Banner Iklan Pemkab Muba September
Pemuda Nusantara Gelar Pelatihan Budidaya Ikan Lele di Palembang. Istimewa

Pemuda Mahasiswa Nusantara Ajak Milenial Budi Daya Ikan Lele

Viralsumsel.com, PALEMBANG — Sukarelawan Ganjar Pranowo yang tergabung dalam Pemuda Mahasiswa Nusantara (PMN) Sumatera Selatan menggelar pelatihan budi daya ikan lele di jalan Utama, Kelurahan Demang Lebar Daun, Kecamatan Ilir Barat, Kota Palembang, Rabu (17/08/2023).

Pelatihan tersebut dilaksanakan sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan pangan yang berkualitas, sekaligus menciptakan lapangan pekerjaan.

Koordinator PMN Sumatera Selatan, Sabili mengungkapkan, kegiatan yang diinisiasi oleh para mahasiswa PMN Sumatera Selatan itu bertujuan untuk mmendorong para pemuda berperan aktif dalam meningkatkan produksi budi daya ikan lele.

“Pelatihan budi daya ikan Lele ini menyadarkan dan mengajak rekan rekan bahwa untuk menimbulkan jiwa enterpreneur bisa dari hal yang mudah dikerjakan seperti budi daya ikan lele,” ungkap Sabili dalam siaran persnya, Selasa.

Dalam kegiatan tersebut, sukarelawan PMN menghadirkan pembicara profesional di bidangnya untuk memberikan materi cara pemudidayaan ikan lele.

Para peserta diberikan bekal cara merawat ikan lele mulai dari makan untuk konsumsi hingga cara menjualnya.

Baca Juga :   Kakanwil Kemenag Sumsel Sayangkan Video Viral Prank Pembagian Bungkusan Daging Kurban Berisi Sampah di Palembang

“Kami hadirkan pemateri yang benar benar kompeten di bidangnya agar memberikan setidaknya pengetahuan dasar untuk pemuda-pemuda dan mahasiswa di Sumatera Selatan mampu membuat konsep mandiri pangan tersediri baik untuk di makan secara pribadi maupun cara menjualnya,” jelas Sabili.

Dia menjelaskan pelatihan tersebut sangat bermanfaat dan bisa menjadi ladang bisnis jika dikerjakan secara rutin.

“Jika dikerjakan secara serius teman-teman pemuda bisa meraih keuntungan apalagi tingkat konsumsi ikan lele di Sumatera Selatan cukup tinggi, kerjakan secara serius belajar bisa otodidak, panduan khusus, maupun seperti seminar diskusi seperti ini,” ungkap dia.

Di sela kegiatan pelatihan tersebut, Sabili juga memperkenalkan sosok Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (Capres) 2024 kepada para peserta yang hadir.

Alifatul Rosyid salah satu peserta mengucapkan terima kasih kepada sukarelawan PMN mengadakan kegiatan seperti ini. Dia menyebut kegiatan ini sejalan dengan keinginnanya yang ingin membuat usaha lele.

Baca Juga :   HD: Forkopimda Sumsel Sepakat Sholat Idul Fitri 1441 Hijriyah Di Rumah

“Kebetulan saya memang ada rencana membuat ternak budi daya ikan lele, ini sangat bermanfaat semoga PMN bisa selalu hadir untuk temen temen pemuda seperti kami,” kata Alifatul.

Sementara itu, Edi selaku petani ikan lele mengungkapkan pihaknya sangat senang melihat pemuda ikut terlibat dalam pelatihan tersebut.

Dia melihat kegiatan tersebut sangat antusiasme yang tinggi dalam pelatihan tersebut,, apalagi pemateri juga menyediakan diskusi yang banyak tidak ketahui.

“Dalam diskusi yang disampaikan pemateri akhirnya terjawab cara budi daya yang baik dan benar,” kata dia.

Selain itu, sukarelawan juga memberikan bantuan bibit ikan lele konsumsi sebanyak 2.000 ekor kepada warga sekitar. Relawan PMN berharap bibit ikan tersebut bisa menjadi peternak lele andal, menggunakan pengetahuan digital untuk meningkatkan market produknya guna menjawab tantangan zaman.

Iklan OKI

Check Also

TP PKK Muba Lakukan Pembinaan Ke 15 Kecamatan Secara Maraton. Foto : viralsumsel.com/dev

TP PKK Muba Lakukan Pembinaan Ke 15 Kecamatan Secara Maraton

viralsumsel.com, MUBA – Tim Penggerak PKK Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) secara maraton melakukan pembinaan pada …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *