Banjir Rendam Gorontalo. 12.487 Jiwa Terdampak Banjir

Viralsumsel.com, Gorontalo – BPBD Kota Gorontalo mendata sebanyak 1.669 KK atau mencapai 12.487 jiwa terdampak banjir. Banjir akibat luapan sungai Bulango dan Bone.

Mengutip Antara, Menurut Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Gorontalo Mahmud Baderan, banjir saat ini sudah meluas di enam dari sembilan kecamatan yang ada di wilayah tersebut.

“Banjir yang terjadi sejak Rabu (10/7/2024) kemarin, semakin meluas. Total dari sembilan kecamatan, banjir telah menggenangi enam kecamatan di wilayah Kota Gorontalo,” katanya, Kamis (11/7/2024).

Banjir terparah terjadi di wilayah Kecamatan Dumbo Raya dan Kota Barat dengan ketinggian air hingga di atas 50 centimeter.

“Seluruhnya bertemu di Kota Gorontalo sehingga berdampak terjadinya banjir,” katanya.

Baca Juga :   Kontroversi Belanja Media di e-Katalog

Mahmud mengemukakan, banjir di Kota Gorontalo terjadi karena curah hujan tinggi sejak 23 Juni 2024 silam. Kemudian banjir terjadi pada 27 Juni 2024, hingga berulang pada 3 dan 4 Juli.

“Kemarin pada tanggal 8, 9 dan 10 dan hingga kini banjir masih melanda, bahkan meluas menggenangi hampir seluruh wilayah Kota Gorontalo,” katanya.

Saat ini Pemerintah Kota (Pemkot) Gorontalo menyiapkan tempat-tempat pengungsian di sejumlah kantor instansi pemerintah hingga sarana pendidikan yang ada di kota itu.

Lokasi pengungsian yang disiapkan meliputi Kantor Wali Kota, Aula Rumah Dinas Wali Kota, Auditorium Universitas Negeri Gorontalo (UNG), SMK Negeri 1 dan SMK 3 Kota Gorontalo, SDN 38 dan 341 Kota Gorontalo, serta Gedung Nasional Kota Gorontalo.

Baca Juga :   Sebagian Masyarakat di Palembang Masih Abaikan Protokol Kesehatan

“Kami mengimbau masyarakat yang terdampak agar dapat mengungsi ke tempat aman atau di tempat pengungsian yang telah disiapkan maupun dapat mengungsi ke rumah keluarga yang tidak terdampak,” katanya. (ril)

Iklan OKI

About Redaksi Viral Sumsel

Check Also

Peletakan Batu Pertama di Pondok Pesantren Al Masyhur Desa ManunggaKabupaten Muara Enim Oleh Anggota Komisi IX DPR RI Fraksi Partai Gerindra, Ir. Sri Meliyana Foto : Nto

Lakukan Peletakan Batu Pertama BLK Komunitas, Ir. Sri Meliyana : Komitmen Saya Percepat Bangun SDM Yang Kompeten

ViralSumsel.com, Muara Enim- Balai Latihan Kerja Komunitas (BLK) Komunitas adalah suatu unit atau fasilitas pelatihan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *