Iklan Pemprov Sumsel
Pemerintah Kabupaten Lahat, bersama Badan Informasi Geospasial mengadakan rapat Koordinasi Forum Penguatan Aplikasi Simpul Jaringan melalui Zoom Meeting, Selasa (27/7/2021). Foto : viralsumsel.com/oki
Pemerintah Kabupaten Lahat, bersama Badan Informasi Geospasial mengadakan rapat Koordinasi Forum Penguatan Aplikasi Simpul Jaringan melalui Zoom Meeting, Selasa (27/7/2021). Foto : viralsumsel.com/oki

Pemerintah Lahat Berkomitmen Gunakan Informasi Geospasial Sebagai Acuan Data Pembangunan

VIRALSUMSEL.COM, LAHAT – Dalam upaya untuk mewujudkan perencanaan pelaksanaan dan pengendalian pembangunan daerah yang berintegrasi mengacu pada referensi geopasial satu basis data dan satu geoportal.

Pemerintah Kabupaten Lahat, bersama Badan Informasi Geospasial mengadakan rapat Koordinasi Forum Penguatan Aplikasi Simpul Jaringan melalui Zoom Meeting, Selasa (27/7/2021) di Operation Room Pemkab Lahat.

Dalam paparannya Bernard Sumaryono, yang merupakan perwakilan dari Badan Informasi Geospasial Pusat (BIG) menyampaikan BIG memiliki kewajiban untuk membina pembentukan dan pengolahan Simpul Jaringan di Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah sebagai sarana pembuatan dan penyebarluasan Informasi Geospasial.

“Dalam hal ini kita sangat bersemangat untuk mensosialisasikan dan membina seluruh simpul jaringan untuk kita akan menggandeng universitas terbaik yang ada di provinsi terdekat,” ujar Bernard Sumaryono.

Baca Juga :   Butuh Rp 11 M, OKU Timur Bakal Gelar Pilkades Serentak di 223 Desa

Sebagaimana diketahui saat ini kebijakan Pemerintah Pusat mengarusutamakan informasi Geospasial. Dirinya mengajak agar data-data yang sudah dikumpulkan, bisa didistribusikan dengan baik sehingga menjadi sarana dan solusi terhadap kendala-kendala yang dihadapi.

Di tempat yang sama Bupati Lahat H Cik Ujang SH, yang pada kesempatan ini di wakil Bupati Lahat H. Haryanto, SE, MBA, mengatakan melalui kebijakan satu peta ini pemerintah Kabupaten Lahat berkomitmen untuk menggunakan informasi Geospasial sebagai acuan data dalam menyusun rencana pembangunan.

Dimana efektivitas informasi geospasial sangat penting apabila data disuatu wilayah tidak lengkap dan tidak standar selain terjadi tumpang tindih dan perebutan lahan. “Data yang tidak akurat juga berpotensi membentuk data data yang seharusnya tidak di perlukan”, tukasnya.

Baca Juga :   Flashback : Berbagi Gelar Juara dengan Persipura, Ini Skuat Sriwijaya FC 2008/2009

Wakil Bupati berharap dengan telah dilaksanakannya forum data jaringan informasi geospasial daerah Kabupaten, Lahat tahun 2021 ini dapat mewujudkan terciptanya informasi geospasial dari berbagai sektor untuk Mendukung terwujudnya perencanaan pembangunan yang terarah, terukur, dan akuntabel.

Turut hadir dalam rapat tersebut Wakil Bupati Lahat, H Haryanto, SE, MBA, Sekda Lahat, Drs H, Deswan Irsyad, Mpdi, Kepada Bappeda, Feriyansyah Eka Putra, ST, MT, Kepala Dinas Kesehatan, Taufik M Putra, SKM, Mkes, Kepala Dinas Pertanian, Eti Listiana, SP, MM, Bernard Sumaryono, dari Badan Informasi Geospasial, dan Perwakilan dari Universitas Sriwijaya. (oki)

About Redaksi Viral Sumsel

Check Also

Mawardi Yahya Motivasi Guru-Guru se Sumsel 

  VIRALSUMSEL.COM, PALEMBANG – Wakil Gubernur Sumsel H. Mawardi Yahya menghadiri peringatan HUT PGRI ke-76 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *