Iklan Palembang Kota
Ketua TP PKK Sumsel Hj Feby Deru dalam puncak peringatan hari Kartini ke-144 secara serentak se Indonesia dari Griya Agung, Kamis (21/4/2022) pagi. Foto : viralsumsel.com/win
Ketua TP PKK Sumsel Hj Feby Deru dalam puncak peringatan hari Kartini ke-144 secara serentak se Indonesia dari Griya Agung, Kamis (21/4/2022) pagi. Foto : viralsumsel.com/win

Wujudkan Kesetaraan Gender, Kaum Perempuan Indonesia Terus Tingkatkan Kopetensi dan Keahlian

·Sekda Sumsel SA Supriono Hadiri Puncak Peringatan HUT Kartini secara Virtual se Indonesia 
 
viralsumsel.com, PALEMBANG – Sekda Sumsel SA Supriono mengharapkan  agar perempuan-perempuan di Sumsel terus meningkatkan kompetensi dan kecakapannya sehingga mampu berkompetisi dan sejajar dengan pria.

Hal itu disampaikannya saat menghadiri puncak peringatan hari Kartini ke-144 secara serentak se Indonesia dari Griya Agung, Kamis (21/4/2022) pagi.

“Kalau bicara emansipasi setiap tahun tidak ada habisnya. Kita harap perempuan-perempuan ini dapat meningkatkan kecakapan dan kompetensi yang dimilikinya agar mereka bisa sejajar dengan pria,” ujar Sekda membacakan sambutan tertulis Gubernur Herman Deru.

Iapun berharap melalui peringatan ini akan semakin mempertebal semangat seluruh komponen bangsa terutama wanita dalam mencapai kemajuan di berbagai bidang pembangunan dengan dilandasi semangat persatuan dan kesatuan.

Menurutnya peringatan hari Kartini ke-144 tahun ini dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia karena pada tanggal ini juga dilaksanakan kegiatan pemberian penghargaan kepada para perempuan berjasa dan berprestasi di seluruh kab/kota yang diinisiasi oleh Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM).

Penghargaan ini diberikan pada lima kategori bidang yaitu pendidikan, kesehatan, lingkungan, sosial budaya dan pertanian.

Baca Juga :   Herman Deru Gelontorkan Rp 45 Miliar untuk 10 Kabupaten Ini Antisipasi Karhutla 

“Dari 17 kab/kota se-Sumsel, Kab OKU terpilih mewakili Indonesia yaitu Ibu Wagiem seorang yang menjadi penyapu jalan selama 19 tahun  mendapat penghargaan kategori Bidang Lingkungan Hidup. Penetapan ini langsung dilakukan Ibu Negara dan Ditjen OTDA Kemendagri,” jelasnya.

Mewakili Gubernur Herman Deru, Iapun mengucapkan selamat kepada pemenang 17 kab/kota yang terpilih. Iapun berharap para perempuan ini dapat meneladani sikap dan prilaku Pahlawan Kartini.

“Ciptakanlah Kartini-Kartini baru yang mandiri, tangguh dan profesional dalam menghadapi tantangan di era globalisasi. Namun tetap tidak meninggalkan kodratnya sebagai wanita,” ujar Sekda.

Sementara itu secara virtual, Ibu Negara Iriana Jokowi mengatakan Selamat Hari Kartini untuk semua perempuan di Indonesia. Berkat perjuangan Kartini pula saat ini perempuan bisa sejajar dengan laki-laki.

Berkat jasa Kartini juga banyaknoerempuan masa kini berjasa  dalam profesinya masing-masing dalam skala nasional dan internasional.

“Bahkan meski dalam pandemi namun berkat kerja keras perempuan hebat pandemi dapat dikendalikan dengan baik. Terimakasih pada seluruh tenaga kesehatan dan perempuan Indonesia yang berjuang mengendalikan pandemi,” jelasnya.

Baca Juga :   Dirut Ancam Rumahkan Pegawai RSUD Sekayu yang Malas Lawan Covid-19

Saat ini kata Iriana peran perempuan Indonesia sangat dibutuhkan dalam percepat pemulihan dan peningkatan perekonomian. Karena itu pemerintah terus berkomitmen memberikan peluang sebesar-besarnya bagi perempuan Indonesia dan memaksimalkan potensinya di segala sektor.

Sementara itu Ketua Pelaksana Tri Tito Karnavian mengatakan, kegiatan ini bekerjasama dengan Kementerian dan Lembaga serta Provinsi dalam memberikan penghargaan pada perempuan berjasa dan prestasi di Indonesia. Tujuannya untuk meningkatkan semangat juang Kartini yang telah berjasa dan mendorong perempuan Indonesia agar bisa berkarya nyata bagi bangsa dan negara.

Penghargaan ini diberikan kepada 514 orang se-Indonesia. Terdiri dari bidang pendidikan 115 orang, bidang kesehatan 99 orang, bidang sosial budaya 102 orang, bidang lingkungan hidup 99 orang dan bidang pertanian 99 orang.

Selain Ibu Negara, kegiatan itu juga dihadiri Wuri Estu Handayani Ma’ruf Amin, kemudian Ketua TP PKK Sumsel Hj Feby Deru, Wakil Ketua TP PKK Provinsi Sumsel Hj Fauziah Mawardi Yahya, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) serta perwakilan dari kab/kota di Sumsel. (win)

About Redaksi Viral Sumsel

Check Also

Jasa Raharja Sumsel Tinjau Pelayanan Prima di Kantor Samsat Banyuasin I

Viralsumsel.com, Palembang – Pada hari Kamis tanggal 19 Mei 2022 Kepala PT Jasa Raharja Cabang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *