Banner Iklan Pemkab Muba Maret 2024 Banner Iklan Diskominfo OKI Ramadan 2024
Bupati Kabupaten OKI, Iskandar SE minta kepada Kades untuk tidak ragu menggunakan dana desa. Foto : viralsumsel.com/fir
Bupati Kabupaten OKI, Iskandar SE minta kepada Kades untuk tidak ragu menggunakan dana desa. Foto : viralsumsel.com/fir

Bupati OKI Minta Kades Jangan Ragu Gunakan DD

viralsumsel.com, KAYUAGUNG – Bupati Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Iskandar SE minta kepada kepala desa (Kades) untuk tidak ragu menggunakan dana desa (DD) dan kuasa pemegang anggaran. Agar anggaran cepat terserap sehingga dapat merangsang pertumbuhan ekonomi dari tingkat desa hingga kota.

Bupati OKI, H Iskandar SE mengungkapkan, hal tersebut merupakan pesan langsung dari Presiden RI Ir Joko Widodo beberapa waktu lalu di depan seluruh kepala daerah di Indonesia. “Kalau kades ragu-ragu maka akan menghambat penyerapan anggaran,” terangnya, kemarin (21/2/2023).

Apalagi dana desa inikan rutin dilakukan tiap tahunnya dan digunakan  untuk membangun desa dan menurunkan tingkat kemiskinan seperti proyek yang tidak melalui pihak ke tiga, tapi dilakukan sendiri menggunakan tenaga swakarya.

Baca Juga :   Juara Duta Lalu Lintas, Marcelo Ajak Pemuda OKI Tertib Berlalu Lintas 

Ia berpesan kepada kades dan camat tolong lakukan anggaran ini sesuai aturan aspirasi terbuka atas keraguan anggaran penggunaannya. Apabila ada sesuatu kekeliruan administratif tidak perlu di kriminalisasi dan bersepakat apabila  ada kades yang diperiksa tipidkor tidak perlu lagi kejaksaan memeriksa begitu pula sebaliknya. “Kapolres, Kajari serta inspektorat siap membantu untuk berkonsultasi  jika kades mengalami kesulitan dalam penggunaannya,”bebernya.

Dana Desa APBN, alokasi dana desa, bagi hasil pajak retribusi daerah dan lelang lebak lebung sudah dirasakan masyarakat manfaatnya seperti pembangunan infrastruktur jalan  di desa, jembatan dan kegiatan lainnya. Semoga semakin terus bermanfaat untuk masyarakat OKI.

Sementara itu Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa OKI, Arie Mulawarman mengungkapkan, kegiatan penyerahan surat DD APBN, alokasi dana desa, bagi hasil pajak retribusi daerah dan lelang lebak lebung  tahun anggaran 2023. “Setiap desa itukan berbeda nilai dana desa, ADD, bagi hasil retribusi daerah dan lelang lebak lebung,” kata dia. (fir)

Iklan OKI

Check Also

Utamakan Selamat, Wajib Gunakan Life Jacket Sebelum Naik Speedboat, Wisata Air Sungai Komering Saat Lebaran. Foto : viralsumsel.com/zep

Utamakan Selamat, Wajib Gunakan Life Jacket Sebelum Naik Speedboat, Wisata Air Sungai Komering Saat Lebaran

viralsumsel.com, OKI – Perayaan hari libur lebaran di Kabupaten OKI di tiap tahunnya berlangsung meriah. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *