai …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *