Iklan Pemprov Sumsel

79,9% Masyarakat Sumsel Puas Atas Kepemimpinan HDMY

VIRALSUMSEL.COM, PALEMBANG-Tingkat kepuasan masyarakat Sumsel terhadap kepemimpinan Gubernur Sumsel H. Herman Deru dan Wakil Gubernur Sumsel H. Mawardi Yahya relatif tinggi.

Catatan tersebut berdasarkan hasil survei lembaga Populi Center di 17 kabupaten/kota di Provinsi Sumsel terkait masalah opini dan kebijakan publik. Rerata tingkat kepuasan dalam survei ada pada angka 7,58 dari skala 1-10 dan akumulasi skor 6-10 atau positif/puas sebesar 79,9 persen.

” Mayoritas masyarakat Sumsel puas terhadap kinerja pemerintahan Pemprov Sumsel,” ujar Peneliti Populi Center, Dhimas Ramadhan, melalui keterangan resminya Senin (18/10/2021).

Dari 800 responden yang diwawancarai, sebesar 68,0 persen mengaku puas, 5,5 persen sangat puas, 62,5 persen puas) dengan kinerja Pemprov Sumsel.

Hasil survei lembaga non-profit yang mendalami masalah opini dan kebijakan publik yang menyelenggarakan survei di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) mulai tanggal 9 hingga 15 Oktober
2021 itu juga mengungkapkan
masyarakat mengakui bahwa pembangunan infrastruktur dan perbaikan jalan merupakan
prestasi paling berkesan dari pemerintahan Gubernur Herman Deru dan Wakil Gubernur Mawardi
Yahya.

” Dalam pertanyaan terbuka mengenai prestasi paling berkesan Gubernur Herman Deru dan Wakil Gubernur Mawardi Yahya, sebesar 15,8 persen menjawab pembangunan infrastruktur dan sebesar 12,5 persen menjawab pembangunan dan perbaikan jalan, ” papar Dhimas.

Tak hanya itu masyarakat Sumsel juga memberikan penilaian positif terhadap pembangunan Sumsel dalam
satu tahun terakhir. Ketika ditanya penilaiannya terhadap pembangunan di Sumatera Selatan dalam
satu tahun terakhir.

” 74,1 persen responden menjawab mengalami kemajuan (19 persen menganggap maju pesat, ” tambah Dhimas.

Selanjutnya walaupun pembangunan Sumsel dirasakan maju, tetapi masyarakat secara umum merasakan
adanya penurunan penghasilan rumah tangga. “Diduga penurunan ini terjadi menyeluruh, dikarenakan
pandemi COVID-19,” kata Dhimas lagi.

Kemudian, pada pertanyaan terkait bagaimana perasaannya terhadap kondisi/situasi kehidupannya, sekitar 48,8 persen responden menjawab lebih baik (2,9 persen mengaku jauh lebih baik, 45,9 persen mengaku lebih baik).

Survei ini sendiri diselenggarakan Populi Center pada tanggal 9-15 Oktober 2021 terhadap responden yang tersebar secara proporsional di 17 kabupaten/kota di Provinsi Sumsel.

Baca Juga :   HUT Bhayangkara ke-74, Herman Deru Berharap Polri Jaga 3 P

Metode pengambilan data dilakukan melalui wawancara tatap muka terhadap 800 responden yang dipilih menggunakan metode acak bertingkat (multistage random sampling) dengan tingkat kesalahan (margin of error) kurang lebih 3,46 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen. Proses wawancara tatap muka dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Pengamat Sebut Kebijakan HDMY Dalam Tiga Tahun Sangat Berpihak ke Rakyat

Kinerja Gubernur Sumsel H Herman Deru dan Wakil Gubernur H Mawardi Yahya selama tiga tahun terakhir dinilai cukup baik. Bahkan berbagai kebijakan yang diambil dimasa kepemimpinannya ini dianggap kebijakan populis. Artinya kebijakan yang dikeluarkan pasangan HDMY adalah kebijakan yang berpihak langsung kepada masyarakat.

Pengamat Kebijakan Eko Sri Raharjo mengatakan, sejak awal kepemimpinannya pasangan HDMY terus fokus terhadap kebijakan pembangunan di Sumsel seperti infrastruktur mulai dari jalan, jembatan dan infrastruktur lainnya yang muaranya pada kesejahteraan masyarakat.

“Sejak awal lebijakan HDMY ini fokus pada pembangunan infrastruktur. Ini merupakan langkah baik, karena akses jalan sangat dibutuhkan masyarakat untuk mobilitas dan mengakselerasi ekonomi,” kata Eko, saat dimintai tanggapannya, Selasa (19/10).

Apalagi, lanjutnya, kebijakan tersebut dipadukan dengan cara blusukan ke berbagai daerah di Sumsel yang dilakukan Gubernur Herman Deru.

“Gaya yang dilakukan Gubernur ini blusukan ke lapangan dan ini bagus. Artinya kebijakan itu tidak serta merta dikeluarkan melainkan berdasarkan kondisi yang dilihat langsu

ng oleh pemimpin, sehingga bisa dikatakan kebijakan itu pro masyarakat,” terangnya.

Menurutnya, upaya Herman Deru untuk melakukan blusukan ke setiap daerah tersebut memang layak dilakukan seorang pemimpin. Hal itu agar pemimpin bisa melihat langsung wilayahnya.

“Saya fikir gaya blusukan ini sangat diterima masyarakat. Ini membuktikan jika pemimpin tersebut tidak sungkan dan tidak ada batasan dengan masyarakat. Apalagi, antara Gubernur dan Wakilnya bergantian melalukan blusukan ini. Saya menilai HDMY ini pemimpin yang mudah dijangkau,” tuturnya.

Dia juga mengakui, upaya HDMY dalam memajukan Sumsel sangat patut diapresiasi.

“Secara spesifik, capaian Herman Deru ini tercatat dalam penghargaan yang telah diraih, meningkatnya Indeks Pembangunan Manusia dan turunnya angka kemiskinan. Ini menjadi indikator keberhasilan Herman Deru dalam membangun Sumsel ini,” ujarnya.

Baca Juga :   Ingat! Mulai 1 Februari WhatsApp Tidak Bisa Dipakai

Disisi lain, terkait hasil hasil survei lembaga Populi Center terhadap kinerja pasangan HDMY, Eko pun sependapat dengan hasil tersebut. “Ada kepuasan dari masyarakat terhadap kinerja HDMY ini, termasuk di bidang sosial dan ekonomi. Saya lihat, kondisi ekonomi Sumsel secara keseluruhan meningkat. Ada perbaikan di Sumsel ini,” paparnya.

Eko juga menilai, pasangan HDMY memiliki peluang besar untuk lanjut memimpin Sumsel. HDMY ini pasangan yang kompak, loyal terhadap masyarakat. Mereka punya kans untuk lanjut,” paparnya.

Sementara itu Pengamat Politik Sumsel, Dr Tarech Rasyid mengatakan, jika dilihat dari kaidah metodologi survei maka hasilnya bisa dipercayai. Hampir semua pertanyaan yang berkaitan dengan kinerja HDMY direspon positif.

“Tingkat kepercayaanya, tentu bervariasi karena faktor sampel yang diambil. Tetapi jawaban publik atau masyarakat sangat puas dengan kinerja HDMY,” ujar Rektor Universitas IBA Palembang ini.

Dijelaskannya, respon yang positif ini sebagai bentuk timbal balik atas kinerja yang telah dilakukan HDMY selama menjabat sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Sumsel.

“Fakta di lapangan juga menunjukkan hasil yang baik atas program pembangunan infrastruktur. Pemerataan infrastruktur yang dilakukan di semua kabupaten/kota di Sumsel dirasakan oleh masyarakat,” ucapnya.

Selain itu, kestabilan pangan menjadi tuntutan masyarakat agar tetap stabil. Diharapkan, program lumbung pangan Sumsel turut memberikan dampak yang baik terhadap perekonomian masyarakat dalam wujud adanya kestabilan harga bahan pokok.

“Ini saran dari masyarakat agar pemerintah mengontrol pasar agar harga tetap stabil. Apalagi Sumsel ikut terdampak wabah pandemi Covid-19,” ujarnya.

Dia mengingatkan, pemerintah harus tetap fokus pada visi misi awal yakni pemerataan infrasturktur yang bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat. Selain itu, sektor pertanian bisa menjadi opsi yang bisa dimaksimalkan dalam mewujudkan Sumsel maju untuk semua.

“Saya kira hasil survei ini menjadi bukti jika kinerja yang telah dilakukan berdampak baik bagi masyarakat. Ini sebagai respon masyarakat atas kinerja yang telah dilakukan HDMY selama menjabat sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Sumsel,” tegasnya. (win)

About Redaksi Viral Sumsel

Check Also

Mawardi Yahya Motivasi Guru-Guru se Sumsel 

  VIRALSUMSEL.COM, PALEMBANG – Wakil Gubernur Sumsel H. Mawardi Yahya menghadiri peringatan HUT PGRI ke-76 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *