Banner Iklan Pemkab Muba September
Pj Gubernur Sumatera Selatan Agus Fatoni meninjau langsung sejumlah pasar tradisional untuk memastikan haga bahan pokok stabil di Pasar Tradisional Palimo dan Pasar Lemabang, Mingggu (15/10/2023). Foto : viralsumsel.com/win
Pj Gubernur Sumatera Selatan Agus Fatoni meninjau langsung sejumlah pasar tradisional untuk memastikan haga bahan pokok stabil di Pasar Tradisional Palimo dan Pasar Lemabang, Mingggu (15/10/2023). Foto : viralsumsel.com/win

Pastikan Harga Bahan Pokok Stabil, Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni Kunjungi Pasar Tradisional

viralsumsel.com, Palembang – Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan Agus Fatoni meninjau langsung sejumlah pasar tradisional untuk memastikan haga bahan pokok stabil. Kali ini dia mengunjungi dua pasar sekaligus, yaitu Pasar Tradisional Palimo dan Pasar Lemabang, Palembang, Sumatera Selatan, Mingggu (15/10/2023).

Dalam blusukannya kali ini, Fatoni didampingi langsung oleh Kepala Dinas Perdagangan dan Kepala Biro Perekonomian Provinsi Sumsel. Kunjungan pertama dilakukan ke Pasar Tradisional Palimo.

Sesampainya di lokasi, Fatoni disambut antusias oleh para pedagang pasar. Fatoni juga menyambangi sejumlah kios pedagang dan menanyakan fluktuasi harga saat ini di pasaran.

Di antaranya kios penjual telor, sayur mayur dan daging ayam. Fatoni menyempatkan dirinya berdialog dengan salah satu penjual daging ayam untuk mengecek harga saat ini.

“Berapa harga daging ayam hari ini?,” tanya Fatoni kepada penjual daging tersebut.

Pertanyaan Fatoni kemudian dijawab antusias oleh pedagang tersebut yang menyebutkan saat ini harga daging ayam turun. Sebelumnya harga daging ayam mencapai Rp 35 ribu/kilogram saat ini menjadi Rp 30 ribu/kilogram.

Baca Juga :   Hadiri Pelantikan HIMNI, HD : Kerukunan Modal Untuk Bangun Sumsel , Pertahankan Zero Konflik

Setelah itu, Fatoni bergerak mengecek perkembangan harga daging sapi. Disusul mengecek harga sembako termasuk stok beras di pasaran.

“Alhamdulillah untuk harga daging baik itu daging ayam maupun daging sapi daging kambing turun. Begitu juga harga telur. Harga telur stabil,” kata Fatoni.

Usai blusukannya ke pasar, Fatoni mengimbau warga agar tidak khawatir. Dikarekanakan berdasarkan hasil pengecekan harga bahan pokok dalam rangka penanganan inflasi, sejumlah harga kebutuhan cenderung stabil.

Terdapat peningkatan harga pada beras namun untuk mengantisipasi kenaikan tersebut, Bulog sudah terus melakukan suplai. Fatoni juga telah menginstruksikan kepada Bulog dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk segera menyelenggarakan pasar murah dalam rangka pengendalian harga.

“Kita akan segera koordinasi juga dan melakukan pasar murah agar menekan harga beras itu bisa lebih murah lagi,” ucap Fatoni.

Oleh karena itu, Fatoni menginstruksikan kepada seluruh kepala daerah di 17 Kabupaten/Kota se-Sumsel untuk segera menyelenggarakan pasar murah. Kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk menjaga stabilitas harga kebutuhan pangan dalam rangka mengendalikan inflasi.

Baca Juga :   Bupati Banyuasin Seimbangkan Kesehatan, Kesalamatan dan Kebutuhan Ekomomi Selama Pandemi

“Kita sudah infokan kepada seluruh kepala daerah. Mudah-mudahan harga beras ini bisa segera turun,” jelas Fatoni.

“Karena itu pasar murah akan terus kita gelar. Termasuk hari Senin, 16 Oktober besok kita gelar pangan murah di halaman kantor Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Sumsel,” sambungnya.

Dia memastikan saat ini stok beras cukup hingga bulan Desember. Namun dikarenakan permintaan yang relatif tinggi, mengakibatkan ketika sudah disuplai ke toko maka langsung habis. Menurutnya, penurunan produksi terjadi diakibatkan dampak dari pengaruh El Nino.

“Produksi juga pasti ada dampaknya dan memang saat ini produksi agak berkurang. Sebenarnya nanti akan ada penurunan di akhir tahun dan awal tahun depan mulai meningkat lagi,” jelas Fatoni.

Melalui kesempatan ini, Fatoni mengungkapkan bahwa pihaknya belum melihat adanya permainan pasar. Menurutnya, peningkatan harga terjadi lantaran suplai dan demand belum begitu seimbang. Untuk itu, Fatoni beserta jajaran berkomitmen untuk terus memacu produksi agar stok beras cukup hingga beberapa bulan ke depan. (win)

Iklan OKI

Check Also

TP PKK Muba Lakukan Pembinaan Ke 15 Kecamatan Secara Maraton. Foto : viralsumsel.com/dev

TP PKK Muba Lakukan Pembinaan Ke 15 Kecamatan Secara Maraton

viralsumsel.com, MUBA – Tim Penggerak PKK Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) secara maraton melakukan pembinaan pada …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *