Pelatihan Pembuatan Kemplang bagi warga Ogan Komering Ilir (OKI) Sumatera Selatan. Istimewa

Pelatihan Pembuatan Kemplang Jadi Peluang Usaha Warga OKI

Viralsumsel.com, OKI — Sukarelawan Crivisaya Ganjar yang terdiri dari Generasi Alumni Muda Universitas Sriwijaya (Unsri) dan Universitas Lampung (Unila) menggelar pelatihan cara membuat kemplang kepada warga di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI).

Kegiatan itu berlangsung di Kelurahan Kayuagung, Kecamatan Kayuagung, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Provinsi Sumatra Selatan pada Rabu (27/9/2023).

Koordinator Wilayah Crivisaya Palembang Sri Agria mengatakan, melalui pelatihan pembuatan kemplang itu diharapkan warga bisa menjadikannya sebagai ide peluang usaha untuk meningkatkan perekonomian keluarga.

“Kegiatan kami hari ini adalah pembuatan kemplang. Harapan kami agar banyaknya UMKM itu lebih maju membangunkan sektor perekonomian warga serta memperluas perkembangan UMKM itu sendiri,” ujar Sri.

“Untuk mendorong perekonomian terutama di daerah-daerah contohnya di Kayuagung itu sendiri,” lanjut dia.

Sri menjelaskan, kegiatan ini tercetus saat Crivisaya Ganjar melihat potensi sumber daya alam (SDA) yang ada di wilayah tersebut.

Baca Juga :   Horison Suites & Residence Iswara: Hotel dengan konsep Urban Lifestyle pertama di Kota Bekasi

Diketahui, di wilayah Kayuagung terdapat banyak sungai sehingga hasil perikanannya sangat melimpah. Ikan inilah yang kemudian diolah menjadi suatu produk bernilai daya jual tinggi yaitu kemplang.

Adapun kemplang merupakan makanan khas Sumsel berupa kerupuk yang terbuat dari olahan ikan dicampur tepung sagu yang kemudian digoreng atau dipanggang.

Menurut Sri, kemplang merupakan salah satu makanan khas dan makanan favorit warga Palembang selain pempek. Biasanya, ini yang menjadi buah tangan atau oleh-oleh jika ada warga luar datang ke Palembang.

“Agar masyarakat bisa tahu bagaimana prosesnya tidak hanya menikmatinya saja. Kami berharap kemplang ini bukan cuma hanya terkenal di daerah Palembang saja tetapi juga di nasional seperti kota-kota lainnya,” kata Sri.

Pelatihan yang dihelat Crivisaya Ganjar dinilai sangat bermanfaat oleh warga. Hal itu diungkapkan Ketua RT 02 RW 02 Kelurahan Kayuagung, Ishak Nafis.

Baca Juga :   VRITIMES, 3titik.com, dan Penanusantara.id Mengumumkan Kemitraan Media Strategis untuk Memperkuat Jurnalisme Digital di Indonesia

“Ini sangat bermanfaat sekali untuk mengurangi pengangguran dan menambah pendapatan warga Kayuagung,” ucap Ishak.

Kegiatan yang juga sebagai sosialisasi sosok Ganjar Pranowo calon presiden 2024 itu pun mendapatkan sambutan hangat dari para peserta. Warga menilai Ganjar merupakan sosok pemimpin yang sangat merakyat dan mampu berbaur dengan seluruh kalangan masyarakat termasuk rakyat kecil.

“Beliau orangnya sangat ramah terutama kepada masyarakat kecil, khususnya selama di Jawa Tengah sangat ramah kepada masyarakat kecil,” ungkap Ishak.

“Yang jelas kami berharap untuk penerus kepresidenan untuk 2024 ini mudah-mudahan Pak Ganjar Pranowo yang untuk menjadi penerus bangsa ini,” lanjut dia.

Dalam kegiatan itu, peserta dilibatkan langsung dalam proses pelatihan cara membuat kemplang dari awal hingga akhir. Setelahnya, mereka dapat menikmati bersama hasil masakan kemplang yang mereka buat tersebut.

Iklan OKI

About Redaksi Viral Sumsel

Check Also

Mengembangkan Kemampuan Siswa SMP KASIH BAGI BANGSA Melalui Seminar Public Speaking dan Keseruan Bersama PRONAS dengan Coach Priska Sahanaya. Foto: viralsumsel.com

Mengembangkan Kemampuan Siswa SMP KASIH BAGI BANGSA Melalui Seminar Public Speaking dan Keseruan Bersama PRONAS dengan Coach Priska Sahanaya

viralsumsel.com, Jakarta – Mengapa Public Speaking Penting di Era Digital? Di era modern yang serba …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *