Banner Iklan Diskominfo OKI Ramadan 2024 Banner Iklan Pemkab Muba Karhutla 2024

Bangun Usaha Fashion Kain Tradisional, Din’s Berkolaborasi dengan Pengrajin Batik Tulis Jogja

viralsumsel.com, PALEMBANG – Berawal dari ketertarikannya pada kain-kain tradisional, Dian terinspirasi untuk membangun usaha Fashion dari Kain Khas Kota palembang, yakni Kain Jumputan.

Dian bercerita, dia sangat menyukai heritage dan warisan budaya yang kemudian jatuh cinta dengan kain jumputan serta menjadikan jumputan dengan pewarna alam sebagai ciri khas atau signature dalam koleksi busananya.

“Kecintaan saya pada warisan budaya terutama jumputan itu terus dituangkan dalam setiap koleksi busana, terutama pada jumputan dengan pewarna alam gambo”. kata dia.

Rasa cintanya pada jumputan berawal ketika sedang kunjungan kerja (Reses) DPD RI tahun 2019 dan kala itu dia sedang mengunjungi UMKM yang ada di Kertapati dan melihat kain jumputan dari mulai proses pengikatan sampai jadi sehelai kain jumputan yang ternyata proses yang rumit menghasilkan kain jumputan antik khas kota Palembang.

Di tahun yang sama dian menjadi delegasi sumsel untuk mengikuti lomba Wirausaha KBMI (Kegiatan Bisnis Mahasiswa Indonesia).

Baca Juga :   Barisan Food Truk Warnai Teras OPI Food Carnaval

Saat itu dian berhasil mendapatkan beasiswa wirausaha tersebut dari KEMENDIKBUD RI untuk mengembangkan Bisnis yang sedang ia Rintis yang ia namakan Dis’n.Nusantara. dan sejak tahun 2019 sampai saat ini setiap tahun dian selalu sharing pengalam dan membimbing mahasiswa PGRI untuk menyusun Proposal P2MW (Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha) yang diadakan oleh KEMENDIKBUD RI.

Saat ini dian juga dipercaya untuk menjadi wakil dalam PMWI (Perhimpunan Mahasiswa Wirausaha Indonesia Provinsi Sumatera Selatan.

Bisnis tersebut sampai sekarang masih eksis dan sudah banyak di minati oleh masyarakat sumsel khusus nya kabupaten OKI.
Kain jumputan adalah salah satu kain tradisional khas Palembang yang dibuat dengan proses Celup.

Sebetulnya yang biasa disebut kain jumputan oleh warga Palembang ini bernama asli kain Pelangi, sedangkan jumputan merupakan teknik yang dilakukan para pengrajin yang juga dinamai teknik ikat celup.

Pada setiap koleksi, tak jarang dian melibatkan para pengrajin di kota pelambang untuk mengembangkan design motif hingga cuttingan koleksi ready to wear nya.

Baca Juga :   Aspal dan Hilirisasi Karet di Muba Terus Berlanjut

Bukan hanya busana pria dan Wanita dian juga menambahkan koleksi tas dan juga mukena jumputan. Selain pewarna alam Din’s.Nusantara menyediakan kain jumputan dengan pewarna Lilin, Pewarna Buah dan Ecoprint.

Harga produk Din’s.Nusantara cukup bervariasi mulai dari 350-2,5jt. Yang membedakan produk dari pesaing adalah variasi kain dan hanya memproduksi 1 Motif serta Warna untuk satu konsumen saja sehingga terkesan limited dan tidak pasaran.

Produk Din’s.Nusantara bisa di peroleh secara Online melalui di paltform media sosial Seperti FB : Dian.Dins dan Instagram :Dins.nusantara.
Khusus di Bulan Mei dari tanggal 18-31 Mei 2024 dins memberikan Potongan Harga Sebesar 10% All Item Product.

Projek terdekat Din’s Berkolaborasi dengan salah satu pengrajin Batik Tulis Jogja dengan harapan dins nusantara sesuai dengan nama nya “NUSANTARA” bisa mengangkat Kain Khas Indonesia tidak hanya Kain Khas Sumatera Selatan saja. (ril)

Iklan OKI

Check Also

Direktur Utama PT Bukit Asam Arsal Ismail. Foto : viralsumsel.com/fit

RUPS Tahun Buku 2023, PT Bukit Asam (PTBA) Bagikan Dividen Rp 4,6 Triliun

viralSumsel.com, Muara Enim – PT Bukit Asam Tbk (PTBA), Anggota Holding Grup MIND ID, menggelar …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *