Perusahaan Teknologi Hikvision Rayakan Hari Lingkungan Hidup dengan Tanam Mangrove di Pulau Pari

Viralsumsel.com, Jakarta – Perusahaan Teknologi Hikvision turut berkontribusi dalam merayakan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh pada 5 Juni 2024 dengan menanam 1.000 bibit mangrove di Pulau Pari, Kepulauan Seribu.

Penanaman mangrove ini adalah kolaborasi dengan LindungiHutan, platform kolaborasi untuk penghijauan Indonesia. Dengan penanaman mangrove di Pulau Pari tersebut, Hikvision menjadi satu dari 55 ribu mitra Sahabat Alam dengan titik penghijauan lebih dari 50 titik di seluruh Indonesia.

Berdasarkan penelitian The Center for International Forestry Research (CIFOR), hutan mangrove Indonesia disebut menyimpan lima kali karbon lebih banyak per hektar dibandingkan dengan hutan tropis dataran tinggi. Oleh karena itu, penanaman mangrove menjadi salah satu langkah strategis yang dapat dipilih pemangku kepentingan untuk mengurangi emisi karbon.

Selain menyerap karbon, hutan mangrove juga berperan mengembalikan keseimbangan makhluk hidup di pesisir. Hutan mangrove memiliki peran sebagai tempat hidup berbagai macam biota laut seperti ikan-ikan kecil untuk berlindung dan mencari makan. Selain binatang laut, bagi hutan mangrove yang ruang lingkupnya cukup besar sering terdapat jenis binatang darat di dalamnya seperti kera dan burung.

Aksi mengurangi emisi karbon dengan menanam mangrove ini ditempuh Hikvision untuk berkontribusi bagi lingkungan dan masyarakat. 

“Penanaman mangrove ini dihadiri oleh tim kami dari Hikvision. Hadir pula pemangku kepentingan dan mitra kami, yakni perwakilan dari Zhejiang Chamber of Commerce, China Unicorn, dan Shan Hai Map, dan lainnya. Mereka sangat antusias dan ikut bangga dapat menjadi bagian dari kontribusi untuk lingkungan hidup di Pulau Pari,” ungkap Country Manager Hikvision Indonesia, Michael Chen, yang ditemui di Jakarta, Rabu (05/06).

Baca Juga :   Herman Deru Apresiasi BNI Berkontribusi Memperindah  Jakabaring Sport City

Perusahaan teknologi yang juga mengembangkan AIoT atau penggabungan Artificial Intelligence (AI) dan Internet of Things (IoT) tersebut juga ingin penanaman pohon ini menjadi inspirasi bagi internal karyawan agar mendukung keberlanjutan. “Hikvision hadir untuk melayani masyarakat dan menciptakan dunia yang lebih baik bagi semua orang. Oleh karenanya, kami terus mengambil upaya konkret untuk mendorong pembangunan berkelanjutan. Kami juga ingin memotivasi karyawan untuk bahu-membahu berkontribusi bagi kesejahteraan masyarakat,” tambah Michael Chen.

Langkah ke depan, Hikvision mengaku akan mengintegrasikan tanggung jawab sosial perusahaan dengan filosofi pembangunan berkelanjutan. “Kedua upaya tersebut juga akan diformulasikan dengan inovasi teknologi, sehingga Hikvision dapat meraih reputasi sebagai perusahaan teknologi global yang disegani,” sebut Michael Chen.

Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Fokus pada Restorasi

Hari Lingkungan Hidup Sedunia (World Environment Day) diperingati tiap tahun dan digagas oleh UN Environment Program. Pada 2024 ini, pusat perayaan World Environment Day berlangsung di Saudi Arabia. Kampanye Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun ini berfokus pada restorasi lahan, penggurunan, dan ketahanan terhadap kekeringan dengan slogan “Tanah kami. Masa depan kita. Kami adalah #GenerationRestoration.”

Baca Juga :   Ratu Dewa Buka Sentra Pasar Ikan Hias di PIM Palembang

Pertama kali diadakan pada tahun 1973, Hari Lingkungan Hidup Sedunia merupakan platform untuk meningkatkan kesadaran mengenai isu-isu lingkungan seperti pencemaran laut, kelebihan populasi, pemanasan global, pembangunan berkelanjutan dan kejahatan terhadap satwa liar.

Kurang lebih,143 negara berpartisipasi pada Hari Lingkungan Hidup Sedunia setiap tahunnya. Selain keikutsertaan banyak pihak dari berbagai negara, Hari Lingkungan Hidup Sedunia juga memiliki satu tema dan berbagai forum bagi dunia usaha, organisasi non-pemerintah, komunitas, politisi, dan bintang untuk mengadvokasi masalah lingkungan.

Tentang LindungiHutan

LindungiHutan adalah start-up lingkungan yang berfokus pada aksi konservasi hutan dan pemberdayaan masyarakat sekitar hutan. Sebanyak 828 ribu pohon telah ditanam bersama 531 brand dan perusahaan. Kami menggandeng masyarakat lokal di 50 lokasi penanaman yang tersebar di Indonesia. Kami menghadirkan beberapa program seperti The Green CSR, Collaboratree dengan skema Product Bundling, Service Bundling dan Project Partner, serta program Carbon Offset.

Press Release ini juga sudah tayang di VRITIMES

Iklan OKI

Check Also

VRITIMES Meluncurkan Kemitraan Strategis dengan DLikNews.com dan WorldSiber.com untuk Memperkuat Jurnalisme Digital Global

Viralsumsel.com, Jakarta – VRITIMES, perusahaan teknologi media yang berbasis di Tokyo, dengan bangga mengumumkan kemitraan strategisnya …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *