Mahasiswa KKN Universitas Serasan Angkatan II Tahun 2024 mengajak masayarakat revitalisasi saluran drainase dusun III Desa Pinang Belarik Kecamatan Ujanmas. Foto : viralsumsel.com/rosyid
Mahasiswa KKN Universitas Serasan Angkatan II Tahun 2024 mengajak masayarakat revitalisasi saluran drainase dusun III Desa Pinang Belarik Kecamatan Ujanmas. Foto : viralsumsel.com/rosyid

REVITALISASI SALURAN DRAINASE DUSUN III DESA PINANG BELARIK KECAMATAN UJAN MAS

ViralSumsel.com, Muara Enim – Mahasiswa KKN Universitas Serasan Angkatan II Tahun 2024 mengajak masayarakat revitalisasi saluran drainase dusun III Desa Pinang Belarik Kecamatan Ujanmas.

M. Aziz Jr Mahasiswa KKN Universitas Serasan angkatan II Kelompok 6 sebelum melaksanakan kegiatan program kerja berdisusi dengan Dosen Pembimbing Lapangan Ibu Lessi Marlina M.Pd dan mendapatkan persetujuan untuk melaksakan Kegiatan tersebut, karena dalam Pengdabdian Masyarakat harus lakukan program yang menyentuh masyarakat, dan berkesan. Pada pengabdian juga kalian mahasiswa bisa banyak berinteraksi dan belajar dalam bermasyarakat, khususnya di Desa Pinang belarik.


Salah satu komponen penting dalam menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan masyarakat adalah berfungsinya saluran drainase yang baik. Apalagi ketika memasuki musim hujan dengan intensitas tinggi, drainse memainkan peranan yang sangat penting dalam pengaturan debit air agar tidak menggenang di lingkungan pemukiman masyarakat. Seperti kita ketahui bersama, saluran drainase di wilayah perdesaan seringkali tidak terawat. Hal ini dapat menyebabkan tidak terkendalinya voleme air yang menggenang akibat sumbatan pada saluran drainase tersebut. Bahkan akibat yang lebih parah dapat terjadi seperti penyakit demam berdarah dan rusaknya jalan raya (berlobang) disebabkan air yang menggenangi jalan. Oleh karenanya perlu diadakan perawatan dan revitalisasi saluran drainase secara rutin dan berkala.

Baca Juga :   Diskominfo Membentuk Generasi Cerdas, Generasi Bijak Mengelola Media Sosial

Guna mengatasi permasalahan tersebut, Mahasiswa KKN Angkatan II Universitas Serasan Kelompok 6 Desa Pinang Belarik Kecamatan Ujan Mas berinisiatif untuk melakukan revitalisasi Saluran Drainase Dusun III Desa Pinang Belarik Kecamatan Ujan Mas. Para mahasiswa Universitas Serasan melaksanakan kegiatan ini dengan menggandeng pemerintah desa dan tim karang taruna desa Pinang Belarik.

“Dengan perawatan dan pemeliharaan saluran drainase membuat lingkungan menjadi lebih bersih dan sehat. Selain itu, di musim yang tidak menentu seperti ini ditakutkan ketika hujan deras drainase dapat tertimbun tanah, jika dibiarkan terlalu lama dapat mengakibatkan banjir karena salurannya tersendat dan tidak berfungsi sebagaimana mestinya,” ujar Muhammad Aziz Januarrizzki, Mahasiswa KKN Angkatan II Universitas Serasan Kelompok 6 Desa Pinang Belarik Kecamatan Ujan Mas.

Kegiatan perawatan dan pemeliharaan saluran drainase di Desa Pinang Belarik Kecamatan Ujan Mas ini mendapatkan dukungan dan bantuan dari Pemerintah Desa dan Karang Taruna setempat. Pemerintah Desa dan Karang Taruna Desa Pinang Belarik ikut andil dalam kegiatan Revitalisasi Saluran Drainase ini.

Baca Juga :   Pj Gubernur Agus Fatoni Apresiasi Pembentukan Rumah Tahsin Tahfidz Indonesia di Sumsel

Kegiatan tersebut dimulai dengan dilakukannya diskusi bersama antara Pemerintah Desa,Warga, Karang Taruna, dan Mahasiswa KKN UNSAN Kelmpok 6, pengumpulan alat yang digunakan untuk pembersihan saluran drainase, sampai akhirnya dilaksanakan kegiatan Revitalisasi Saluran Drainase Dusun III Desa Pinang Belarik Kecamatan Ujan Mas Kabupaten Muara Enim.

Menurut Fahrudin, Kepala Desa Pinang Belarik Kecamatan Ujan Mas, kondisi drainase yang bersih akan dapat mengigatkan warga akan pentingnya menjaga lingkungan dan kesehatan.
“Saya berharap, kegiatan perawatan dan pemeliharaan saluran drainase dapat menjadi kegiatan yang dilaksanakan secara rutin dan berkelanjutan. Hal ini tidak lain untuk kebaikan warga itu sendiri,” kata Fahrudin, Kepala Desa Pinang Belarik Kecamtan Ujan Mas Kabupaten Muara Enim.

Tak hanya itu, Jumiati salah satu warga desa Pinang Belarik juga menyambut baik kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa KKN ini. “Jadi, bukan hanya soal perawatan dan pemeliharaan saluran drainase, tapi keindahan jalan, keharmonisan desa dan kesehatan warga juga harus diperhatikan. Untuk kepentingan bersama, warga akan selalu siap membantu,” tutupnya.

Penulis : M.Aziz Jr (Mahasiswa KKN Universitas Serasan Angk. II Kelompok 6 tahun 2024, Prodi Teknik Sipil)

Iklan OKI

About Redaksi Viral Sumsel

Check Also

Tolong Viralkan! Pemkot Bakal Derek Mobil yang Parkir di Depan SD Muhammadiyah

viralsumsel.com, Palembang – Kemacetan di depan Sekolah Muhammadiyah yang berdekatan dengan flyover simpang Polda menjadi makanan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *