Banner Iklan Diskominfo OKI Ramadan 2024 Banner Iklan Pemkab Muba Maret 2024
Pj Bupati OKU H Teddy Meilwansyah dinilai layak untuk bertarung pada pilkada Kabupaten OKU. Foto : viralsumsel.com/ril
Pj Bupati OKU H Teddy Meilwansyah dinilai layak untuk bertarung pada pilkada Kabupaten OKU. Foto : viralsumsel.com/ril

Survei Elektabilitas Tertinggi di Pilkada, Teddy Meilwansyah Fokus Memberikan Layanan Terbaik untuk Masyarakat OKU

viralsumsel.com, PALEMBANG – Nama Pj Bupati OKU H Teddy Meilwansyah dinilai layak untuk bertarung pada pilkada Kabupaten OKU, 27 November 2024 mendatang.

Beberapa lembaga survei kredibel mengeluarkan hasil surveinya dan mengunggulkan elektabilitas  Teddy Meilwansyah. Kali ini temuan survei terbaru Lembaga Kajian Publik Independen (LKPI) juga menempatkan mantan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten OKU di posisi teratas.

Dukungan  (elektabilitas) Teddy Meilwansyah masih konsisten berada di urutan teratas  dan secara statistik unggul signifikan dari kompetitornya. Tidak hanya sebatas itu, beberapa uji simulasi yang digunakan untuk melihat kekuatan elektoral, apabila terjadi pengabungan ( berpasangan) antara salah satu calon bupati, pilkada OKU akan berpotensi akan  diikuti dua pasang  calon atau melawan kotak kosong

“Pada pertanyaan terbuka (top of mind), secara spontanitas responden menjawab dan memilih calon bupati sebagai berikut. Teddy Meilwansyah ( 33,3 %), Yudi Purna Nugraha (10,1 %), Marjito Bachri (10,0 %), Achmad Tarmizi ( 0,5 %), Tina Melinda (0,5 %),  Yoni Risdianto (0,3 %), Yoelandra Pratama Putra (0,3 %),

Yeni Erlita (0,3 %),Mirdaili (0,3 %), Fatal Qoribie (0,3 %), Tarmizi (0,3 %). Sementara massa yang belum menentukan pilihan (43,8 %). Secara staistik,  jarak elektabilitas Teddy Meilwansyah dengan calon lainnya terpaut 20 % lebih.

Artinya, Teddy Meilwansyah berhasil memperlebar jarak elektabilitas antara kompetitor lainnya,” ungkap Direktur eksekutif LKPI, Arianto, St, MT, M.I.IKom, Pol ketika dibincangi di sela-sela paparan survei  bertajuk  Peluang Menang Calon Bupati Kabupaten OKU, Jakarta (30/3/2024).

Lebih lanjut diterangkan lembaga yang tergabung dalam Perkumpulan Survei Opini Publik Indonesia (PERSEPI) menerangkan,  Teddy Meilwansyah unggul tidak sebatas pada pertanyaan terbuka. Pada uji simulasi semi terbuka dengan mengajukan beberapa nama-nama calon Bupati OKU dan responden boleh menjawab nama-nama calon bupati lain, Teddy Meilwansyah tetap memimpin tataran elektabilitas.

Uji simulasi semi terbuka didapatkan dukungan Teddy Meilwansyah (45,8 %), Marjito Bachri (14,2 %), Yudi Purna Nugraha (13,3 %), Tarmizi (1,4 %), Tina Malinda (1,1 %), Yenny Elita (0,6 %),  Mirdaili ( 0,3 %), Indrawati S (0,3 %), Yoni Risdianto (0,1 %), Imron HS (0,1 %), nama calon lainnya (0,0 %) dan massa yang belum menentukan pilihan (22,8 %).

Baca Juga :   Ishak Mekki Hadiri Uji Sertifikasi Tukang

Bahkan pada uji simulasi untuk mengetahui kemantapan pemilih dengan mengajukan tiga nama calon bupati,  didapatkan Teddy Meilwansyah (47 %), Marjito Bachri (13,8 %), Yudi Purna Nugraha ( 12 %) dan massa yang belum menetukan pilihan (27,2 %). Bahkan, pada uji simulasi  dua calon, Teddy Meilwanyah sangat konsisten berada di angka lebih dari 58 %.

Kuatnya dukungan elektoral Teddy Meilwansyah bukan serta merta muncul begitu saja. Mantan peneliti Lembaga Survei Indonesia (LSI) yang belasan tahun menekuni bidang survei opini publik ini menyebutkan alasannya. Salah satu faktor pendongkraknya adalah tingkat kepuasan tehadap kinerja Teddy Meilwansyah dimasayarakat selama menjabat Pj Kab OKU  tergolong baik.

Responden yang menyatakan sangat puas (8,5 %), puas (69,3 %), tidak puas (9,5 %), tidak puas sama sekali (0,3 %) dan TT/TJ (12,4 %).  Selain faktor di atas, Tedy Meilwansyah dipersepsikan  bisa membawa perubahan yang lebih baik kaupaten OKU,  sudah ada bukti kerja nyata, orangnya perhatian pada rakyat dan berpengalaman di pemerintahan.

“Untuk sebaran partai politik pendukung  calon bupati, cross tabulasi  menunjukan, pemilih yang menjatuhkan pilihannya kepada  Tedy Meilwansyah cukup merata. Temuan survei, responden yang memilih partai Gerindra, Nasdem, PDI-P, Golkar, PKS, Demokrat, PKB, PBB, Hanura, PPP  lebih dari 50 % menjatuhkan pilihan calon  bupati pada Teddy Meilwansyah.

Faktor Teddy Meilwansyah seorang birokrat membuat  sangat kecil sekali resistensi pemilih yang mempermasalahkan Teddy Meilwansyah dibandingkan calon lainnya. Melihat ritme elektabilitas ini, Teddy Meilwansyah akan  banyak dilirik partai politik.

Baca Juga :   Pilgub Sumsel 2024 : Enam Tokoh Ini Layak Dampingi Herman Deru Setelah Pisah dengan Mawardi Yahya

Pengalaman survei, biasanya elektabilitas Tedy Meilwansyah akan meningkat signifikan apabila dia mendeklarasikan diri untuk maju pada pilkada. Temuan survei, nama Teddy Meilwansyah angkanya masih minim pemilih mengetahui Teddy Meilwansyah maju pada pilkada,” pungkas mantan auditor survei capres partai Demokrat ini.

Lulusan terbaik magister ilmu komunikasi politik ini menambahkan, tentunya, Teddy Meilwansyah pasti akan menjaga ritme elektabilitasnya, sementara calon-calon lainnya pasti akan mengejar ketertinggalan elektabilitasnya (saat survei di gelar).

Kalau dilihat peluang adanya pengabungan antara dua nama  (Marjito Bachri  atau Yudi Purna Nugraha) dengan Teddy Meilwansyah, bisa berpotensi melawan kotak kosong atau hanya dua pasang calon,” pungkas mantan auditor survei capres partai Demokrat ini.

Survei LKPI digelar Febuari 2024  dengan melibatkan 820 responden (82 desa/kelurahan) yang tersebar  secara proporsional di kabupaten OKU. Metode penarikan sampel multistage random sampling dengan selang kepercayaan 95 % dan marjin off error +/-3,5 %. Pengumpulan data menggunakan kuisioner dan wawancara langsung dan surveyor dari kota Palembang yang semuanya mahasiswa.

Ketika dihubungi media terkait banyaknya  lembaga survei yang mengunggulkan dirinya, Pj H Teddy Meilwansyah mengatakan dirinya masih fokus memberikan layanan yang terbaik untuk masyarakat OKU. Semua kinerjanya selama ini merupakan kerja nyata antara jajarannya di pemda OKU sampai tingkat kepala desa dan RT, RW.

“Kerja lembaga survei itu ilmiah, penilaian itu merupakan semangat bagi jajaran  pemda untuk berbuat lebih baik lagi di masyarakat. Saya belum sama sekali berbicara masalah pilkada. Saatnya nanti saya akan bicara.

Yang pasti, tekad untuk membawa OKU terdepan merupakan mimpi saya dan dukungan dari masyarakat sangat saya harapkan untuk mewujudkan cita-cita tersebut,” pungkas pria yang gemar berolahraga ini. (ril)

Iklan OKI

Check Also

Nandriani Oktarina siap Jadi Calon Wakil Walikota Palembang. Foto : viralsumsel.com/nto

Pengamat Politik Sebut Nandriani Oktarina Memiliki Popularitas yang Cukup Tinggi di Palembang

viralsumsel.com, PALEMBANG – Pengamat politik Kemas Khoirul Mukhlis menyebut bahwa sosok Nandriani Oktarina memiliki popularitas …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *