Banner Iklan Diskominfo OKI Ramadan 2024 Banner Iklan Pemkab Muba Maret 2024
Pengelolaan Anggaran Lebih Transparan, Empat OPD Palembang Jadi Percotohan Sosialisasikan Penggunaan KKPD. Foto : viralsumsel.com/nto
Pengelolaan Anggaran Lebih Transparan, Empat OPD Palembang Jadi Percotohan Sosialisasikan Penggunaan KKPD. Foto : viralsumsel.com/nto

Pengelolaan Anggaran Lebih Transparan, Empat OPD Palembang Jadi Percotohan Sosialisasikan Penggunaan KKPD

viralsumsel.com, PALEMBANG – Guna menyusun sistem perbendaharaan yang baik serta melakukan percepatan dan pengelolaan anggaran yang lebih transparan, empat Organisasi Perangkat Daerah (OPD) kota Palembang menjadi sebuah percotohan dalam mensosialisasikan penggunaan Kartu Kredit Pemerintah Daerah (KKPD).

Menurut Penjabat (Pj) Walikota Palembang, Ratu Dewa KKPD merupakan amanat dari Pemerintah Pusat melalui Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 79 Tahun 2022 Tentang Petunjuk Teknis Penggunaan Kartu Kredit Pemerintah Daerah dalam Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah.

“Penggunaan KKPD ini akan dilaksanakan secara bertahap pada 4 perangkat daerah terlebih dahulu sebagai pilot project antara lain Inspektorat Kota Palembang, BPKAD, Dinas Kesehatan dan Kecamatan Kalidoni dan akan dilakukan evaluasi lebih lanjut dan selanjutnya akan diterapkan keseluruh Satuan Kerja Pemerintah Kota Palembang, kami berharap penerapan fungsinya akan maksimal baik dari sistem SIPD RI, Bank Sumsel Babel maupun dukungan layanan penyediaBarang/jasa,” katanya, Jumat (15/03/2024).

Baca Juga :   Eksekutif - Legislatif Setujui Jadwal Pembahasan LKPJ TA 2023

Lanjutnya, hal ini telah menjadi urgensi, terutama dalam mendukung tata kelola keuangan daerah yang efektif dan efisien guna mendorong transparansi dan percepatan transaksi Pemerintah Daerah sebagai wujud pelaksanaan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

“Tentu penguatan teknologi digital di Pemerintah Kota Palembang membutuhkan peranaktif semua pihak, proses digitalisasi dilakukan untuk terus menjaga dan mengawal inovasi digitalisasi transaksi keuangan Pemerintah Daerah sehingga dapat berimplikasi positif pada pelayanan kepada masyarakat melalauitran sparansi dana kuntabilitas pengelolaan keuangan daerah.

Penggunaan Kartu Kredit Pemerintah Daerah ini tentu akan memperkuat frameteknologi, kemajuan finansial teknologi di Pemerintah Kota Palembang, untuk itu saya berharap sosialisasi dan edukasi terhadap pemanfaatan transaksi non tunai semacam ini dapat dilakukan semaksimal mungkin,”jelasnya.

Baca Juga :   Gubernur Langsung Datangkan Pangan dan Alat Berat ke OKU Selatan dan OKU Timur

Kami mengharapkan kepada Bank Sumsel Babel selaku Bank penempatan RKUD untuk terus mendukung perluasan dan optimalisasi penggunaan KartuKredit Pemerintah Daerah (KKPD) melalui berbagai terobosan dan inovasi serta terus bersinergi dengan pemangku kepentingan lainnya.

“Pemerintah Kota Palembang juga telah menerbitkan Peraturan Walikota Palembang Nomor : 38 Tahun 2023 Tentang Tata Cara Penggunaan Kartu Kredit Pemerintah Daerah untuk Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah,” tutupnya. (nto)

Iklan OKI

Check Also

Sertijab, Apriyadi Siap Dukung Penuh Pj Bupati Muba Sandi Fahlepi. Foto : viralsumsel.com/dev

Sertijab, Apriyadi Siap Dukung Penuh Pj Bupati Muba Sandi Fahlepi

viralsumsel.com, MUBA – Penjabat Bupati Musi Banyuasin (Muba) periode 2022-2024, H Apriyadi Mahmud menyatakan siap …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *