Iklan Palembang Kota
Ilustrasi penumpang di Bandara Sultah Mahmud Badaruddin II Palembang. Foto : net
Ilustrasi penumpang di Bandara Sultah Mahmud Badaruddin II Palembang. Foto : net

Mudik Berlaku, PT Angkasa Pura II Siapkan 300 Personil

viralsumsel.com, PALEMBANG – PT Angkasa Pura II Kantor Cabang Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II melakukan persiapan guna mendukung kelancaran Angkutan Lebaran 2022.

Periode Angkutan Lebaran di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II direncanakan selama 22 hari yakni pada 22 April – 13 Mei 2022.

Executive General Manager Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II KRAT, Tommy Ariesdianto mengatakan periode Angkutan Lebaran menjadi perhatian penuh pengelola bandara dan stakeholder.

“Lalu lintas penerbangan diperkirakan meningkat karena antusias masyarakat untuk mudik sehingga diperlukan fokus yang lebih dari seluruh stakeholder guna menjaga standar layanan, keamanan dan keselamatan.

Angkasa Pura II fokus pada penataan 3 aspek, yang saat ini sudah mulai dilakukan, yakni aspek personel bandara, operasional bandara dan sistem penerbangan,” ujarnya, Rabu (6/4/2022).

Ia menjelaskan penataan personel bandara termasuk penugasan, waktu kerja, serta berbagai informasi lainnya dapat mudah dan cepat dilakukan melalui aplikasi internal iPerform.

Pada Angkutan Lebaran 2022, Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II menyiagakan sekitar 300 personel yang bertugas sebagai Airport Rescue & Fire Fighting, Apron Movement Control, Aviation Security, BKO TNI & Polri, Customer Service, Terminal Inspection Services, Airport Operation Control, Medical Service dan lain sebagainya.

Baca Juga :   Emak-Emak di Muba Bisa Belanja Sayur Online, Kerjasama dengan Ojol Sekayu Lewat Aplikasi B'lanje

Penataan operasional Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II dilakukan melalui Airport Operation Control Center (AOCC) yang didukung perangkat digital terkini.

“Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II dilengkapi dengan infrastruktur digital sehingga dapat cepat beradaptasi dengan situasi terkini di tengah pandemi. Ketika lalu lintas penerbangan meningkat, kami bisa secara cepat melakukan berbagai persiapan,” ungkap dia.

Tommy mengungkapkan jumlah pergerakan pesawat dan penumpang pada Angkutan Lebaran 2022 ini akan meningkat dibandingkan hari-hari biasa, tetapi diperkirakan masih lebih rendah dibandingkan dengan periode Angkutan Lebaran dalam kondisi normal yakni pada 2018 dan 2019.

“Kami tetap fokus memastikan semuanya berjalan lancar,” jelasnya.

Executive General Manager Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II KRAT. Tommy Ariesdianto mengatakan perseroan juga mempersiapkan Posko Angkutan Lebaran 2022 di seluruh bandara.

“Posko Angkutan Lebaran dibuka pada 22 April – 13 Mei 2022 sebagai wadah koordinasi seluruh stakeholder bandara antara lain Satgas COVID-19, Otoritas Bandara, AP II selaku operator bandara, maskapai, Karantina, Imigrasi, Bea dan Cukai, TNI, Polri, serta pemerintah daerah setempat. Personel akan memastikan penerapan persyaratan penerbangan bagi calon penumpang,” ujar Tommy.

Adapun Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II saat ini juga telah menerapkan persyaratan penerbangan sesuai Surat Edaran Nomor SE 36 Tahun 2022 yang berlaku mulai 5 April 2022, di mana persyaratan tersebut antara lain:

Baca Juga :   Pandemi Juga “Hantam” Jasa Pembuatan Plat di Palembang

– Pelaku Perjalanan Dalam Negeri (PPDN) yang divaksinasi dosis ketiga atau booster, tidak wajib menunjukan hasil negatif tes RT-PCR atau rapid test antigen.

Kemudian PPDN yang divaksinasi dosis kedua, wajib menunjukkan hasil negatif rapid test antigen, yang sampelnya diambil dalam kurun waktu 1 x 24 jam atau hasil negatif tes RT-PCR, yang sampelnya diambil dalam kurun waktu 3 x 24 jam sebelum keberangkatan.

Lalu yang terakhir adalah PPDN yang divaksinasi dosis pertama, wajib menunjukan hasil negatif tes RT-PCR, yang sampelnya diambil dalam kurun waktu 3 x 24 jam sebelum keberangkatan.

Guna mendukung penerapan persyaratan penerbangan sesuai SE 36/2022, PT Angkasa Pura II Kantor Cabang Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II berkoordinasi dengan KKP Kemenkes dan pihak lain seperti maskapai secara bertahap akan membuka sentra vaksinasi booster bagi calon penumpang pesawat Angkutan Lebaran.

“Kami akan semaksimal mungkin memberikan layanan terbaik kepada para penumpang. Kegiatan mudik ini sendiri sempat tertunda selama dua tahun terakhir ini. Makanya pihak kami akan memberikan kesan terbaik bagi para penumpang mudik lebaran nanti,” Ungkapannya. (ril)

About Redaksi Viral Sumsel

Check Also

KPPKN menggelar Halal Bi Halal di Sekretariat KPPKN di Belakang Masjid Cheng Ho Palembang, Sabtu (21/5/2022) sore. FOTO : viralsumsel.com/ril

KPPKN Gelar Halal Bi Halal, SMB IV Minta KPPKN Lakukan Penguatan Internal  Agar Solid dan Bersatu

viralsumsel.com, PALEMBANG – Komunitas  Pedagang  dan Pencinta Kuliner Nusantara (KPPKN) menggelar Halal Bi Halal di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *