Lomba Desa Tingkat Provinsi, Sandi Fahlepi Optimis Muba Mampu Jadi Juara 1. Foto : viralsumsel.com/dev
Lomba Desa Tingkat Provinsi, Sandi Fahlepi Optimis Muba Mampu Jadi Juara 1. Foto : viralsumsel.com/dev

Lomba Desa Tingkat Provinsi, Sandi Fahlepi Optimis Muba Mampu Jadi Juara 1

viralsumsel.com, MUBA – Dalam rangka Penilaian lapangan (Klarifikasi Lapangan) Perlombaan Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi Sumatera Selatan, Tim Penilai lomba yang diketuai oleh Kepala Dinas PMD Provinsi Sumatera Selatan Deva Octavianus Coriza bersama tim Penilai, didampingi langsung oleh Pj Bupati Muba H Sandi Fahlepi dan Pj Ketua TP PKK Hj Triana Sandi beserta rombongan mengunjungi Desa Lumpatan Kecamatan Sekayu Kabupaten Musi Banyuasin, Jum’at (7/6/2024).

Penjabat (Pj) Bupati Muba H Sandi Fahlepi menyampaikan, selamat datang kepada Tim Penilai Lomba Desa / Kelurahan tingkat Provinsi Sumatera Selatan di Desa Lumpatan Kecamatan Sekayu.

Semoga bapak ibu dapat merasa senang dan melaksanakan tugas penilaian lomba desa/kelurahan dengan sebaik – baiknya, serta  akan memberikan hasil yang menggembirakan dan menyenangkan bagi masyarakat Desa Lumpatan.

“Saya menganggap kegiatan Pelaksanaan Lomba desa dan Kelurahan sangat penting untuk di ikuti, sebagai salah tahapan untuk kita mempromosikan desa kita. Apalagi saya juga dulu pernah seorang dalam kegiatan ini. Untuk itu, saya harapkan Desa Lumpatan mampu mengikuti perlombaan hingga di tingkat nasional dan mampu memberikan yang terbaik,”ungkap Sandi.

Lanjutnya, Desa Lumpatan telah mengalami banyak kemajuan  berkat kerja sama segenap Aparatur Pemerintah Desa Lumpatan beserta BPD, LPM dan warga masyarakat, yang senantiasa bekerja bersama sama dalam rangka memajukan desa lumpatan.

Baca Juga :   Yayasan Miftahun Huda Margo Mulyo Peringati Hari Santri dan Maulid Nabi Muhammad Saw

Hal ini, tentunya sejalan dengan Visi Pemkab Muba untuk selalu bersinergi. Hendaknya momentum ini dijadikan pendorong untuk lebih meningkatkan efektifitas pelayanan pemerintah serta kualitas hasil-hasil pembangunan di Desa Lumpatan untuk yang akan datang.

“Keberhasilan yang dicapai oleh Desa Lumpatan ini layaknya dijadikan contoh bagi desa-desa yang ada di kabupaten Muba.

Didalam pelaksanaan program pemberdayaan masyarakat desa baik dilihat dari segi pendidikan, kesehatan masyarakat, keamanan dan kertiban, partisipasi masyarakat serta kelembagaan masyarakat yang sangat terpadu dan bersinergis. Serta yang paling utama adalah peran-peran perempuan serta Peningkatan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga ( PKK ) yang menjadi kunci pendukung keberhasilan di desa ini,”tuturnya.

Sementara, Ketua Tim Penilai Lomba Desa dan Kelurahan sekaligus sebagai Kepala Dinas PMD Provinsi Sumatera Selatan,

Deva Octavianus Coriza SE MSi mengatakan, pelaksanaan Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi untuk menyaring Desa dan Kelurahan terbaik di setiap Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Sumatera Selatan. Ini sebagai suatu upaya penilaian tingkat penyelengaraan pemerintahan, kewilayahan, dan kemasyarakatan, dan untuk mengetahui efektivitas dan status perkembangan serta tahapan kemajuan, kemandirian, keberlanjutan pembangunan serta kesejahteraan masyarakat di Desa dan Kelurahan, secara berjenjang dan berkelanjutan yang dimulai dari tingkat Kecamatan, Kabupaten/Kota dan Provinsi serta Tingkat Pusat (Nasional).

Baca Juga :   Sampai Di Palembang, Pesepeda Asal Gorontalo Tunaikan Haji Mampir Ke Pindang Musi Rawas

“Jadi kami hadir disini untuk melakukan penilaian terhadap Desa Lumpatan. Kalau secara pribadi saya inginkan Muba jadi juara satu, sudah layak menjadi juara. Tapi ada beberapa penilaian yang harus kita lakukan, semoga hasilnya nanti akan menjadi yang terbaik,”ucapnya.

Adapun maksud dan tujuannya, untuk mendorong dan memberikan motivasi kepada pemerintah desa dan kelurahan berserta masyarakat untuk berlomba dan bersaing secara sportif dan positif dalam meningkatkan kualitas penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan. Mengoptimalkan dan mengevaluasi potensi yang ada di wilayahnya.

“Menilai kesesuaian data dan informasi yang disampaikan dalam dokumen dengan kondisi real yang ada dilapangan melalui pengamatan dan evaluasi secara langsung terhadap penyelenggaraan, pemerintahan pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan dalam rangka menghimpun data yang akurat sebagai dasar dalam penetapan desa dan kelurahan Juara tingkat Provinsi. Juga sebagai wahana apresiasi berupa penghargaan dari pemerintah pusat dan pemerintah daerah kepada pemerintah desa dan kelurahan atas prestasi yang telah dicapai dalam memajukan  desa dan kelurahan,”bebernya.

Turut hadir dalam acara, Camat Sekayu Edi Heryanto, Plt. Kepala Dinas PMD Kabupaten Muba Erdian Syahri, Kades Lumpatan Agus Kurniawan, Kepala Desa Se-kecamatan Sekayu dan Tokoh Masyarakat. (dev)

Iklan OKI

Check Also

PT SAP Wilmar Group Distribusikan Delapan Ekor Hewan Kurban untuk Masyarakat di Sungai Gerong Banyuasin

PT SAP Wilmar Group Distribusikan Delapan Ekor Hewan Kurban untuk Masyarakat di Sungai Gerong Banyuasin

viralsumsel.com, BANYUASIN – Bertepatan dengan datangnya hari raya Idul Adha 1445 Hijriah atau tahun 2024 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *