Banner Iklan Pemprov Sumsel Vaksin Booster

Iklan OKI
Banner Iklan HUT Pemkab Muba 2022
Amaliah Sobli S.Kg, M.B.A Anggota Komite II DPD RI saat Raker dengan Kementerian PUPR di Gedung Utama Kementerian PUPR, Kamis, (29/9/2022). Foto : viralsumsel.com/ion
Amaliah Sobli S.Kg, M.B.A Anggota Komite II DPD RI saat Raker dengan Kementerian PUPR di Gedung Utama Kementerian PUPR, Kamis, (29/9/2022). Foto : viralsumsel.com/ion

Senator Amaliah Sobli Minta Prioritaskan Proyek Peningkatan Struktur Jalan Betung-Palembang

viralsumsel.com, PALEMBANG – Anggota Komite II Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia (RI)  melaksanakan Rapat Kerja (Raker) dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) di Gedung Utama Kementerian PUPR, Kamis, (29/9/2022).

Rapat kerja dipimpin oleh Ketua Komite II DPD Abdullah Puteh untuk membahas program kerja Kementerian PUPR tahun 2023 serta pembangunan infrastruktur berbasis masyarakat di daerah.

“Ya, tim teknis komite II berkunjung ke Kementrian PUPR pagi tadi,” kata Amaliah Sobli S.Kg, M.B.A Anggota Komita II DPD RI dari Daerah Pemilihan (Dapil) Sumatera Selatan (Sumsel) tersebut.

Menurut Lia ,sapaan akrab Amaliah Sobli S.Kg, M.B.A, banyak bahasan dalam raker dengan Kementrian PU PR tersebut. Diantaranya mengenai rencana program kerja kementrian PUPR yang akan dilakukan di tahun 2023. “Ya, membahas mengenai rencana program kerja kementrian PUPR yang akan dilakukan di tahun 2023,” sambung isteri H Pratama Putra SE Ketua DPD KNPI Kota Palembang ini.

Ibu satu anak ini mengaku menyampaikan beberapa usulan untuk dapilnya. Usulan itu didapat dari masyarakat Sumsel saat turun langsung menyerap aspirasi beberapa bulan terakhir. “Beberapa usulan sudah kami sampaikan dirapat ini, terkait pembangunan infrastruktur didaerah,” terang senator (sebutan Anggota DPD RI) yang disebut netizen mirip artis Nisa Sabyan ini.

Baca Juga :   Senator Amaliah Sobli Bagikan Al-quran dan Juz Amma Pada Anak-anak di Palembang

Apa saja usulan dalam rapat tadi? “Terutama program bedah rumah usulan kami, dan dari hasil pengawasan kami penerima bedah rumah masih ada yang penerima tidak sesuai kriteria.  Untuk sumsel 2023 target prioritas PUPR proyek peningkatan struktur jalan Betung- batas Palembang,” pungkas keponakan Wakil Gubernur Sumsel H Mawardi Yahya ini.

Amaliah Sobli S.Kg, M.B.A Anggota Komite II DPD RI bincang dengan Menteri PU PR Basuki Hadimuljono di sela Raker dengan Kementerian PUPR di Gedung Utama Kementerian PUPR, Kamis, (29/9/2022). Foto : viralsumsel.com/ion
Amaliah Sobli S.Kg, M.B.A Anggota Komite II DPD RI bincang dengan Menteri PU PR Basuki Hadimuljono di sela Raker dengan Kementerian PUPR di Gedung Utama Kementerian PUPR, Kamis, (29/9/2022). Foto : viralsumsel.com/ion

Sementara itu Menteri PU PR Basuki Hadimuljono menerangkan bahwa pada TA 2023, Kementerian PUPR mengelola pagu anggaran sebesar Rp125,22 Triliun untuk melanjutkan program pembangunan infrastruktur di bidang sumber daya air, jalan dan jembatan, permukiman serta perumahan.

“Termasuk untuk penyelesaian Proyek Strategis Nasional, terutama bendungan untuk mendukung ketahanan pangan dan pembangunan infrastruktur dasar IKN,” ujar Menteri Basuki.

Pada bidang Sumber Daya Air diprioritaskan untuk pembangunan 23 bendungan, pembangunan irigasi seluas 6.900 hektar, rehabilitasi dan peningkatan irigasi 98.700 hektar, pembangunan pengendali banjir sepanjang 62,75 km, serta pembangunan pengaman pantai sepanjang 25 km.

Kemudian, di bidang Bina Marga dialokasikan anggaran sebesar Rp 49,31 Triliun untuk pembangunan jalan sepanjang 489,1 km, pembangunan dan duplikasi jembatan sepanjang 10,3 km dan peningkatan kapasitas dan preservasi peningkatan struktur jalan sepanjang 3.340,3 km.

Baca Juga :   Misi Kesehatan, Senator Amaliah Sobli Bantu Obat-obatan Pada Warga OKU Timur

Dilakukan pula pembangunan dan peningkatan SPAM dengan kapasitas 2.206 liter/ detik,  SPAM berbasis masyarakat sebanyak 276.000 SR di 332 desa melalui kegiatan PAMSIMAS, lalu Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik dengan layanan 16.600 KK, serta Sanitasi berbasis masyarakat dengan layanan 93.720 KK di bidang Cipta Karya.

Adapun di bidang Perumahan, dilaksanakan kegiatan prioritas Pembangunan Rusun sebanyak 3.535 unit, Pembangunan Rusus sebanyak 26.260 unit, Pembangunan PSU sebanyak 27.825 unit, dan Bantuan Rumah Swadaya sebanyak 145.000 unit.

Di samping itu, pada TA 2023 akan dialokasikan pula anggaran sebesar Rp14,98 Triliun untuk kegiatan program Padat Karya Tunai. “Untuk pelaksanaan Program Padat Karya Tunai (PKT) di tahun 2023 akan dilanjutkan dan ditargetkan dapat menyerap 743.000 orang pekerja sebagai penerima manfaat,” jelas Menteri Basuki.

Hal tersebut sejalan dengan usulan Komite II DPD RI terkait dengan keberlanjutan pembangunan infrastruktur berbasis masyarakat di daerah melalui program Padat Karya Tunai (PKT) P3TGAI, BSPS serta Kotaku.  (ion)

Iklan OKI

Check Also

Bupati Sampaikan Raperda APBD Anggaran Tahun 2023 Ke DPRD Kabupaten Ogan Ilir

viralsumsel.com, Indralaya – Bupati Ogan Ilir, Panca Wijaya Akbar melalui Wakil Bupati H Ardani menyampaikan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *