Mandiri 3X3 IT Regional Sulsel Sukses, Kini Menatap Regional Jawa: Siapkan Dirimu!. Foto : ppperbasi
Mandiri 3X3 IT Regional Sulsel Sukses, Kini Menatap Regional Jawa: Siapkan Dirimu!. Foto : ppperbasi

Mandiri 3X3 IT Regional Sulsel Sukses, Kini Menatap Regional Jawa: Siapkan Dirimu!

viralsumsel.com, JAKARTA – Mandiri 3X3 Indonesia Tournament sukses terselenggara di Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel). 5 tim keluar menjadi juara dari lima kategori yang dipertandingkan di GTC Mall Makassar, Sulawesi Selatan, pada 5 hingga 7 Juli 2024.

Lima tim yang juara itu adalah Flying Wheel dari KU-12 Mix. Mereka juara usai kalahkan Skyflash di final dengan skor 17-14.

Kemudian dari KU-15 Putra sebagai juara adalah Old School Black usai kalahkan partai Hemat dengan kedudukan 21-16 di partai final. Lalu di kategori KU-18 putra, Bocah Sahabat menjadi juara setelah atasi perlawanan Old School Jr dengan skor 21-13.

Selanjutnya di kategori KU-23 putri, Tim Power Ranger jadi yang terbaik usai kalahkan Hopers 15-13. Adapun kategori KU-23 putra, Sambakki Putih juara setelah tundukkan Barakka 22-18.

Mandiri 3X3 Indonesia Tournament ini terselenggara atas kerja sama PT Supersport Sensation (PT SSS) International dengan PP PERBASI dan didukung Bank Mandiri Tbk. Kegiatan 2024 ini adalah pelaksanaan tahun ketiga.

Di tahun ketiga ini ada inovasi dengan melaksanakan turnamen yang sebelumnya adanya di Jawa kini melebar ke luar Jawa. Sebelum ke Sulawesi Selatan (Sulsel) dengan pelaksanaan di Makassar, Mandiri 3X3 Indonesia Tournament juga singgah ke Medan, Sumatera Utara yang Play-In Tournament berlangsung pada 27-28 April dan Grand Final pada 1 Mei 2024.

Baca Juga :   Kontingen Indonesia Juara Umum AUG ke-21 2024, Raih 296 Medali, Malaysia Hanya Posisi Ketiga

Direktur Utama PT SSS International Azwan Karim mengapresiasi semangat para atlet yang bersaing di Mandiri 3X3 Indoneesia Tournament (Mandiri 3X3 IT) di Makassar. Mereka tak kenal lelah untuk menunjukkan kemampuannya dalam ajang yang menjadi panggung anak muda mencari supremasi tertinggi di kategori Basket 3X3.

“Mandiri 3X3 IT ini memang bukan sembarang turnamen karena atlet yang bersaing di sini merupakan pebasket yang tercatat di peringkat dunia perorangan FIBA 3X3. Bahkan mereka ada di top 100 Play.fiba3x3.com,” terang Azwan.

“Selain menambah jam terbang bagi para pemain muda, ajang ini juga kami sediakan untuk PP PERBASI dalam mencari bakat dalam membangun kekuatan Basket 3X3 di masa depan. Jadi kami ucapkan terima kasih kepada semua atlet dan pihak-pihak yang sukseskan pelaksanaan Mandiri 3X3 IT di Makassar ini,” jelas Azwan.

Sekjen PP PERBASI Nirmala Dewi berterima kasih kepada PT SSS International selaku penyelenggara dan Bank Mandiri Tbk, sebagai sponsor utama kegiatan Mandiri 3X3 Indonesia Tournament. Nirmala mengakui bahwa mengembangkan dunia bola basket tidak bisa dilakukan sendiri oleh federasi.

Keterlibatan pihak swasta dan perusahaan-perusahaan memiliki peran penting dalam pengembangan dunia Bolabasket Indonesia. Terutama dalam menumbuhkembangkan Basket 3X3.

Mengingat, Basket 3X3 Indonesia juga sudah menunjukkan eksistensinya. Di SEA Games 2019, Basket 3X3 Putra sukses meraih medali perak. Kemudian di FIBA Asia Cup 2022, Timnas Basket 3X3 Putri menempati peringkat ketiga Asia dalam FIBA 3×3 Asia Cup 2022 di Singapura.

Baca Juga :   Laga Tunda Sriwijaya FC Tetap Digelar di Stadion Teladan

Lalu di SEA Games Hanoi 2021, Timnas Basket 3X3 Putri amankan medali perunggu. Catatan yang sama juga digoreskan Timnas Basket 3X3 Putri ketika SEA Games 2023 Kamboja.

Terakhir, prestasi membanggakan dibukukan Timnas Basket 3X3 Putri dengan meraih medali emas di ASEAN University Games 2024 Surabaya-Malang.

“Untuk menjaga eksistensi Basket 3X3 Indonesia, dibutuhkan regenerasi yang berjenjang agar prestasi bisa berkesinambungan. Peran Mandiri 3X3 Indonesia Tournament penting dalam sukseskan program regenerasi yang digaungkan PP PERBASI,” jelas Nirmala.

Usai pelaksanaan di Medan dan Makasaar, Penanggung Jawab Mandiri 3X3 Indonesia Tournament Chaerul Anwar Azis mengatakan bahwa pelaksanaan ajang ini akan berlanjut di Regional Jawa. Pelaksanaan mencari yang terbaik di Regional Jawa akan dilaksanakan pada bulan depan.

“Regional Jawa berlangsung dengan Play-in Tournament di Banten, Bandung, Solo, dan Surabaya. Kemudian Grand Final Regional Jawa akan difokuskan di DKI Jakarta,” jelas Buyo, sapaan karib Chaerul Amwar Azis. (*)

REGIONAL JAWA
Banten 3 Agustus 2024
Bandung 4 Agustus 2024
Solo 10 Agustus 2024
Surabaya 11 Agustus 2024

Grand Final Regional
DKI Jakarta 18 agustus 2024

Iklan OKI

About Redaksi Viral Sumsel

Check Also

Kadispora Palembang H. Edison, S.sos, M.Si Saat Berikan Sambutan di Kejuaraan Sepak Bola Usia 15 Tahun bertempat Stadion Kamboja Palembang. Foto : Nto

Guna Cetak Bibit Atlet Profesional Kadispora Palembang Gelar Kejuaraan Sepak Bola U-15

Viralsumsel.com, Palembang – Guna mencetak bibit atlet sepak bola handal Dinas Pemuda dan Olahraga Kota …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *