Banner Iklan Diskominfo OKI Ramadan 2024 Banner Iklan Pemkab Muba Karhutla 2024
Pj Sekda Muba Musni Wijaya Hadiri Pelantikan Jabatan PPATS. Foto : viralsumsel.com/dev
Pj Sekda Muba Musni Wijaya Hadiri Pelantikan Jabatan PPATS. Foto : viralsumsel.com/dev

Pj Sekda Muba Musni Wijaya Hadiri Pelantikan Jabatan PPATS

viralsumsel.com, MUBA – Penjabat (Pj) Bupati Musi Banyuasin (Muba) H Apriyadi Mahmud diwakili Pj Sekretaris Daerah Kabupaten Muba H Musni Wijaya SSos MSi, menghadiri Pengangkatan Sumpah dan Pelantikan Jabatan Pejabat Pembuat Akta Tanah Sementara (PPATS) Daerah Kerja Kabupaten Muba, acara berlangsung di Auditorium Pemkab Muba, Rabu (24/1/2024).

Pj Sekda Muba menyampaikan, atas nama Pemkab Muba mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi Kantor Pertanahan Kabupaten Muba yang telah memberikan pelayanan pertanahan bagi masyarakat Kabupaten Muba. “Kami ucapkan selamat kepada para Camat yang dilantik pada hari ini, semoga dapat menjalankan tugasnya dengan baik dan amanah,” ucap Musni.

Musni juga menjelaskan, PPAT Sementara adalah pejabat pemerintah yang ditunjuk karena jabatannya untuk melaksanakan tugas PPAT dengan membuat akta PPAT di daerah yang belum cukup terdapat PPAT. Salah satu tujuan camat ditunjuk sebagai PPATS adalah merupakan bentuk dan cara pemerintah dalam rangka meningkatkan dan mendekatkan pelayanan terkait pengurus pembuatan akta tanah.

Baca Juga :   Ratu Dewa Sentil OPD Gara-gara Belum Pasang Umbul-umbul Sambut 17 Agustus

“Sumpah janji dan pelantikan sebagai PPATS merupakan syarat yang harus dipenuhi sebelum Camat melaksanakan tugasnya. Secara administrasi dan hukum telah sah, maka kewenangan untuk menerbitkan akta yang berhubungan dengan peralihan dan pemindahan hak atas tanah sudah dapat dilaksanakan.

Untuk itu, saya tegaskan sebagai PPATS harus berpegang teguh pada pancasila dan undang – undang dasar 1945 serta setia terhadap negara dan pemerintah, khususnya yang menyangkut pelayanan kepada masyarakat dalam pembuatan akta tanah,” pungkasnya.

Lanjut Musni, para PPATS yang dilantik agar menjalankan jabatan ini dengan jujur, tertib, cermat, memiliki rasa tanggung jawab, dan memiliki sikap tidak memihak serta tetap menjaga martabat sebagai PPATS.

Baca Juga :   Ratu Dewa Tutup Festival Sungai Sekanak Lambidaro 

Delapan PPATS dilantik langsung oleh Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Muba Ahmad Aminullah SH MKn, Delapan Camat yang dimaksud yakni PPATS Babat Supat Debby Heryanto SSTP MSi, PPATS Lalan Jami’an, SPd MSi, PPATS Lais Masropi SKM MM, PPATS Plakat Tinggi Muardi SPd MM, PPATS Jirak Jaya Andi Suharto SSTP MSi, PPATS Keluang Yugo Falintino SSTP MSi, PPATS Tungkal Jaya Yudi Suhendra SE MSi, dan PPATS Babat Toman Heru Kharisma SIP MSi.

Pada kesempatan yang sama, Pj Sekda Muba menyaksikan penyerahan hasil kegiatan fisik Sertipikat Tanah Hak Pakai Atas Nama Pemkab Muba sebanyak 156 Sertipikat dalam keadaan baik dan cukup, ditandai dengan penandatanganan berita acara oleh Kepala Bidang Pengelolaan Aset Daerah BPKAD Muba dan Kepala Kantor Pertanahan Muba. (dev)

Iklan OKI

Check Also

Mahasiswa Universitas Serasan Angkatan II Adakan Edukasi Pernikahan Dini di SMPN 06 Muara enim tahun 2024 di Desa Harapan Jaya Kecamatan Muara Enim. Foto : viralsumsel.com/rosyid

Edukasi Pernikahan Dini di Smp Negeri 6 Muara Enim Desa Harapan Jaya Kecamatan Muara Enim

ViralSumsel.com, Muara Enim – Mahasiswa Universitas Serasan Angkatan II Adakan Edukasi Pernikahan Dini di SMPN …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *