Palembang Muslim Event 2021 Sukses Digelar, Bermuamalah dengan Amanah

VIRALSUMSEL.COM, PALEMBANG – Pandemi Covid-19 melumpuhkan berbagai sektor industri termasuk dunia fashion yang berbasis Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Sebagai bentuk dukungan bagi pelaku UMKM fashion muslimah, Opi Mall dan komunitas-komunitas di Palembang menggelar, Palembang Muslimah Event (PME).

Acara tersebut diselenggarakan di OPI Mall Jakabaring pada Kamis-Ahad, 24-28 Maret 2021. Event ini telah menjadi pagelaran muslim pertama di kota Palembang  yang berkolaborasi dengan lebih dari 15 UMKM serta pegiat industri.

Riko Bisma Diana Putra selaku Ketua Pelaksana mengatakan rasa senangnya karena dapat menyelenggarakan event ini atas masukan dari kawan-kawan UMKM dan komunitas yang ada di Kota Palembang.

“Alhamdulillah kita bisa melaksanakan event ini berkat kerjasama dengan OPI Mall dan juga berkat masukan dari teman-teman UMKM dan Komunitas yang ada di Kota Palembang untuk mengadakan event yang mengedukasi, yaitu seperti Talkshow, workshop dan sebagainya”. Ujar Riko dengan sumringah.

Event yang berskala kota Palembang ini ternyata sampai ke telinga salah satu UMKM di Bandung yang cukup membuat terkejut karena ada salah satu UMKM yang hadir menjadi peserta.

“Untuk peserta tenant diantaranya fashion muslim, sekolah islam terpadu, dan wedding organizer. Dan yang membuat terkejut adalah adanya salah satu UMKM dari kota Bandung, kan event ini skalanya kota Palembang tetapi ada satu UMKM yang terniat untuk hadir yaitu UMKM Qowi dari Bandung yang menyediakan barang berupa tas-tas yang harganya lumayan terjangkau dengan kualitas yang meyakinkan, stand Qowi berada di sebelah pojok kanan dari pintu masuk OPI Mall” tambahnya.

Baca Juga :   Merasa Dekat, Heri Amalindo Calon Bupati Pertama Kembalikan Formulir Demokrat PALI

Karena dilaksanakan masih dalam masa pandemi membuat sedikit kendala bagi panitia dalam mengurus perizinan.

“Kendala dalam menyelenggarakan event ini yang pertama adalah masalah perizinan yang sangat penting karena masih dalam masa pandemi, dan harus benar-benar jelas apa yang akan diselenggarakan dan apa tujuan kita, yang pastinya acara ini tetap ditekankan untuk mematuhi protokol kesehatan yaitu Memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak (3M),

terutama para pengunjung venue karena acara ini diselenggarakan di mall yang pengunjungnya banyak dan tidak semuanya merupakan pengunjung venue, maka dari itu kami memberikan panitia sendiri diluar security mall disetiap pintu masuk, jadi kami membatasi diarea venue itu hanya sebatas 50-70 orang, bisa dilihat kondisi disaat acara seperti apa, jadi kami sangat menekankan penerapan protokol kesehatan, apalagi kalau weekend yang tidak ada acara pun pengunjung mall tetap ramai” tegas pria yang sangat mudah senyum tersebut.

Ia berharap PME yang merupakan event yang pertama kalinya dilaksanakan di Palembang ini dapat terus menerus dilaksanakan pada tahun-tahun berikutnya.

Baca Juga :   Bawang Merah, Telepon Seluler, Daging Ayam Sumbang Inflasi di Palembang dan Lubuklinggau

“PME ini pertama kalinya diselenggarakan di Palembang dan Insya Allah akan terus dilaksanakan pada tahun-tahun berikutnya, dan harapan kami kedepannya PME bisa menjadi agenda tahunan kota Palembang maupun Sumatera Selatan,

dan semoga saja dapat kita selenggarakan dalam skala Nasional, dan pastinya PME 2021 dengan tema bermualah dengan amanah ini dapat memotivasi para pedagang untuk lebih pintar dalam bermuamalah yaitu secara bisnis maupun pintar secara syariat, agar dagangan mereka itu berkah, karena dengan itu yang mereka dapat adalah halalal, pahala dan tentunya syurga” tutup Riko.

Sedangkan menurut Fauziah salah satu peserta Talkshow mengatakan acara ini sungguh bagus karena banyak ilmu yang didapat.

“Acara ini masyaallah sungguh bagus, karena memperkenalkan produk-produk lokal yang ada di Sumatera selatan ke khalayak, memajukan UMKM-UMKM yang lokal yang ada di Sumatera Selatan, acara ini juga bisa menambah wawasan kita mengenai hukum muamalah, halal dan haramnya, agar kita memiliki ilmu dalam bermuamalah, dan bisa menambah wawasan, ilmu dan juga pengalaman.

Serta kita juga dapat mengetahui mengenai uang online seperti shopee pay dll. yang harus digunakan dengan lebih berhati-hati” ungkap Fauziah saat diwawancarai di Atrium OPI Mall Palembang. (glm)

About Edi Triono

Avatar

Check Also

Presiden Sriwijaya FC H Hendri Zainuddin bersama YouTuber Atta Halilintar. FOTO : MO SFC

Harus Satu Matahari, Serahkan Pengelolaan Sriwijaya FC pada Atta Halilintar

VIRALSUMSEL.COM, PALEMBANG – Sejumlah fakta menarik terjadi dalam pembicaraan antara manajemen Sriwijaya FC dengan YouTuber …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *