Banner Iklan Pemprov Sumsel Vaksin Booster

Iklan OKI
Banner Iklan HUT Pemkab Muba 2022
Ketua TP PKK Sumsel Hj Febrita Lustia HD saat kunker ke Kabupaten Muratara, tepatnya di desa Sukomoro, Kecamatan Rawas Ulu, Rabu (19/10/2022) siang. Foto : viralsumsel.com/win
Ketua TP PKK Sumsel Hj Febrita Lustia HD saat kunker ke Kabupaten Muratara, tepatnya di desa Sukomoro, Kecamatan Rawas Ulu, Rabu (19/10/2022) siang. Foto : viralsumsel.com/win

Feby Deru Ajak TP PKK Muratara Jadi Agen Perubahan Jalankan Program Revitalisasi Dasawisma 

viralsumsel.com, MURATARA – Menutup putaran akhir kunjungan kerja TP PKK Sumsel Hj Febrita Lustia HD di 17 kabupaten/kota, Rabu (19/10) siang kunker ke Kabupaten Muratara, tepatnya di desa Sukomoro, Kecamatan Rawas Ulu.

Feby mengatakan kunjungan kerja TP PKK Sumsel ke kabupaten/kota bertujuan untuk melaksanakan program pembinaan, monitoring, dan evaluasi pelaksanaan 10 program pokok PKK, sekaligus mengetahui potensi dan permasalahan apa saja yang terjadi di lapangan.

“TP PKK di semua tingkatan hendaknya melaksanakan program revitalisasi dasawisma. Karena dasawisma merupakan ujung tombak keberhasilan program PKK dalam mewujudkan keluarga sejahtera. Sekaligus menjadi ujung tombak program pemerintah dalam menurunkan kemiskinan dan stunting,” kata Feby.

Dasawisma merupakan program kerja Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK). Di mana kader dasawisma turut menjadi agen perubahan dan penggerak warga untuk melaksanakan program-program PKK.

Seperti bercocok tanam di lahan pekarangan, beternak, membuat kerajinan tangan dan lainnya. Istri Gubernur Sumsel itu mengingatkan  para ibu rumah tangga harus bisa terus menjadi agen perubahan di  kabupaten Muratara yang dimulai dari keluarga masing masing termasuk dalam perubahan dan pembinaan moral, sikap perilaku anak-anak sebagai generasi masa depan.

Baca Juga :   Herman Deru Bakal Gencarkan Bimtek Keluarga Antikorupsi Keseluruh Desa di Sumsel  

Perubahan itu tak harus selalu hal yang lebih besar. Namun bisa dimulai dari hal-hal kecil. Seperti yang dicontohkan Feby, para ibu bisa mengajarkan anak anak harus terbiasa mengucapkan salam, tegur sapa dan lainnya.

“Ibu adalah sekolah pertama bagi anak, dan penentu kebahagiaan dalam keluarga. Dalam 10 program pokok PKK, pembinaan ini tertuang dalam bidang kerja pada pokja-pokja, yang terbagi dalam 4 pokja,” terang Feby.

Pokja I bagaimana menciptakan pola asuh yang baik, pokja II memastikan bagaimana balita, anak dan remaja mendapatkan pendidikan yang memadai. Kemudian Pokja III mendukung pelaksanaan program GSMP yaitu bagaimana mengubah perilaku konsumtif menjadi pola produktif, dan pokja IV meningkatkan posyandu menjadi posyandu terintegrasi.

Lebih lanjut Feby berharap agar PKK di semua tingkatan dapat membantu menyukseskan visi-misi pemerintah melalui peran aktif PKK yang ada ada di desa-desa. “Lakukanlah apa saja yang berguna dan langsung menyentuh keluarga dan masyarakat,” pesannya.

Dalam kunjungan tersebut, Feby menyerahkan bantuan kepada Ketua TP PKK Muratara Rita Suryani berupa buku hasil Rakernas IX PKK tahun 2021, sosialisasi Duta Genre dari BKKBN, bantuan buku bacaan dan Al-Qur’an untuk menambah koleksi sudut baca, serta bantuan tablet FE untuk remaja putri dari Dinkes Sumsel.

Baca Juga :   Plt Bupati Muba Beni Terima Audiensi MUI

Di kesempatan yang sama, Rita Suryani menyampaikan TP PKK sebagai mitra pemerintah harus mendukung kebijakan yang dicanangkan pemerintah. Salah satu diantaranya yaitu bidang pendidikan, khususnya terkait Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

“Gerakan PKK telah membantu pemerintah dalam mencapai kesejahteraan keluarga. Oleh sebab itu TP PKK Muratara akan mengoptimalkan PAUD secara Holistik Integratif (PAUD HI) agar bisa menjadi salah satu solusi dalam tumbuh kembang anak, khususnya dalam upaya mencegah stunting,” katanya.

Usai sosialisasi revitalisasi dasawisma, Feby Deru bersama Fauziah Mawardi Yahya juga Rita Suryani meninjau stand pameran UP2K serta layanan kesehatan gratis bagi masyarakat, dan panen sayuran. Sebelumnya, di tempat yang sama dilaksanakan pula pelantikan Bunda PAUD Muratara oleh Bunda PAUD Sumsel Feby Deru, yang melantik Rita Suryani sebagai Bunda PAUD Muratara. (tri)

Iklan OKI

Check Also

Agus Dharwah Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Sumsel Saat Membuka POMNAS 2022 Di Kota Prabumulih. Foto : ist

Gubernur Sumsel H. Herman Deru Resmi Buka Pamnas 2022, Ini Kata Agus Dharwah.

Viralsumsel.com, PRABUMULIH – Pameran Nasional (Pamnas) Tahun 2022 sukses diselenggarakan. Pameran nasional ini dimeriahkan oleh …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *