Banner Iklan Pemprov Sumsel GSMP
Rekor Muri Pengecekan Gula Darah kepada 15.000 orang warga Sumatra Selatan (Sumsel). Istimewa

Rekor Muri, BBLK Palembang Gelar Pengecekan Gula Darah Pada 15.000 Warga Sumsel

Viralsumsel.com, PALEMBANG — Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Palembang menggelar pengecekan  gula darah kepada 15.000 warga di 17 kabupaten/kota Sumatra Selatan dalam rangka memperingati hari jadi ke-50 tahun, sekaligus memecahkan Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI).

Kepala BBLK Palembang Muhammad Budi Hidayat mengatakan kegiatan tersebut dilakukan secara serentak di 17 kabupaten di Sumsel yang menyebar sebanyak 100 pos pemeriksaan dengan melibatkan 500 orang petugas dan mulai dari pukul 07.00-11.00 WIB.

Menurutnya, kegiatan itu juga untuk mengetahui dan mengurangi faktor resiko dari penyakit diabetes melitus (DM) yang diperkirakan jumlah penderitanya di Sumsel meningkat.

“Faktor yang menyebabkan DM ini adalah pola hidup yang kurang sehat serta kurang teredukasinya masyarakat tentang penyakit tersebut, dengan adanya kegiatan ini masyarakat dapat lebih teredukasi,” bebernya.

Baca Juga :   Mawardi Yahya Ajak Pertahankan Budaya dan Bahasa Dalam Kehidupan Sehari-hari 

Di lain sisi,  Dirjen Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI Maria Endang Sumiwi mengatakan jumlah penderita DM di Indonesia mencapai 13 persen dari total penduduk.

Oleh karena itu, kegiatan tersebut bertujuan untuk mengendalikan jumlah penderita DM dan juga membangun momentum kesadaran masyarakat bahwa pemeriksaan gula ada sedini mungkin itu dapat mencegah sehingga tidak terjadinya komplikasi.

“Masyarakat harus rutin melakukan pemeriksaan gula darah sedini mungkin sebelum timbulnya gejala dari penyakit tersebut sehingga tidak terjadinya komplikasi,” pungkasnya.

Iklan OKI

Check Also

Warga Muba Terima Pelatihan Cara Pembibitan Sawit Unggul

Viralsumsel.com, MUSI BANYUASIN —  Wong Kito Dewe sebagai sukarelawan pendukung Ganjar Pranowo yang berbasis di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *